Loading...

Obat (FUNGISIDA – INSEKTISIDA) untuk Mengatasi Bunga Cabai Rontok

Merk Fungisida/Insektisida Anti Rontok Bunga Cabai

Hama & Penyakit Tanaman – Bagaimana jadinya jika tanaman cabai yang kita budidayakan tumbuh subur dan berbunga lebat tapi bunganya pada rontok atau gugur?

Tentu saja hal seperti ini tidak kita kehendaki. Gugurnya bunga cabai akan mengurangi hasil panen karena persentase bunga menjadi buah sangat kecil. Artinya buah cabai tidak akan selebat yang kita inginkan.

Dan yang pasti hasil akhirnya tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan. Siapa yang tidak ingin tanaman cabainya berbuah lebat?

Apa Penyebab Bunga Cabai Rontok atau Gugur?

Ini dia penyebab bunga cabai rontok dan gagal menjadi buah. Bunga cabai rontok disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yaitu faktor alam, teknik budidaya maupun akibat serangan penyakit.

Faktor alam penyebab rontoknya bunga cabai antara lain ; kemarau yang menyebabkan tanaman cabai kekeringan, curah hujan tinggi juga karena tanaman kurang mendapat sinar matahari.

Loading...

Selanjutnya adalah teknik budidaya yang kurang tepat, yaitu pemupukan yang tidak seimbang misalnya kekurangan unsur kalsium, kelebihan atau kekurangan nitrogen juga karena kekurangan unsur hara mikro.

Faktor lainnya yaitu serangan hama dan penyakit, seperti serangan hama tungau, thrips, antraknosa dan jamur phytophthora.

Obat (Pestisida) untuk Mengatasi Bunga Cabai yang Rontok

Cara atau tindakan untuk mengatasi/mencegah bunga cabai rontok disesuaikan dengan penyebabnya. Jika karena faktor alam, seperti kekeringan atau kebanyakan air karena curah hujan tinggi maka budidaya dilakukan dengan menyesuaikan iklim/musim agar kerontokan bunga cabai bisa dicegah.

Fungisida dan insektisida untuk mengatasi bunga cabai rontok/mitalom.com

Jika penyebabnya adalah faktor ketidak seimbangan pemupukan, maka lakukan pemupukan yang berimbang dengan menyesuaikan kebutuhan unsur hara seperti N, P, K, Ca, Mg dan unsur mikro sesuai dengan kebutuhan dan umur tanaman. Misalnya, jika tanaman memasuki fase generatif (pembungaan) maka penggunaan pupuk N dikurangi, dan diperkuat unsur P dan K.

Baca juga  Bunga CABAI RONTOK Dimusim Hujan? Lakukan 9 Trik Sederhana Ini Untuk Mengatasinya

1. Obat (Insektisida) Obat (Pestisida) untuk Mengatasi Bunga Cabai yang Rontok

Serangan hama kutu-kutuan seperti tungau dan thrips menyebabkan bunga cabai gugur atau rontok. Kedua jenis hama kutu ini menghisap cairan pada daun dan pucuk tanaman sehingga tanaman akan merana dan mengganggu distribusi nutrisi untuk pembentukan bunga menjadi buah. Akibatnya bunga cabai lemah, menguning dan rontok.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan penyemprotan pestisida khusus untuk mengendalikan hama kutu-kutuan, yaitu akarisida. Akarisida tersebut antara lain yang berbahan aktif abamektin, piridaben, fenpropatrin, bifentrin, buprofezin, diafentiuron, amitraz, karbosulfan, imidakloprid, tiametoksam.

2. Fungisida ANTI RONTOK Bunga Cabai

Bunga cabai rontok juga disebabkan oleh serangan jamur, yaitu Colletotrichum capsici penyebab penyakit antraknosa dan Phytophthora infestans penyebab busuk phytophthora.

Untuk mengatasi bunga cabai rontok yang disebabkan oleh jamur ini maka diperlukan penyemprotan fungisida.

a). Fungisida untuk mengatasi penyakit antraknosa antara lain fungisida bahan aktif mancozeb, propineb, tembaga hidroksida, klorotalonil, maneb, zineb, metiram, ziram.

b). Phytophthora infestans dapat menyerang batang, daun, ranting hingga tangkai bunga cabai yang mengakibatkan bunga cabai gugur/rontok. Untuk mengatasi penyakit ini diperlukan fungisida dengan bahan aktif klorotalonil, difenokonazol, azoksistrobin, famoksadon, heksakonazol, propamokarb.

Merk Obat (Pestisida) untuk Mengatasi Bunga Cabai Rontok

Berikut ini contoh merk dagang pestisida (obat) untuk mengatasi bunga cabai yang rontok ;

Merk dagang akarisida

Bahan aktif & Merk Akarisida
No Bahan Aktif Merk Dagang
1 Abamektin Promectin 60 EC
2 Piridaben Samite 135 EC
3 Fenpopatrin Propar 50 EC
4 Bifentrin Bistar 10 WP
5 Buprofezin Detonator 20 WP
6 Diafentiuron Pegasus 500 SC
7 Amitraz Rotraz 200 EC
8 Karbosulfan Marshal 200 EC
9 Imidakloprid Winder 25 WP

Merk dagang fungisida untuk antraknosa

Merk dagang fungisida untuk jamur phytophthora

Bahan aktif & Merk Fungisida 2
No Bahan Aktif Merk Dagang
1 Klorotalonil Daconil 75 WP
2 Difenokonazol Tandem 325 SC
3 Azoksistrobin Amistartop 325 SC
4 Famoksadon Equation Pro 52 WP
5 Heksakonazol Anvil 50 SC
6 Propamokarb Pentacue 722 SL

Demikian tentang “Obat (Pestisida) untuk Mengatasi Bunga Cabai Rontok” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...