Loading...

Pemupukan Cabe Setelah Tanam? Inilah 4 Jenis Pupuk untuk Cabe Baru Tanam !!

Pemupukan Cabe Setelah Tanam

Pupuk & Pemupukan – Memberi pupuk atau pemupukan merupakan salah satu usaha untuk membuat tanaman cabe tumbuh subur dan berbuah lebat.

Sebenarnya nutrisi atau unsur hara sudah tersedia didalam tanah sebagai sumber makanan tanaman cabai. Akan tetapi kadar kandungan unsur hara tersebut tidak selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman cabe.

Pada daerah-daerah tertentu terdapat tanah yang sangat subur, misalnya daerah sepanjang tepi sungai yang selalu terkena limpahan air banjir ketika musim hujan atau lahan hutan yang baru dibuka.

Pada tempat-tempat tersebut tanahnya dikenal sangat subur sehingga tanaman cabe tidak perlu dipupuk lagi. Kalaupun harus diberi pupuk jumlahnya hanya sedikit saja, hanya sebagai nutrisi tambahan.

Namun pada tanah-tanah yang kurang subur atau tingkat kesuburannya sedang, tanaman cabai harus dipupuk supaya dapat tumbuh optimal.

Loading...

Pemupukan tanaman cabe tidak hanya dilakukan sekali, tapi beberapa kali. Tergantung tingkat kesuburan tanahnya.

Pemupukan tanaman cabai diberikan beberapa kali, sebelum tanam dan setelah tanam.

Kapan Pupuk Cabai Sebelum Tanam Diberikan?

Pupuk cabai sebelum tanam disebut sebagai pupuk dasar. Yaitu pupuk yang diberikan beberapa hari sebelum bibit cabai ditanam.

Idealnya pupuk cabai sebelum tanam (pupuk dasar) diberikan 7-10 hari sebelum penanaman supaya pupuk dingin dan bersatu dengan tanah. Tujuannya agar bibit cabai tidak mati keracunan pupuk.

Pemupukan cabe setelah tanam/mitalom.com

Pupuk dasar tanaman cabe diberikan dengan cara ditaburkan merata pada bedengan, kemudian ditutup tanah atau dicampur dengan tanah.

Jenis pupuk dasar untuk tanaman cabai antara lain pupuk kandang atau kompos, kapur dolomit/kaptan, urea atau ZA, TSP atau SP36 dan KCl.

Berapa Hari Pemupukan Cabai Setelah Tanam?

Walaupun sudah diberikan pupuk dasar, tanaman cabai juga wajib dipupuk lagi setelah tanam. Pemupukan cabe setelah tanam disebut dengan pupuk susulan.

Baca juga  Pemupukan Susulan Tanaman Cabe

Pemupukan cabe setelah tanam diberikan dengan maksud agar kebutuhan nutrisinya selalu terpenuhi sehingga tanaman cabai dapat tumbuh subur dan berbuah lebat.

Kapan Pupuk Cabe Setelah Tanam Dilakukan?

Tidak ada patokan khusus kapan pupuk cabai diberikan setelah tanam. Tidak ada SOP umur berapa hari tanaman cabai bisa dipupuk setelah ditanam.

Semua tergantung dari kebiasaan petani masing-masing. Dan umumnya pupuk cabai setelah tanam dilakukan ketika tanaman cabai berumur 7 hari, 10 hari atau 15 hari setelah tanam.

Pupuk Apa yang Bagus untuk Tanaman Cabai Setelah Tanam?

Semua jenis pupuk bagus untuk tanaman cabe yang baru ditanam. Namun yang paling bagus adalah pupuk dengan kandungan lengkap, yaitu NPK. Baik NPK Phonska atau NPK 16-16-16.

Atau menggunakan beberapa jenis pupuk tunggal yang mengandung unsur N, P dan K. Pupuk tersebut adalah pupuk Urea/Za, TSP/SP36 dan KCL.

Jika menggunakan pupuk NPK, maka perlu ditambahkan pupuk TSP atau SP36 dan KCl. Karena pada awal pertumbuhan tanaman cabe membutuhkan unsur P yang tinggi yang berperan dalam merangsang pertumbuhan akar dan pembentukan batang.

Berapa Dosis Pupuk Cabe Per Pohon Setelah Tanam?

Tanaman cabai umur 7-15 hari setelah tanam, akar dan batangnya belum cukup kuat dan masih sangat rentan keracunan pupuk.

Oleh karena itu pemupukan cabe setelah tanam tidak perlu banyak. Dosis pupuk cabai setelah tanam cukup 3 gram per pohon, atau 3 kg perseribu tanaman.

Pemupukan cabai setelah tanam bisa diberikan dengan cara dikocor atau ditaburkan disekeliling batang tanaman.

Untuk aplikasi dengan cara ditabur, pupuk ditabur melingkar dengan jarak 5-10 cm dari pangkal batang.

Jika aplikasinya dilakukan dengan cara dikocor, 3 gr pupuk NPK dilarutkan dengan 200 ml air kemudian dikocorkan. Atau 3 kg pupuk NPK dilarutkan dengan 200 liter air dan dikocorkan 200 ml per pohon.

Baca juga  Tahukah Anda 7 Jenis Pupuk ini Bagus untuk TANAMAN CABE?

Berapa Hari Sekali Pemupukan Cabe Setelah Tanam Dilakukan?

Pemupukan tanaman cabai setelah tanam dilakukan ketika tanaman berumur 7, 10 atau 15 hari setelah tanam. Dan diulangi setiap 7, 10 atau 15 hari sekali.

Setiap kali pemupukan, dosis ditambah sedikit-demi sedikit. Karena semakin bertambah umur tanaman cabai maka kebutuhan pupuknya juga semakin banyak.

Pupuk susulan tanaman cabe bisa dilakukan beberapa kali sampai tanaman cabai menghasilkan buah dan panen.

Tidak ada batasannya sampai umur berapa bulan tanaman cabai harus dipupuk, patokannya adalah selama tanaman cabai masih berproduksi maka pupuk wajib diberikan.

Demikian tentang “Pupuk Cabai Setelah Tanam : Umur Berapa Hari Pemupukan Cabai Setelah Tanam?” Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...