Manfaat Daun Sirih Cina Bagi Kesehatan

Daun Ketumpang Air Atau Daun Sirih Cina

Tanaman Obat – Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma oleh pak tani dan bu tani, karena sering tumbuh disela-sela tanaman budidaya. Ada yang menyebut daun sirih cina ada juga yang memanggilnya daun ketumpang air. Tanaman ini juga banyak tumbuh disekitar rumah, dipekarangan terutama ditempat-tempat yang lembab. Selain itu banyak juga dijumpai ditanggul sawah dan tepi parit. Banyak orang yang tidak memperdulikan tanaman ini, mereka seenaknya mencabut dan membuangnya begitu saja. Padahal jika anda tahu, tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

manfaat daun ketumpang air

Manfaat Daun Sirih Cina (Ketumpang Air Bagi Kesehatan)


Daun sirih cina (Gynura Procumbeus) atau ketumpang air bisa dimakan, dengan cara diolah sebagai sayur atau untuk lalapan. Bisa juga dibuat jus kemudian diminum. Dengan mengkonsumsi daun sirih cina (ketumpang air) dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit dibawah ini :

– Gangguan kesehatan pada mata,

– Menyehatkan pencernaan dan melancarkan BAB,

– Mengobati batuk

– Menyehatkan dan mengatasi gangguan kandung kemih,

– Meringankan rasa sakit pada sendi dan sakit perut,

– Mengobati penyakit reumatik.

Nah, mulai sekarang tanamlah daun sirih cina (ketumpang air) di polybag atau pot, selain sebagai tanaman obat juga untuk memperindah pekarangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...