Loading...

Cara Melarutkan PUPUK SP-36, Praktis Mudah Menjadi Bubur dan Siap Digunakan

Bagaimana Cara Melarutkan PUPUK SP-36?

Info Praktis – Pupuk SP-36 adalah pupuk dengan kandungan fosfor dalam bentuk P2O5 yang bersifat tidak higroskopis.

Tidak higroskopis artinya butiran-butiran pupuk SP-36 tidak mudah menyerap air, karena sifatnya ini pupuk SP-36 sulit untuk dilarutkan.

Butiran-butiran pupuk SP-36 sangat keras sehingga harus dipukul dengan benda keras untuk menghancurkannya.

Bahkan pupuk SP-36 yang ditaburkan di tanah yang biasanya untuk pupuk dasar, dalam waktu yang lama, berbulan-bulan ada yang masih utuh.

Butiran pupuk SP-36 tidak akan larut dengan air meskipun direndam dalam waktu yang lama. Meskipun ada yang bisa larut, tetapi yang tidak larut lebih banyak.

Loading...

Untuk aplikasi di tanah dengan cara ditabur tidak masalah, karena butiran pupuk SP-36 akan terurai meskipun lambat dan diserap oleh akar tanaman sedikit demi sedikit.

Masalahnya adalah ketika kita akan menggunakan pupuk SP-36 sebagai pupuk susulan yang umumnya diaplikasikan dengan cara dikocor.

Untuk aplikasi dengan cara dikocor tentunya pupuk SP-36 yang harus dilarutkan terlebih dahulu supaya dapat tercampur rata dengan air.

3 Cara Sederhana Melarutkan Pupuk SP-36

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melarutkan pupuk SP-36. Ada yang menggunakan bakteri pelarut phospat, pupuk daun dan ada cara yang paling sederhana yaitu menggunakan air panas.

Cara melarutkan pupuk SP-36/mitalom.com

Beberapa cara melarutkan pupuk SP-36 berikut ini bisa teman-teman praktekkan satu persatu, teman-teman bisa menilai sendiri cara yang mana yang paling mudah dan cepat untuk melarutkan pupuk SP-36.

Berikut ini 3 cara melarutkan pupuk SP-36 :

1). Cara melarutkan SP-36 menggunakan bakteri pelarut phospat

Dari beberapa literatur yang pernah saya baca, pupuk SP-36 dengan mudah bisa dilarutkan dengan bantuan bakteri pelarut phospat. Darimana kita bisa mendapatkan bakteri pelarut phospat? EM4 pertanian mengandung bakteri pelarut phospat yang bisa dimanfaatkan untuk melarutkan pupuk SP-36. Caranya yaitu dengan melarutkan EM4 dengan air seperlunya ditambah sedikit kalsium, kemudian larutan digunakan untuk merendam pupuk SP-36.

Baca juga  Daftar Harga Pupuk Bersubsidi

2). Cara melarutkan SP-36 menggunakan pupuk daun

Sda teman yang menyarankan untuk menggunakan pupuk daun (yeng berbentuk serbuk) untuk melarutkan pupuk SP-36. Caranya yaitu 10 gram pupuk daun dilarutkan dengan 10 liter air, kemudian larutan digunakan untuk merendam pupuk SP-36.

3) Cara melarutkan SP-36 menggunakan air panas mendidih

Yang terakhir, melarutkan pupuk SP-36 menggunakan air panas (mendidih). Cara ini saya anggap paling mudah dan cepat untuk melarutkan pupuk SP-36 yang sulit larut. Caranya dengan merendam pupuk SP-36 menggunakan air panas/mendidih selama beberapa hari. Masukkan pupuk SP-36 dalam ember kemudian siram menggunakan air mendidih sampai pupuk terendam, tapi jangan terlalu banyak air, cukup rata dengan permukaan pupuk saja. Jika air mengering (diserap oleh butiran SP-36), siram lagi menggunakan air mendidih dan ulangi sampai SP-36 menjadi bubur. Cara ini membutuhkan waktu 4-5 hari sampai butiran pupuk SP-36 menjadi bubur. Lebih lama lebih bagus.

Dari ketiga cara diatas, melarutkan pupuk SP-36 menggunakan cara no.1 dan 2 yang saya lakukan gagal dan belum saya coba lagi. Sampai saat ini saya lebih suka menggunakan cara yang ke-3 yaitu menggunakan air panas.

Demikian tentang “Cara Melarutkan PUPUK SP-36, Praktis Mudah Menjadi Bubur dan Siap Digunakan” Semoga Bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...