Loading...

Manfaat SIRIH CINA : Begini Cara Mudah Mengkonsumsi SIRIH CINA untuk Obat Penyakit Luar dan Dalam

Harga dan Cara Mengkonsumsi Sirih Cina

Tanaman Obat – Apakah sirih cina bisa dimakan? Bagaimana Cara Mengkonsumsi Sirih Cina? Apa saja manfaat sirih cina?

Sirih cina (Peperomia pellucida) atau tumpangan air adalah tumbuhan liar yang mudah ditemukan di tepi sawah, kanal atau saluran air, juga ditemukan di kebun atau taman.

Sirih cina

Terna kecil semusim ini memiliki akar dangkal, berbatang sukulen (lunak berair), cerah, berdaging dengan daun lunak agak tebal.

Disebut sirih cina karena tumbuhan ini memiliki bentuk daun mirip dengan sirih pada umumnya. Mudah tumbuh di tempat agak teduh dan lembab.

Nama lain sirih cina antara lain ; tumpang air, suruhan, ketumpang air atau tumpang angin.

Loading...

Apa Saja Manfaat Sirih Cina?

Sirih cina merupakan tanaman obat herbal yang dulunya dianggap tak berguna dan diabaikan. Namun dengan ditemukannya berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, kini terna semusim ini banyak dicari dan diperjual belikan.

Harga sirih cina pun kini semakin mahal, disalah satu situs jual beli online sirih cina dijual Rp.40.000 hingga Rp. 55.000 per kilonya.

Banyak sekali manfaat sirih cina untuk kesehatan, baik untuk mengobati penyakit luar maupun penyakit dalam.

Manfaat sirih cina untuk kesehatan antara lain ; mengobati bisul, jerawat, radang kulit, abses/benjolan nanah, luka bakar, luka memar, bengkak, pegal-pegal, gangguan saluran kemih, rematik dan sakit persendian, penyakit ginjal, sakit kepala saat demam, sakit perut, asam urat dan meredakan nyeri spasmodik pada perut yang disebabkan oleh distensi (kolik).

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Sirih Cina?

Sirih cina dapat dikonsumsi dengan mudah, tanpa harus diolah dengan cara yang rumit. Boleh dikonsumsi langsung atau direndam dan diminum airnya.

Baca juga  7 Macam Obat Alami Untuk Mengatasi Pegal Linu

Berikut ini cara mengkonsumsi sirih cina ;

1). Dikonsumsi dengan cara diminum ; 2 batang tanaman sirih cina berukuran sedang dicucui hingga bersih. Direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 100 cc saja. Minum selagi hangat, satu gelas sekali minum. Dilakukan 2 hari sekali selama pengobatan.

2). Dioles atau ditempelkan pada bagian yang terluka ; 15 – 20 lembar daun sirih cina segar dicuci hingga bersih. Kemudian ditumbuk hingga lumat, lalu tempelkan pada bagian yang luka.

Demikian tentang “Apakah Sirih Cina Bisa Dimakan? Bagaimana Cara Mengkonsumsi Sirih Cina?” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...