Loading...

Pupuk KACANG PANJANG, Murah Kualitas Bagus !! Jenis & Dosis Pupuk Dasar dan Susulan Kacang Panjang

Jenis-jenis Pupuk untuk Kacang Panjang

Pupuk & Pemupukan – Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman sayuran. Bagian yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah buahnya, adakalanya daunnya yang masih muda juga dimasak.

Kacang panjang adalah komoditi sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Cara menanam kacang panjang sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Jenis dan dosis pupuk untuk kacang panjang/mitalom.com

Modal budidaya menanam kacang panjang juga tidak begitu besar, sehingga resiko kerugian akibat gagal panen kecil.

Tanaman kacang panjang sangat toleran terhadap iklim dan cuaca, bisa di tanam dimana saja.

Segampang-gampangnya menanam, bukan berarti tanpa masalah sama sekali. Masalah yang sering kita hadapi ketika menanam kacang panjang adalah soal harga jual yang tidak stabil.

Loading...

Jika beruntung, harga jual kacang panjang bisa 10.000 per kilogram, bahkan dibeberapa daerah ketika sedang mahal kacang panjang bisa dihargai 15.000 perkilogramnya.

Namun, ketika lagi apes harga kacang panjang bisa sangat murah, 1000 atau 500 rupiah perkilogarmnya.

Nah, untuk menyiasati kemungkinan-kemungkinan terburuk ketika panen kacang panjang perlu diupayakan peningkatan produksi.

Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kacang panjang, salah satunya adalah pupuk.

Pupuk memiliki peran yang besar dalam usaha budidaya menanam kacang panjang. Jenis, dosis dan waktu pemupukan sangat menentukan keberhasilan budidaya kacang panjang.

Pemupukan yang kurang tepat dan tidak berimbang adalah faktor utama menurunnya kuantitas dan kualitas buah kacang panjang

Jenis Pupuk untuk Kacang Panjang

Agar tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang lebat, tanaman kacang panjang membutuhkan tanah yang gembur dan subur.

Kadar unsur hara yang tersedia di dalam tanah berbeda-beda, pada tanah yang kurang subur pupuk wajib diberikan untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman kacang panjang.

Baca juga  Waktu, Dosis dan Cara Aplikasi PUPUK KALSIUM pada Berbagai Jenis Tanaman

Untuk menunjang pertumbuhannya, tanaman kacang panjang membutuhkan unsur hara makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), magnesium (Mg) dan kalsium (Ca). Juga unsur hara mikro yang bisa diperoleh pada pupuk daun.

Jenis-jenis pupuk untuk tanaman kacang panjang antara lain ; pupuk urea atau ZA, pupuk TSP atau SP-36, pupuk KCL atau ZK, pupuk kalsium dan pupuk magnesium (contohnya kieserite dan kapur dolomit).

Selain itu, yang tidak boleh ketinggalan adalah pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang dari kotoran hewan ternak.

Pupuk untuk kacang panjang diberikan beberapa kali sesuai kebutuhan, yaitu sebelum penanaman yang disebut pupuk dasar dan setelah penanaman (selama masa pertumbuhan) yang disebut pupuk susulan.

Dosis dan Waktu Pemupukan KACANG PANJANG (untuk 1000 lubang tanam)

1. Pupuk Dasar KACANG PANJANG

Pupuk dasar diberikan bersamaan dengan pengolahan lahan atau setelah pengolahan lahan. Jenis-jenis pupuk dasar untuk kacang panjang yaitu pupuk kandang/kompos, urea, SP-36, KCl dan dolomit.

Dosis pupuk kandang/kompos untuk kacang panjang yaitu 10-15 karung, bisa lebih bisa juga kurang tergantung kondisi.

Dosis pupuk dasar urea, sp-36 dan kcl untuk kacang panjang yaitu 20-25 kg dengan perbandingan urea 1 kg, sp-36 3 kg dan kcl 2 kg.

Dosis kapur dolomit disesuaikan dengan kebutuhan, untuk jenis tanah dengan pH rendah untuk 1000 lubang tanam kacang panjang diperlukan kapur dolomit 100-150 kg.

2. Pupuk Susulan KACANG PANJANG

Pupuk susulan adalah pupuk yang diberikan setelah tanaman tumbuh dan selama masa pertumbuhan. Cara pemberian pupuk susulan kacang panjang dilakukan dengan cara ditaburkan atau dikocor.

Jenis-jenis pupuk susulan untuk kacang panjang antara lain pupuk urea, sp-36, kcl dan pupuk kalsium.

Baca juga  9 Manfaat PUPUK KCL untuk KELAPA SAWIT, Lengkap dengan Dosis dan Cara Aplikasinya

Waktu pemberian pupuk susulan kacang panjang yaitu setiap 10 atau 15 hari sekali. Pupuk susulan pertama dilakukan ketika kacang panjang berumur 10 atau 15 hari setelah tanam.

Dosis pupuk susulan kacang panjang bervariasi, sesuai dengan umur dan kebutuhan tanaman. Mulai dari 2 kg per 1000 lubang tanam hingga maksimal 7 kg (bisa lebih atau kurang, tergantung kondisi tanaman).

Note : untuk waktu, dosis dan cara pemupukan kacang panjang secara detail akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Demikian tentang “Pupuk KACANG PANJANG : Dosis, Waktu dan Jenis Pupuk untuk Kacang Panjang” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...