15 Manfaat Penting Lengkuas Untuk Kesehatan

Lengkuas (Alpinia galanga)

Tanaman Obat – Apa itu lengkuas ? Pastinya anda sudah familiar dengan tanaman rimpang yang satu ini. Lengkuas disebut laos oleh orang jawa, orang sunda menyebutnya laja dan masyarakat melayu menyebut lengkuas dengan nama lengkueh. Lengkuas biasa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan bumbu masakan dan juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tanaman rimpang ini memiliki batang semu dengan buah yang berupa rimpang berada didalam tanah, tinggi pohon tanaman lengkuas bisa mencapai lebih dari 2 meter. Rimpang lengkuas memiliki aroma yang khas, bertekstur agak keras dan berserat. Tanaman lengkuas mudah ditemukan, karena tanaman ini terdapat di seluruh wilayah di Indonesia. Tanaman ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik, bisa tumbuh dimana saja baik didataran rendah maupun di dataran tinggi. Lengkuas juga merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan mudah ditanam.

khasiat lengkuas

Rimpang Lengkuas


Lengkuas dalam bahasa latin disebut Alpinia galanga. Ada dua jenis lengkuas yang terdapat di Indonesia, yaitu lengkuas putih dan lengkuas merah. Lengkuas putih biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, sedangkan lengkuas merah lebih banyak digunakan sebagai ramuan pengobatan tradisional. Rimpang lengkuas mengandung beberapa senyawa kimia yang berkhasiat untuk kesehatan dan pengobatan. Senyawa kimia yang terdapat pada lengkuas antara lain ; galangol, metil sinamat, minyak atsiri, eugenol, pinen, kristal kuning, seskuiterpen, galangan dan kaemferida. Rimpang lengkuas beraroma harum dan memiliki rasa sedikit pedas menyerupai jahe. Dalam pengobatan tradisional, lengkuas banyak dimanfaatkan untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan. Apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan dan pengobatan?

Berikut ini beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan dan kecantikan :

1. Mengobati Panu

Lengkuas memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu. Caranya cukup mudah, ambil lengkuas segar yang tidak terlalu muda atau terlalu tua. Iris sedikit dengan pisau, kemudian gosokkan perlahan pada kulit yang berpanu. Lakukan setiap hari secara rutin.

Baca juga  14 Jenis Buah dan Tanaman Obat Jerawat

2. Mengatasi Bau Rambut dan Kulit Kepala

Lengkuas juga berkhasiat untuk mengurangi rambut dan kulit kepala dari bau tidak sedap.

3. Sebagai Anti-aging

Langkuas mengandung berbagai macam antioksidan, antioksidan diketahui berkhasiat untuk melindungi kulit, menjaga kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan dini. Lengkuas juga berkhasiat untuk mempertahankan kesegaran kulit.

4. Mengatasi Masalah Kulit Kepala dan Rambut

Lengkuas diketahui berkhasiat untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut. Lengkuas mampu mengoptimalkan pertumbuhan rambut, mengatasi rambut kering, mengatasi rambut rapuh dan rontok. Lengkuas juga berkhasiat untuk mengurangi ketombe.

5. Mengobati Luka Bakar

Irisan lengkuas yang secara rutin dioleskan pada luka bakar diketahui berkhasiat untuk membantu penyembuhan dan mengurangi bekas luka.

6. Mengurangi Bau Mulut

Lengkuas bisa digunakan untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Ekstrak lengkuas digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi bau mulut yang diakibatkan oleh bakteri, juga berkhasiat untuk mengurangi sariawan.

7. Mengobati Reumatik dan Arthritis

Dengan bahan tambahan lainnya, lengkuas bisa dijadikan ramuan untuk mengobati rheumatik dan arthritis.

8. Mengatasi Gangguan Pada Perut

Lengkuas berkhasiat untuk mengurangi gangguan pada perut seperti mual, muntah, mabuk kendaraan, dan diare. Untuk menggunakannya dilakukan dengan cara mengunyah dan menelan lengkuas secukupnya, jangan berlebihan.

9. Mengobati Bronkitis

Lengkuas berkhasiat untuk mengobati gangguan pada pernafasan seperti bronkitis dan batuk.

10. Mengobati Jerawat

Lengkuas memiliki sifat antiseptik yang berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab gangguan pada kulit seperti jerawat. Lengkuas juga berkhasiat untuk membersihkan kulit, merevitalisasi serta mencerahkan kulit.

11. Sebagai Anti Peradangan

Rimpang lengkuas mengandung zat anti radang yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit radang gusi, radang tenggorokan dan peradangan lainnya.

12. Menurunkan Lipid

Kandungan flavanoid galangin, quercetin, dan kaempferol yang terdapat pada lengkuas mampu menghambat asam lemak.

Baca juga  Kolesterol ? Cegah Dengan 10 Jenis Buah dan Bahan Alami Ini

13. Menurunkan Demam

Lengkuas bisa dimanfaatkan untuk menurunkan demam, hal ini berkaitan dengan zat analgesik dan antipiretik yang ada didalamnya.

14. Menurunkan Resiko Kanker

Lengkuas mengandung antioksidan yaitu flavanoid galangin, zat ini memiliki kemampuan menangkal radikal bebas sehingga dapat menurunkan resiko kanker.

15. Mengurangi Infeksi Bakteri & Jamur

Lengkuas memiliki sifat anti-bakterial dan anti fungi, yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur.

Demikian tentang manfaat dan khasiat lengkuas bagi kesehatan dan kecantikan. Perlu diingat, bahwa lengkuas bisa mengakibatkan alergi pada kulit. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif dan alergi terhadap lengkuas, disarankan untuk berhati-hati menggunakan lengkuas. Untuk mengobati panu agar berhati-hati, gosokkan perlahan saja dan jangan terlalu kuat karena akan menyebabkan kulit gosong dan menghitam. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...