Loading...

Manfaat Pupuk SP-36 untuk PADI : Perbanyak Anakan Hingga Tingkatkan Bobot Gabah

Apa Manfaat Pupuk SP-36 untuk Tanaman Padi?

Pupuk & Pemupukan – Pupuk SP-36 adalah pupuk kimia (anorganik) tunggal yang mengandung unsur fosfor (P). Kandungan fosfor pada pupuk SP-36 sebesar 36% dalam bentuk P2O5.

Unsur fosfor atau phospat adalah unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman padi dalam jumlah banyak.

Unsur hara phospat (P) dibutuhkan oleh tanaman sepanjang masa hidupnya. Fosfor merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman untuk menunjang pertumbuhannya.

Pupuk SP-36 dapat diaplikasikan saat pengolahan tanah atau setalah tanam sebagai pupuk susulan. Untuk tanaman padi, aplikasi pupuk SP-36 dilakukan dengan cara ditabur atau disebar merata.

Gejala Kekurangan Fosfor (SP-36) pada Tanaman Padi

Rekomendasi pemupukan tanaman padi dalam “Kebutuhan Pupuk Tanaman Padi Per Hektar” dosis pupuk SP-36 hanya 100 kg/ha, KCL 100 kg/ha dan paling banyak pupuk urea 300 kg/ha.

Loading...

Meskipun kebutuhan pupuk SP-36 sangat sedikit dibandingkan KCL dan Urea, namun unsur fosfor yang terdapat pada pupuk SP-36 memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan dan produksi gabah.

Manfaat pupuk SP-36 untuk tanaman padi/mitalom.com

Kekurangan unsur fosfor (P) berdampak nyata pada tanaman padi. Tanaman padi yang kekurangan fosfor pertumbuhannya lambat dan kerdil.

Gejala kekurangan fosfor (P) pada tanaman padi antara lain ; daun kecil pendek, kerdil dan warna hijau gelap; akar dan anakan sedikit; jumlah gabah per malai sedikit; kehampaan gabah tinggi; pemasakan gabah terlambat dan respon terhadap pemupukan N rendah.

9 Manfaat Pupuk SP-36 untuk Tanaman Padi

Meskipun kebutuhan pupuk SP-36 lebih sedikit dan hanya diberikan sekali dipemupukan pertama saja dibandingkan dengan pupuk KCL dan Urea, unsur fosfor yang terdapat pada pupuk SP-36 sangat berperan penting untuk pertumbuhan dan produktifitas tanaman padi.

Baca juga  Kebutuhan Pupuk dan Cara Tepat Pemupukan Tanaman Padi

Berikut ini manfaat pupuk S)-36 untuk tanaman padi ;

1). Merangsang pertumbuhan akar padi (terutama akar benih dan tanaman muda)
2). Mempercepat pertumbuhan tanaman padi
3). Daun padi lebih hijau dan subur
4). Memperkuat batang tanaman padi
5). Memperbanyak anakan tanaman padi
6). Merangsang dan mempercepat pembungaan
7). Meningkatkan bobot gabah
8). Gabah lebih bernas dan berisi
9). Memperbanyak jumlah gabah per malai

Demikian tentang “Manfaat Pupuk SP-36 untuk Padi, Perbanyak Akar dan Anakan hingga Membuat Gabah Lebih Berbobot” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...