Loading...

Jenis-jenis Tanaman Hias DAUN MERAH Paling Unik dan Instagramable !!! Cocok untuk Indoor dan Outdoor

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun Merah Indoor dan Outdoor (Page 1)

Tanaman Hias – Tanaman hias daun masih bertahan bertengger diurutan teratas sebagai tanaman hias paling diburu hingga menjelang akhir tahun 2020 ini.

Kriteria tanaman hias daun fokus pada bentuk daun, ukuran, warna dan corak khasnya. Umumnya tanaman diminati karena memiliki daun yang menghijau, bentuk yang eksotik serta coraknya yang unik.

Namun ternyata, bukan hanya ukuran dan corak khas daun saja yang menarik minat pehobi tanaman hias.

Beragam jenis tanaman hias berdaun merah juga tak kalah menarik untuk dikoleksi. Tanaman hias daun warna merah terkesan lebih seksi dan eksotis untuk menghiasi taman di halaman rumah anda.

Bagi anda yang menyukai warna-warna cerah, beragam jenis tanaman hias daun merah di bawah ini layak dipertimbangkan untuk dimiliki.

Loading...

1. Flamingo Lily (Anthurium andraeanum)

Tanaman hias daun merah ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu daun spathe berbentuk hati dan berwarna merah dengan bunga yang menonjol ujung diatas tangkainya. Tanaman monokotil anggota family Araceae ini merupakan tanaman asli di hutan Kolombia dan Ekuador. Flamingo lily cocok ditanam sebagai dekorasi atau diletakkan di teras dan taman, menariknya tanaman hias daun merah ini berbunga sepanjang tahun.

Flamingo Lily (Foto : crocus.co.uk)

Hati-hati !!! Seluruh bagian tanaman hias daun merah ini beracun. Tanaman yang menyukai iklim hangat, teduh dan lembab ini mengandung saponin dan kristal kalsium oksalat, dalam jarum halus, mampu menembus selaput lendir dan memicu iritasi yang menyakitkan. Ini beracun bagi semua mamalia: fragmen yang dikenakan di mulut dapat menyebabkan iritasi parah pada mulut dan tenggorokan. Kontak dengan manusia menyebabkan eritema , lecet , dan jika tertelan, air liur , kesulitan menelan dan muntah (wikipedia.org).

Baca juga  Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN Outdoor/Indoor Lengkap dengan Nama Latinnya (Part 2)

2. Sri Rejeki

Sri rejeki atau Aglaonema, disebut juga aglonema adalah tanaman hias daun merah anggota suku talas-talasan (Araceae). Di Indonesia aglaonema dikenal dengan nama Sri rejeki. Aglaonema merupakan tanaman hias yang cocok ditanam di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Sri rejeki/Aglaonema red anjamani (Foto : Google)

Tanaman ini masih bisa bertahan hidup pada kondisi minim sinar matahari. Keindahan bentuk, warna dan coraknya yang unik membuat tanaman ini populer hampir diseluruh dunia. Aglaonema memiliki beragam varian warna, antara lain hijau, orange, kuning dan merah.

3. Puring (Codiaeum variegatum)

Puring (Codiaeum variegatum) merupakan tanaman hias daun merah yang sangat cantik dan unik dengan kombinasi daunnya yang beragam warna.

Puring (Foto : wikipedia.org)

Perpaduan tiga warna, yaitu hijau, merah dan kuning pada daun puring membuat tanaman ini terlihat sangat eksotis dan mampu menghidupkan suasana taman dan rumah anda. Bentuk dan ukuran daun tanaman perdu ini bervariasi, antara lain memanjang, oval dan bergelombang.

4. Kastuba (Euphorbia pulcherrima)

Di Indonesia, meski tidak beracun tanaman hias daun merah ini dikenal dengan nama “Racunan”. Kastuba juga populer disebut sebagai “Bunga paskah” atau “Bunga malam natal”.

Kastuba (Foto : amazon.co.uk)

Nama lain tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah ini adalah “Poinsettia“. Kastuba memiliki warna daun merah ceria dengan corak khas yang unik. Tanaman hias daun merah ini dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis maupun subtropis.

5. Hanjuang (Cordyline)

Tanaman hias daun merah hanjuang (Cordyline), dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama “andong“. Dikenal 15 janis Cordyline, salah satunya adalah Cordyline dengan daun dominan warna merah, yaitu (Cordyline fruticosa).

Hanjuang (Cordyline furticosa) (Foto : pinterest.com)

Tanaman hias daun ini memiliki ciri khas unik pada daunnya yang berbentuk oval memanjang dengan ujung runcing. Daunnya memiliki warna kombinasi hijau tua dan merah muda. Daun tua dominan warna hijau dengan tepi daun bergaris merah, sementara daun muda (pucuk daun) dominan warna merah dengan sedikit corak hijau.

Baca juga  9+ Tanaman Hias DAUN LEBAR Cocok untuk Hunian dan Taman Indoor Outdoor (Page 1)

Baca selengkapnya di page 2 : Jenis-jenis Tanaman HIAS DAUN MERAH…. (Page 2)

 

Loading...
Loading...