Loading...

37 Jenis TANAMAN HIAS DAUN Indoor-Outdoor & Nama Latinnya !! Lengkap dengan Ciri-ciri dan Gambar

37 Kumpulan Tanaman HIAS DAUN, Ciri-ciri dan Nama Latinnya (Page 1)

Tanaman Hias – Tanaman hias daun, kini sedang naik daun. Beberapa waktu belakangan ini ramai diperbincangkan berbagai jenis tanaman hias daun.

Berbagai macam jenis tanaman hias daun diburu para kolektor untuk dikoleksi. Salah satu jenis tanaman hias daun yang paling populer dan viral karena harganya adalah “JANDA BOLONG“.

Terdapat berbagai macam jenis tanaman hias daun yang ada di atas bumi ini, mulai dari jenis paku-pakuan, kaktus, keladi dan lain sebagainya.

Setiap jenis tanaman hias daun memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Keunikan dan ciri khas tersebutlah yang membuat tanaman hias daun menjadi istimewa.

Loading...

1. Aglaonema

Aglaonema (Foto : Sulis Lis)

Nama latin AGLAONEMA : Aglaonema
Ciri-ciri tanaman hias daun “Aglaonema” : Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang berukuran kecil dan tidak berkambium (Berkayu).Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak. Warna daun bermacam-macam, tergantung jenisnya. Spesies alami aglaonema umunya daunnya berwarna hijau dengan corak tertentu. Aglaonema hibrida terdapat bermacam-macam warna, merah, putih, perak, kuning, hijau atau perpaduan bermacam warna dengan pola tertentu.

2. Andong/Hanjuang

Andong/hanjuang

Nama latin tanaman ANDONG/HANJUANG : Cordyline fruticosa
Ciri-ciri tanaman hias daun “ANDONG” : Tanaman hias daun ini memiliki ciri khas unik pada daunnya yang berbentuk oval memanjang dengan ujung runcing. Daunnya memiliki warna kombinasi hijau tua dan merah muda. Daun tua dominan warna hijau dengan tepi daun bergaris merah, sementara daun muda (pucuk daun) dominan warna merah dengan sedikit corak hijau. Merupakan tumbuhan perdu bercabang, tinggi antara 2-4 m. Daun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral, tangkai seperti talang.

Baca juga  Tak Sepopuler Aglaonema, Berikut Daftar Tanaman HIAS DAUN MERAH yang Mulai Dilirik !!!

3. Apu-apu

Apu-apu/kiambang (Foto : wikipedia.org)

Nama latin tanaman apu-apu : Pistia stratiotes
Ciri-ciri tanaman hias daun “APU-APU” : Apu-apu merupakan tumbuhan air yang biasa kita jumpai mengapung pada air tenang atau kolam. Satu-satunya tumbuhan yang masuk kedalam marga Pistia ini juga sebagai sebagai tumbuhan pelindung aquarium, karena tumbuhan ini dapat menyerap kandungan logam dalam air.

4. Bayam Hias

Bayam hias (Foto : wikipedia)

Nama latin BAYAM HIAS : Amaranthus
Ciri-ciri tanaman hias daun “BAYAM HIAS” : Memiliki warna daun putih atau merah. Terna semusim yang menyukai iklim hangat dan cahaya kuat. Bayam relatif tahan terhadap pencahayaan langsung karena merupakan tumbuhan C4. Batang berair dan kurang berkayu. Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, berwarna hijau, merah, atau hijau keputihan. Bunga tersusun majemuk tipe tukal yang rapat, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras.

5. Beringin

Beringin hias (Foto : grattan.co.uk)

Nama latin BERINGIN : Ficus benjamina
Ciri-ciri tanaman hias daun “BERINGIN” : Beringin adalah tanaman yang termasuk dalam suku ara-araan atau Moraceae, yang disebut juga waringin atau ki ara (ki berarti “pohon”). Beringin biasa digunakan untuk tanaman hias di dalam maupun di luar ruangan, juga sering digunakan sebagai objek bonsai. Beringin merupakan tumbuhan yang sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Beringin sering pula disamakan dengan pohon bodhi, meskipun keduanya adalah tanaman yang berbeda.

6. Caladium

Tanaman Hias Caladium (Keladi Hias)
Keladi hias/caladium (costafarm.com)

Nama latin tanaman hias CALADIUM : Caladium
Ciri-ciri tanaman hias daun “CALADIUM” : Ciri-ciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1 m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan. Jenis caladium hias antara lain berwarna merah, hijau, putih atau perpaduan bermacam warna dengan pola yang khas.

Baca juga  9+ Tanaman Hias DAUN LEBAR Cocok untuk Hunian dan Taman Indoor Outdoor Page 2

Page 1, 2, 3, 4, 5

Loading...
Loading...