Loading...

Membuat PUPUK CAIR Dominan FOSFOR Berbahan Dasar Batang Pisang

Cara Membuat Pupuk Fosfor Sendiri

Info Praktis – Phospor termasuk unsur hara makro, yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Jumlah fosfor (P) dalam tanaman lebih kecil dibanding kalium (K) dan nitrogen (N), akan tetapi fosfor adalah kunci kehidupan.

Manfaat dan fungsi unsur fosfor antara lain untuk pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman, merangsang pembungaan dan pembuahan, merangsang pembentukan biji, merangsang pembelahan sel dan jaringan, meguatkan batang, memicu pertumbuhan akar, mempercepat pematangan buah dan memperbaiki kualitas tanaman.

Di tanah unsur fosfor berasal dari bahan-bahan organik, mineral dan pupuk buatan. Unsur fosfor merupakan unsur hara esensial yaitu unsur yang tidak dapat digantikan fungsinya oleh unsur lain. Oleh sebab itu, pemberian pupuk fosfor sangatlah penting terutama untuk tanaman buah.

Sumber unsur hara phospor antara lain pupuk kimia dan pupuk organik. Sumber unsur fosfor organik yaitu pupuk kompos atau pupuk hijau yang terbuat dari tanaman atau tumbuhan yang memiliki kandungan fosfor tinggi. Salah satu bahan organik tersebut adalah batang pisang (gedebog). Batang pisang sangat mudah ditemukan disekitar kita, selain itu kandungan unsur fosfornya tertinggi diantara bahan kompos lainnya.

Loading...

Kandungan Unsur Hara Batang Pisang (Gedebog Pisang)

Bahan utama membuat pupuk fosfor sendiri adalah batang pisang. Batang pisang atau gedebog pisang adalah tanaman yang memiliki kandungan fosfor (Phospat) tertinggi. Unsur hara yang terdapat pada batang pisang antara lain kalsium (Ca) sebesar 16%, kalium (K) sebesar 23% dan fosfor (P) sebesar 32% (Suprihatin, 2011).

Alat dan Bahan Membuat Pupuk Fosfor Cair Sendiri

1. Parang
2. Karung goni
3. Tali
4. Ember/wadah berpenutup
5. Batang pisang 5 kg
6. EM4 10 sendok makan
7. Air bersih 15 liter
8. Gula 1kg

Baca juga  Jenis-jenis PUPUK Tinggi PHOSPAT (Fosfor) Lengkap dengan Manfaatnya

Tahapan Cara Membuat Pupuk Fosfor Cair Bahan Dasar Gedebog Pisang

1. Batang pisang dipotong-potong kecil. Semakin kecil potongan semakin cepat proses pengomposan.
2. Masukkan cacahan batang pisang kedalam karung kemudian diikat.
3. Masukkan air bersih ke dalam ember berpenutup.
4. Masukkan gula dan aduk hingga larut.
5. Masukkan EM4 ke dalam larutan gula, aduk hingga tercampur rata.
6. Masukkan karung yang berisi cacahan gedebog pisang ke dalam ember.
7. Pastikan karung terendam seluruhnya.
8. Kemudian ember ditutup rapat, simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan 7 atau 10 hari.
9. Tutup ember dibuka sekali sehari, untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari proses pengomposan.

Setelah 7 atau 10 hari pupuk organik cair batang pisang sudah bisa digunakan. Pembuatan POC batang pisang berhasil jika aromanya seperti bau tape. Namun jika berbau busuk, maka pengomposan gagal.

Cara Menggunakan PUPUK FOSFOR CAIR Batang Pisang

Pupuk cair organik atau biasa disebut dengan POC saja ini umumnya diaplikasikan dengan cara disiramkan atau dikocorkan ke media tanam. Sebelum dikocorkan, POC dicampur dengan air bersih terlebih dahulu dengan perbandingan 1 : 10 ( 1 liter POC : 10 liter air). Kemudian dikocorkan ke media tanam 200 atau 300 ml per tanaman.

Demikian tentang “Cara Membuat PUPUK FOSFOR Cair Sederhana dari Batang Pisang“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...