Loading...

Nama Ilmiah (Latin) 37 Tanaman HIAS DAUN Lengkap dengan Deskripsi dan Ciri-cirinya (Page 5)

37 Kumpulan Tanaman HIAS DAUN, Ciri-ciri dan Nama Latinnya (Page 5)

31. Suplir

Suplir/lazada.co.id

Nama ilmiah/nama latin SUPLIR : Adiantum L.
Ciri-ciri tanaman hias daun “SUPLIR” : tumbuh sebagai terna, dengan rimpang (rizoma) yang menjalar lambat di media tumbuh. Rimpang tumbuh di sela-sela batuan yang berhumus. Tumbuhan ini jarang dijumpai tumbuh di tanah datar, karena biasanya menyukai tumbuh di sela-sela tebing, tembok, atau batang pohon.

 

Akarnya serabut dan tumbuh dari rimpang. Akar ini mencari hara dari humus, dan terkadang cukup dalam menembus tebing atau tembok. Helai daunnya (pinnae) khas berbeda dari banyak paku-pakuan karena tidak berbentuk memanjang simetris, tetapi cenderung tidak simetris dengan variasi membulat, segitiga (deltoid), atau segiempat. Daunnya ini tidak dapat dibasahi air karena di permukaannya tertutupi rambut-rambut halus.

Spora berada di dalam sporangium. Kumpulan sporangia (sorus) berada di sisi bawah pada bagian tepi daun fertil, agak terlindung oleh lipatan tepi helai daun. Tangkai entalnya khas karena berwarna hitam dan mengkilap, kadang-kadang bersisik halus ketika dewasa.

32. Spider Plant

Spider plant/gardengoodsdirect.com

Nama ilmiah/nama latin SPIDER PLANT : Chlorophytum comosum
Ciri-ciri tanaman hias daun “SPIDER PLANT” : Tinggi tanaman sekitar 60 sentimeter. Tanaman ini memiliki akar berdaging, berumbai, panjang akar antara 5 sampai 10 cm. Panjang daun mencapai 20 hingga 45 cm dan lebar daun tampak tipis sekitar 6 hingga 25 milimeter. Daun panjang terkulai menyentuh tanah, seperti daun tanaman serai tetapi dipenuhi dengan corak warna. Bunga tanaman spider plant diproduksi dalam perbungaan bercabang panjang. Bunga bisa mencapai panjang hingga 75 cm yang pada akhirnya membungkuk ke bawah. Bunga tanaman ini awalnya membentuk 1-6 kelompok di sepanjang batang perbungaan. Sebagian besar bunga pada awalnya mati, sehingga perbungaan spider plant relatif jarang terjadi.

Loading...
Baca juga  Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN Outdoor/Indoor Lengkap dengan Nama Latinnya (Part 2)

33. Siklok

Siklok/thetutuguru.com

Nama ilmiah/nama latin SIKLOK : Agave attenuate
Ciri-ciri tanaman hias daun “SIKLOK” : Siklok (Agave Attenuate) merupakan tanaman hias daun outdoor yang tahan cuaca panas dan kering. Agave merupakan sebuah tanaman yang umumnya berbentuk duri. Bentuk daun dan corak istimewa menjadi daya tarik bagi para kolektor agave.

34. Sirih Gading

Sirih gading/trees.com

Nama ilmiah/nama latin SIRIH GADING : Epipremnum aureum (L.)
Ciri-ciri tanaman hias daun “SIRIH GADING” : Merupakan anggota dari suku talas-talasan. Mudah dikenali karena ciri khas warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Apabila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil. Potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

35. Sri Rezeki

Sri rejeki/shopugc.com

Nama ilmiah/nama latin SRI REZEKI : Aglaonema
Ciri-ciri tanaman hias daun “SRI REZEKI” : Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang berukuran kecil dan tidak berkambium (Berkayu).Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak. Warna daun bermacam-macam, tergantung jenisnya. Spesies alami aglaonema umunya daunnya berwarna hijau dengan corak tertentu. Aglaonema hibrida terdapat bermacam-macam warna, merah, putih, perak, kuning, hijau atau perpaduan bermacam warna dengan pola tertentu.

36. Sansevieria

Sansevieria/meadowsfarms.com

Nama ilmiah/nama latin SANSEVIERIA : Sansevieria
Ciri-ciri tanaman hias daun “SANSEVIERIA” : Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansevieria bisa tumbuh subur. Warna daun sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun sansevieria juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Baca juga  9+ Tanaman Hias DAUN LEBAR Cocok untuk Hunian dan Taman Indoor Outdoor Page 2

37. Tanduk Rusa

Paku tanduk rusa/pinterest.com

Nama ilmiah/nama latin TANDUK RUSA : Platycerium
Ciri-ciri tanaman hias daun “PAKU TANDUK RUSA” : Ciri khas yang mudah dikenali dari tanaman hias daun paku tanduk rusa ini adalah bentuk daunnya yang bercabang-cabang mirip tanduk rusa. Epifit sejati, dengan akar lunak bergerombol yang melekat di batang pohon lain atau bebatuan. Akar ini tumbuh pada rimpang lunak namun liat dan sulit dipotong dan tumbuh pendek, cenderung tidak menjalar. Ental agak tebal, tumbuh dari rimpang, dengan dua tipe bentuk: tipe steril yang melebar menutupi rimpang berbentuk perisai dan tipe fertil yang menjuntai berfungsi sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun.

Baca page 1, 2, 3, 4, 5

Demikian tentang “9+ Jenis Tanaman HIAS DAUN dan Nama Latinnya Lengkap dengan Gambar dan Ciri-cirinya” Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...