Loading...

Khasiat dan Manfaat Lengkap KAYU SECANG untuk Kulit Wajah, Jerawat, Diet, Diabetes dan Kesehatan Lainnya

Kandungan Kimia dan Manfaat KAYU SECANG

Tanaman Obat – Sudah sejak abad ke-17, Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) dibudidayakan oleh masyarakat di negara-negara asia seperti India, Asia Tenggara, Maelsia, hingga Pasifik, biasanya dimanfaatkan untuk rempah-rempah, bahan pewarna dan bahan obat tradisional.

Tanaman ini banyak tumbuh alami di lereng bukit, tumbuh pada tanah yang bersifat liat atau berbatu kapur, adakalanya ditanah berpasir didekat sungai, tetapi tidak dapat tumbuh ditanah yang tergenang.

6 Kandungan Kimia Penting Pada Kayu Secang

1.Brazilin

Brazilin adalah sebuah zat pewarna alami yang dapat memberikan warna merah, biasa digunakan untuk pewarna tekstil maupun pewarna makanan.

2.Saponin

Loading...

Saponin merupakan salah satu senyawa yang terdapat pada berbagai jenis kacang-kacangan termasuk juga kayu secang yang merupakan tanaman kacang-kacangan. Saponin memberikan rasa pahit padakayu secang. Cara mengetahui tanaman yang mengandung saponin adalah dengan cara memasukan bagian tanaman kedalam air dan mengkocoknya, jika air menimbulkan buih bisa dipastikan bahwa tanaman tersebut mengandung saponin.

3.Minyak Atsiri

Minyak atsiri sudah dikenal sejak lama memiliki aroma wangi yang khas dan cukup kuat. Minyak atsiri biasa dimanfaatkan untuk member aroma pada makanan atau minuman untuk menambah aroma yang dapat menenangakan, dan juga seabagai aroma terapi. Minyak atsiri yang terkandung pada kayu secang juga bersifat antiseptic yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang merugikan serta mengatasi masalah pencernaan.

9+ Manfaat Kayu Secang untuk Jerawat, Kulit Wajah, Diet dan Diabetes
Serutan kayu secang

4.Tannin

Tannin merupakan salah satu senyawa yang kompleks yang bersifat sebagai anti bakteri. Sama seperti minyak atsiri, Kandungan tannin pada kayu secang juga mampu mengobati luka pada usus yang disebabkan oleh bakteri dan virus serta membunuh bakteri dan virus yang berbahaya dalam usus.

Baca juga  62 Ramuan Tanaman Obat Anti HIPERTENSI dan Resep Herbal Penurun DARAH TINGGI (Page 1)

5.Polifenol

Kayu secang juga tinggi kandungan polifenol yang merupakan zat anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan benda asing yang berbahaya berusaha masuk kedalam tubuh.

6.Flavanoid

Flavanoid merupakan senyawa yang memegang peranan penting dalam memikat serangga guna membantu penyerbukan, walaupun tidak semua tertarik dengan senyawa ini. Sama halnya dengan polifenol, flavanoid juga berfungsi sebagai zat anti-oksidan dalam tubuh guna menangkal radikal bebas dan sebagai zat anti-biotik alami. Flavanoid juga berguna dalam membantu penyerapan vitamin C pada tubuh.

9+ Khasiat dan Manfaat Kayu Secang

1. Bahan Pewarna Alami

Zat Brazilin pada kayu secang berguna sebagai pewarna alami. Biasa dimanfaatkan untuk pewarna tekstil, pewarna pada cat dan pewarna pada makanan.

2. Bahan Pembuat Minuman

Kayu secang biasa ditambahkan pada bahan-bahan pembuatan minuman tradisional Nusantara, beberapa minuman yang menggunakan kayu secang sebagai bahan dalam pembuatannya antara lain : wedang secang, wedang uwuh, bandrek, dll.

3. Bahan Pengobatan Tradisional

Dengan kandungan nutrisi dan mineral yang sangat baik bagi tubuh ini kayu secang juga dapat digunakan untuk pengobatan. Berikut adalah manfaat kayu secang untuk pengobatan.

a). Membantu penyerapan vitamin c
b). Menangkal radikal bebas
c). Melawan bakteri pada usus
d). Sebagai antibiotic alami
e). Menghentikan pendarahan
f). Mengurangi rasa sakit dan nyeri
g). Mengobati diabetes
h). Mengobati kanker prostat
i). Mengurangi resiko kangker prostat
j). Memelihara kesehatan jantung
k). Mengobati masalah pencernaan
l). Sebagai anti inflamasi
m). Untuk detoksifikasi
n). Sebagai anti jamur
o). Mangatasi masalah obesitas
p). Mengobati radang usus
q). Menjaga metabolism dan daya tahan tubuh
r). Sebagai aroma terapi
s). Mencegah kanker
t). Mengatasi sembelit dan diare
u). Membunuh bakteri enyebab jerawat
v). Membersihkan kulit wajah (Rend/mitalom.com)

Demikian tentang “Kandungan Kimia dan Manfaat Kayu Secang“. Semoga bermanfaat….

Baca juga  Kandungan Senyawa dan Manfaat Jahe Merah

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...