Loading...

Membuat Perangkap LALAT BUAH Sederhana dengan METIL EUGENOL pada Tanaman Cabai, Tomat dan Buah-buahan

Perangkap LALAT BUAH Menggunakan METIL EUGENOL

Info Praktis – Perangkap LALAT BUAH atau jebakan lalat buah merupakan sebuah alat sederhana yang berfungsi untuk menangkap lalat buah jantan dengan mudah dan efektif.

Perangkap Lalat Buah Metil Eugenol pada Tanaman Cabai

Sampai disini sudah tahu kan apa fungsi dari perangkap lalat buah? Yah, fungsi perangkap lalat buah adalah untuk menangkap lalat buah jantan dalam upaya pengendalian hama tanaman.

Bukankah yang menyerang buah-buahan adalah lalat buah betina? Lalu kenapa lalat buah jantan yang ditangkap? Apakah cara ini akan benar-benar efektif?

Perlu diketahui bahwa dengan menangkap lalat buah jantan maka populasi lalat buah dapat berkurang. Apabila sebagian besar

Loading...

lalat buah jantan mati karena masuk ke dalam perangkap maka tidak akan terjadi perkawinan antara lalat buah jantan dan betina.

Dengan demikian lalat buah betina tidak akan bisa menghasilkan telur, karena hanya lalat buah betina yang bertelur saja yang menyerang buah-buahan.

loading...

Lalat buah betina yang sedang memasuki fase bertelur akan menyimpan telur-telurnya pada buah-buahan. Selanjutnya telur-telur tersebut menetas menjadi larva. Larva-larva inilah yang menyerang dan menyebabkan buah-buahan membusuk.

Maka salah satu cara mengendalikan hama LALAT BUAH adalah dengan cara menangkap lalat buah jantan agar tidak membuahi lalat buah betina.

Apa itu Metil Eugenol, Obat Perangkap Lalat Buah ?

Perangkap lalat buah menggunakan zat pemikat yaitu METIL EUGENOL. Apa itu metil eugenol? Metil eugenol adalah senyawa kimia yang bersifat attraktan atau sebagai penarik serangga terutama terhadap lalat buah.

Attraktan ini tidak meninggalkan residu pada buah dan mudah diaplikasikan pada lahan yang luas. Karena bersifat volatil (menguap), daya jangkaunya atau radiusnya cukup jauh, mencapai ratusan meter, bahkan ribuan meter, bergantung pada arah angin.

Baca juga  Membuat Perangkap Lalat Buah Dengan Pisang Matang

Daya tangkap attraktan bervariasi, bergantung pada lokasi, cuaca, komoditas dan keadaan buah di lapangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metil eugenol dapat menurunkan intensitas serangan lalat buah pada mangga sebesar 39-59%.

Perangkap lalat buah menggunakan atraktan metil eugenol sintesis yang banyak beredar di pasaran diperkirakan mampu menangkap 315 ekor lalat buah/perangkap/minggu.(balittra.litbang.pertanian.go.id).

Harga produk metil eugenol sangat terjangkau, 1 botol antara Rp.8000 – 10.000. Satu botol ini cukup untuk membuat 15 – 20 perangkap. Contoh produk metil eugenol yaitu Petrogenol.

Membuat Perangkap LALAT BUAH Sederhana Menggunakan Botol Bekas dan Umpan Metil Eugenol

Alat sederhana ini sangat efektif dalam mengendalikan lalat buah. Dengan biaya yang sangat murah, perangkap lalat buah dapat dibuat sendiri dengan mudah dan sederhana.

Ada banyak model perangkap lalat buah yang sudah dibuat oleh para petani, namun saya lebih suka model seperti di bawah ini.

Karena model perangkap seperti ini lebih aman dari goncangan angin, air hujan tidak masuk ke dalam perangkap dan lalat buah yang sudah masuk akan sulit keluar.

Berikut ini alat dan bahan serta langkah-langkah dalam membuat perangkap lalat buah sederhana menggunakan botol bekas air mineral dan attraktan metil eugenol.

Alat dan Bahan Membuat Perangkap Lalat Buah

1). Botol bekas berbahan plastik
2). Kapas, kain atau busa rokok
3). Tali plastik atau kawat
4). Attraktan metil eugenol

Langkah-langkah Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Sederhana

1). Botol yang sudah disiapkan dilubangi menggunakan solder, anti nyamuk bakar atau lainnya.
2). Lubang dibuat pada dinding botol 1/3 bagian atas dengan diameter 0.5 cm. Satu botol cukup dibuat 1 lubang saja.

Baca juga  Hama dan Penyakit Tanaman Tomat

Perangkap Lalat Buah Betina
3). Masukkan air kurang lebih 150-200 ml kedalam botol.
5). Busa rokok, kapas atau kain diikat menggunakan tali/kawat kemudian dicelup/dibasahi attraktan metil eugenol.
6). Masukkan ke dalam botol, diusahakan busa/kapas menggantung dan tidak menyentuh air.
7). Kemudian botol ditutup rapat

Jebakan LALAT BUAH dengan Metil Eugenol dan Botol Bekas
8). Botol digantung pada tiang setinggi 1,5 meter. Dalam 1 area pertanaman dapat dibuat beberapa buah perangkap, tergantung luas area tersebut.
9). Usahakan tangan tidak menyentuh cairan attraktan metil eugenol, agar attraktan tidak menempel pada dinding luar botol saat kita membuat perangkap. Botol yang tersentuh attraktan dapat menghambat lalat buah masuk ke dalam perangkap.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video berikut ini :

Demikian tentang “Cara Membuat Perangkap LALAT BUAH Sederhana Menggunakan Botol dan Metil Eugenol“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...
Loading...