Loading...

Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN Outdoor/Indoor Lengkap dengan Nama Latinnya (Part 2)

Nama Jenis-jenis Tanaman Hias Daun (Part 2)

Tanaman Hias – Tanaman Hias adalah semua tanaman yang sengaja ditanam sebagai komponen penghias taman, kebun rumah, ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Tanaman hias dikelompokkan menjadi beberapa menurut bagian yang dimanfaatkannya. Salah satunya adalah tanaman hias daun, tanaman hias ini dimanfaatkan daunnya karena keindahan bentuk dan juga warna daun itu sendiri. Berikut jenis-jenis tanaman hias daun.

14. Peperomia

Tanaman hias Peperomia
Peperomia (bhg.com/dawsonsgardenworld.com)

Peperomia adalah tanamn yang berasal dari Brazil yang Masih termasukdalam suku Piperaceae. Tanaman ini terdiri dari 1600 spesies, dan beberapa diantaranya merupakan epifit (tumbuhdi cabang-cabang pohon). Tanaman ini memiliki batang yang lunak dan berair, tingginya dapat mencapai 30cm. Daun tanaman ini berbantuk bulat telur dan berdaging, terkadang pangkalnya berbentuk seperti hati, pucuknya tumpul dan berwarna keperakan dan memiliki lebar daun 6-10 cm. Tanaman yang menyukai tempat yang hangat, sedikit lembab dan tidak terlalu suka dengan paparan sinar matahari langsung ini merupakan salah satu tanaman hias daun yang banyak diminati oleh para penggemar tanaman hias. Paperonia dapat diperbanyak melalui stek daun, stek batang, potong akar dan biji.

15. Philodendron

Philodendron merupakan tumbuhan dari suku Araceae yang memiliki banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani yaitu philo (cinta) dan dendron (pohon). Tanaman yang banyak disukai sebagai tanaman hias karena keindahan bentuk dan warna daunnya ini banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Tanaman ini biasanyatumbuh di tempat-tempat yang lembab seperti di rawa, pada tepi sungai maupun dipinggir jalan.

16. Puring

Tanaman hias Puring
Puring (mashrita.com/excelsagardens.com)

Puring (Codiaeum Variegatum) atau banyak yang menyebutnya pudding atau kroton adalah hias dipekarangan yang sangat popular dikalangan masyarakat, tanaman ini berbentuk perdu dengan warna daun yang bervariasi, mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, unguserta campuran dari semua warna tadi. Bentuk dari daun tanaman puring pun bervariasi, ada yang memanjang, oval, tepi bergelombang, dan sebagainya. Puring merupakan tanaman asli dari Indonesia yang sekarang sudah tersebar ke seluruh daerah tropis dan subtropis.

17. Rumput-rumputan

Rumput adalah tanaman monokotil yang memiliki daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput seringkali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat dan pakan ternak. Pada pembuatan suatu lanskap taman, rumput berfungsi sebagai karpet taman, biasanya penanaman rumput dilakukan pada tahap terakhir pembuatan lanskap taman untuk menutupi area taman yang ditanami oleh tanaman hias. Dengan adanya rumput yang terhampar ditaman akan membuat taman terlihat rapid dan modern. Beberpa jenis rumput yang digunakandalam pembuatan lanskap taman antara lain ; rumput gajah mini, rumput jepang, rumput peking, rumput swiss dan sebagainya.

Loading...
Baca juga  Mengenal Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN Terpopuler dan Ciri-cirinya (Part 1)

18. Sansevieria

Sansicieria atau biasa di sebut Lidah mertua adalah tanaman hias yang cukup popular untuk menghiasi bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Tanaman yang memiliki cirri berdaun keras, sukulen, tegak dengan ujung meruncing ini selain sebagai tanaman hias juga memiliki manfaat untuk menyerap bahan beracun di udara seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene. Sansieviera merupakan jenis tanaman sukulen (mengandung air) sehingga tahan terhadap kekeringan, namun dalam kondisi lembab atau basah pun sansievieria dapat tumbuh dengan subur. Warna daun sansevieria bermacam-macam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, serta kombinasi dari putih kuning atau hijau kuning. Tanaman ini dapat dikembangbiakan dengan cara stek daun dan tunas.

19. Sirih Gading

Sirih Gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan maupun dalam ruangan. Tanaman anggota suku talas-talasan (Araceae) ini mudah dikenalidari warna daunnya yang berwarna hijau belang kuning cerah hingga kuning pucat, dan merambat di batang pohon dengan daun yang semakin tinggi semakin besar. Sirih gading dapat bertahan hidup dengan media air putih dan biasa digunakan untuk hiasan atau dekorasi ruangan.

20. Sri Rezeki

Sri Rezeki, aglaonema, atau Chinese evergreen merupakan tanaman hias popular dari suku talas-talasan atau Araceae. Tanaman yang memiliki sekitar 30 spesiesini hidup di daerah hutan hujan tropis, dan dapat tumbuhdengan baik pada tempat dengan intensitas penyinaran rendahdan kelembaban yang tinggi. Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium atau berkayu. Bentuk daun menyirip serta memiliki pembuluhpengangkut berupa xylem dan floem yang tersusun secara acak.

Baca juga  Mengenal Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN Terpopuler dan Ciri-cirinya (Part 1)

21. Suplir

Suplir adalah tumbuhan paku yang popular untuk penghias ruang atau taman yang dapat berkembangbiak dengan spora yang terletak pada bagian tepi sisi bawah daun yang sudah dewasa. Suplir menyukai tanah yang gembur, kaya bahan organic tetapi tidak tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Pemupukan dengan kadar nitrogen tinggi lebih disukainya, danuntuk pembentukan spora memerlukan tambahan pupukdengan kadar fosfor dan kalium tinggi. Dalam pemeliharaan suplir harus memperhatikan dalam penyiraman. Karena jika mengalami kekeringan daun suplir akan kering dan harus dibuang seluruh ental yang kering hingga dekat rizoma dan berikan sedikit media tanam tambahan, dengan cara itu maka dalam beberapahari tunas baru akan muncul.

22. Spider Plant

Spider plant (Chlorophytum comosum) atau ada yang menyebutnya bulu ayam merupakan tanaman salah satu tanaman herba perennial yang biasa dijadikan tanaman hias di pekarangan maupun di dalam ruangan. Tanaman yang berasal dari Afrika tropis ini merupakan tanaman yang popular sebagai tanaman hias dalam pot, dikarenakan motif dan bentuk daunnya yang unuk serta tanaman ini juga sangat mudah dalam perawatannya. Tanaman yang pembiakannya dari pemisahan rumpun dan biji ini dapat pula diletakan dalam pot gantung (Rend/mitalom.com)

<< Page 1

Demikian tentang “Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN” Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...