Loading...

Hanya Gunakan Pupuk Murah Ini, JAGUNG MANIS Bonanza dan Paragon Bertongkol Besar & Padat

Dosis dan Jenis Pupuk JAGUNG MANIS Bonanza & Paragon Usia 15, 21 dan 30 HST

Budidaya Hortikultura dan Tanaman Pangan – Jagung manis (Zea mays) merupakan salah satu komoditi pertanian yang cukup penting secara komersial.

Jagung manis mengandung zat gula (terutama sukrosa) yang cukup tinggi sehingga rasanya lebih legit dan manis.

Secara komersial, nilai ekonomi jagung manis jelas lebih tinggi jika dibandingkan dengan jagung biasa.

Jagung manis dipanen ketika muda karena tidak digunakan sebagai pakan ternak, melainkan untuk dikonsumsi.

Loading...

Jagung manis dapat diolah menjadi bubur, bahan martabak, direbus atau dibakar. Jagung manis kini banyak dibudidayakan karena permintaan pasar yang tinggi.

Untuk dapat bersaing dalam bisnis jagung manis, maka kualitas dan kuantitas adalah point penting yang harus diperhatikan.

Yang perlu diperhatikan dalam budidaya jagung manis adalah bagaimana caranya agar buahnya besar, rasa lebih manis dan tahan simpan.

Faktor penentu kualitas jagung manis selain menggunakan benih unggul adalah teknik budiaya, jenis pupuk, dosis pupuk, waktu pemupukan dan cara pemupukannya. Benih jagung manis unggul misalnya “Bonanza” atau “Paragon“.

Berikut ini contoh aplikasi pemupukan dasar dan pupuk susulan tanaman jagung manis “Bonanza” dan “Paragon” hanya dengan pupuk TSP/SO-36, NPK Phonska dan Urea.

Jenis dan Dosis Pupuk JAGUNG MANIS “Bonanza” dan “Paragon” per 1500 Batang

Jenis-jenis pupuk untuk tanaman jagung manis adalah pupuk kandang/kompos, Kapur Dolomit, TSP/SP-36, NPK Phonska dan Urea.

Untuk menanam jagung manis sebanyak 1500 batang diperlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 10-15 sak, 15 kg pupuk TSP/SP-36, 10-15 kg pupuk Urea dan 50 kg pupuk NPK Phonska.

Sedangkan kebutuhan kapur dolomit/kapur pertanian sebanyak 100-150 kg atau disesuaikan dengan pH tanah.

Total kebutuhan pupuk kimia untuk jagung manis adalah 80 kg dan kapur dolomit/kapur pertanian 100-150 kg.

Pupuk jagung manis diberikan sebanyak 4 kali. Yang pertama adalah untuk pupuk dasar, pupuk susulan pertama, pupuk susulan kedua dan pupuk susulan ketiga.

Jenis, Dosis dan Cara Pemberian Pupuk Dasar Budidaya JAGUNG MANIS

Setelah lahan dibajak atau dicangkul, kemudian dibuat lubang tanam dengan jarak 30 x 60 cm (jarak tanam 30 cm dan jarak antar barisan 60 cm), jarak antar bedengan 80 cm.

Pupuk TSP atau SP-36 ditaburkan pada lubang tanam, kemudian diatasnya ditaburkan pupuk kandang.

Setelah selesai, pupuk ditutup dengan tanah dan diataburi kapur dolomit secara merata. Biarkan selama 7-10 hari sebelum benih ditanam.

Jenis, Dosis dan Cara Pemberian Pupuk Susulan Ke-1 Tanaman JAGUNG MANIS

Umur berapa hari tanaman jagung manis bisa dipupuk untuk pertamakali? Apa jenis pupuk yang digunakan? Berapa kg dosisnya?

Tanaman jagung manis umur 14 HST (Foto : mitalom.com)

Pemupukan susulan pertama tanaman jagung manis diberikan pada umur 12 – 15 hari setelah tanam. Artinya pupuk dapat diberikan mulai tanaman jagung berumur 12 HST dan maksimal umur 15 HST.

Jenis pupuk susulan pertama jagung manis adalah pupuk nitrogen, misalnya urea. Dosis pupuk susulan pertama jagung manis yaitu 10-15 kg per 1500 batang.

Pupuk ditaburkan disekeliling tanaman jagung manis dengan jarak kurang lebih 5 cm dari batang.

Jenis, Dosis dan Cara Pemberian Pupuk Susulan Ke-2 Tanaman JAGUNG MANIS

Umur berapa hari tanaman jagung manis bisa dipupuk untuk keduakalinya? Apa jenis pupuk yang digunakan? Berapa kg dosisnya?

Tanaman jagung manis umur 24 HST (Foto : mitalom.com)

Pemupukan susulan kedua tanaman jagung manis dilakukan pada umur 21-25 hari setelah tanam (HST). Bisa dipupuk mulai umur 21 hari setelah tanam, paling lambat umur 25 hari setelah tanam.

Jenis pupuk susulan kedua tanaman jagung manis yang saya gunakan adalah pupuk bersubsidi yaitu NPK Phonska 15-15-15.

Dosis pemupukan kedua tanaman jagung manis yaitu 20-25 kg per 1500 batang. Cara pemupukan kedua ini saya gunakan sistem tugal.

Pupuk diberikan pada lubang di kiri dan kanan tanaman jagung manis dengan jarak 10 atau 15 cm dari batang.

Cara ini saya anggap lebih efektif daripada sistem tabur karena pupuk tidak larut dan hanyut jika tersiram air sehingga lebih banyak yang terserap oleh akar tanaman jagung manis.

Jenis, Dosis dan Cara Pemberian Pupuk Susulan Ke-3 Tanaman JAGUNG MANIS (Pemupukan Terakhir)

Umur berapa hari tanaman jagung manis bisa dipupuk untuk ketigakalinya atau pemupukan terakhir? Apa jenis pupuk yang digunakan? Berapa kg dosisnya?

Tanaman jagung manis umur 34 HST (Foto : mitalom.com)

Waktu pemupukan ketiga/terakhir tanaman jagung manis yaitu pada umur 30-35 hari setelah tanam (HST).

Untuk pemupukan ketiga atau pemupukan terkahir tanaman jagung manis, saya masih menggunakan pupuk bersubsidi NPK Phonska 15-15-15.

Dosis pemupukan terakhir tanaman jagung manis yaitu 20-25 kg per 1500 batang. Pupuk ditaburkan di kiri dan kanan batang jagung manis.

Waktu Yang Tepat Melakukan Pembubunan Tanaman Jagung Manis

Setelah pemupukan terakhir, selanjutnya adalah pembubunan atau menimbun pangkal batang tanaman jagung manis.

Pembubunan sebaiknya dilakukan segera setelah melakukan pemupukan terkahir supaya pupuk cepat tertutup tanah sehingga pupuk tidak menguap terkena sinar matahari dan tidak hanyut tersiram air.

Pembubunan ini juga bermanfaat untuk memperbanyak akar tanaman jagung manis sehingga tanaman lebih kokoh dan kuat tidak mudah roboh diterpa angin.

Selain itu, pembubunan bisa membuat batang tanaman jagung manis lebih besar dengan buah yang besar pula.

Demikian tentang “Dosis, Jenis dan Waktu Pemupukan Tanaman Jagung Manis” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...