Loading...

Manfaat PUPUK TSP untuk Cabe : Merangsang Akar Hingga Melebatkan Buah Cabai, Begini Cara Aplikasinya !!

Fungsi dan Manfaat Pupuk TSP untuk Cabai

Pupuk & Pemupukan – Pupuk TSP (Triple Super Phospate) adalah pupuk anorganik yang memiliki kandungan fosfor (P) tinggi dalam bentuk P2O5.

Pupuk TSP merupakan pupuk anorganik sumber unsur P (fosfor) yang baik, murah dan mudah didapatkan dibandingkan pupuk phosphat lainnya.

Unsur P yang terdapat pada pupuk TSP merupakan salah satu unsur hara makro esensial yang sangat diperlukan oleh tanaman cabai.

Tanaman cabai membutuhkan unsur P (Fosfor) dalam jumlah banyak sepanjang masa kehidupannya, tanpa unsur ini tanaman cabai tidak dapat tumbuh dengan baik.

Kekurangan fosfor pada tanaman cabai dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman cabai terhambat, tumbuh kerdil, sistem perakaran lemah dan berkembang secara tidak normal.

Loading...

Selain itu, kekurangan fosfor juga menyebabkan warna daun cabai tidak normal, bunga sedikit dan mudah gugur dan produktifitas rendah.

10 Manfaat PUPUK TSP untuk Tanaman Cabai

Unsur P (Phospor) dianggap sebagai “kunci kehidupan” (Key of life) meskipun jumlahnya dalam tanaman lebih kecil daripada nitrogen dan kalium.

Karena unsur phospor (P) dibutuhkan tanaman cabai sepanjang kehidupannya, mulai dari kecambah hingga panen.

Fungsi dan manfaat TSP untuk cabe/mitalom.com

Tanpa phospor tanaman cabai tidak akan tumbuh dengan baik, juga tidak akan berproduksi dengan baik.

Berikut ini manfaat penting pupuk TSP untuk tanaman cabe ;

1. Merangsang pertumbuhan akar baru

Ini alasan mengapa pupuk TSP wajib diberikan di awal tanam sebagai pupuk dasar, karena unsur P didalamnya berfungsi merangsang pertumbuhan akar sehingga dapat stres pada bibit cabai yang baru ditanam.

2. Mempercepat pertumbuhan tanaman cabai

Aplikasi pupuk TSP di awal tanam dapat mempercepat terbentuknya akar baru sehingga pertumbuhan tanaman cabai lebih cepat (cepat tinggi, memperbanyak tunas dan cabang).

Baca juga  Inilah Jenis-jenis Tanaman Mengandung PHOSPOR TINGGI, No. 15 Paling Tinggi !!!

3. Memperkuat batang tanaman cabai

Unsur juga berperan penting dalam pembentukan batang tanaman cabai. Pupuk TSP berfungsi dalam memperkuat batang, memperbesar batang dan tanaman cabai lebih kokoh.

4. Merangsang bunga cabai

Unsur fosfor yang terdapat pada pupuk TSP berfungsi dalam merangsang pembentukan bunga cabai, sehingga buah cabai menjadi lebat.

5. Melebatkan buah cabai

Pupuk TSP mengandung unsur P tinggi yang bermanfaat dalam meningkatkan persentase terbentuknya bunga menjadi buah dan mencegah bunga cabai rontok sehingga buah cabai menjadi banyak dan lebat.

6. Mencegah penyakit pada tanaman cabai

Unsur P (Fosfor atau Phospat) pada pupuk TSP berperan penting dalam menyusun dan menstabilkan dinding sel tanaman cabai, sehingga dapat menambah daya tahan tanaman terhadap serangan patogen penyebab penyakit.

7. Berperan dalam fotosintesis

Fosfor bagi tanaman cabai sangat penting dalam mendukung terjadinya fotosintesis, yaitu proses dimana tanaman mengubah sinar matahari menjadi molekul karbohidrat, yaitu gula.

8. Manfaat TSP untuk buah cabai

TSP mempersingkat periode infertilitas pada tanaman cabai, mempercepat floresensi dan mempercepat pematangan buah

9. Meningkatkan bobot buah cabai

TSP dengan kandungan fosfor nya yang tinggi berperan penting dalam pembentukan biji cabai, sehingga biji terbentuk dengan sempurna dan pada akhirnya dapat meningkan bobot buah cabai.

10. Meningkatkan warna daun cabai lebih hijau

Kekurangan unsur fosfor menyebabkan tepi daun cabai berwarna keunguan atau kemerahan. Dengan aplikasi pupuk TSP dapat membuat dauan tanaman cabai lebih sehat, segar dan lebih hijau.

Cara Aplikasi Pupuk TSP pada Tanaman Cabai

Pupuk TSP sebagaimana fungsi dan manfaatnya yang tersebut diatas ialah sebagai perangsang pertumbuhan akar baru pada tanaman muda atau tanaman cabai yang baru dipindah tanam.

Baca juga  Serupa Tapi Tak Sama !! Ini 6 Perbedaan Pupuk TSP dan SP-36 yang Perlu Diketahui

Karena unsur P (fosfor) diperlukan sepanjang pertumbuhan tanaman cabai, pupuk TSP wajib diberikan sejak awal tanam atau sebagai pupuk dasar dan juga sebagai pupuk susulan.

Berikut ini cara aplikasi pupuk TSP untuk tanaman cabai;

1. Cara Aplikasi TSP sebagai pupuk dasar tanaman cabai

Pupuk TSP diaplikasikan saat pengolahan lahan sebagai pupuk dasar. Ditabur merata pada bedengan dengan dosis sesuai kebutuhan, dapat diaplikasikan bersama pupuk kompos/pupuk kandang.

2. Cara Aplikasi TSP sebagai pupuk susulan tanaman cabai

Untuk memenuhi kebutuhan fosfor, tanaman juga juga perlu diberi pupuk susulan TSP yang diberikan dengan cara ditabur atau dikocorkan dengan dosis tertentu.

Demikian tentang “Manfaat Pupuk TSP untuk Cabe : Melebatkan Buah Hingga Meningkatkan Bobot Buah Cabai” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...