Loading...

Kenali Penyebabnya !!! Begini Cara Memperbaiki Pertumbuhan Tanaman Cabe Lambat dan Kerdil

Mengatasi Tanaman Cabai Tumbuh Lambat dan Kerdil

Budidaya Hortikultura & Tanaman Pangan – Pada artikel “Penyebab Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil” telah kita bahas 7 penyebab tanaman cabai pertumbuhannya lambat dan kerdil.

Nah, pada kesempatan ini akan kita membahas bagaimana cara mengatasi pertumbuhan tanaman cabai yang lambat dan kerdil.

Perlu diketahui, tanaman cabai membutuhkan 6 jenis unsur hara makro dan 7 jenis unsur hara mikro dengan jumlah yang cukup.

Unsur hara makro adalah unsur hara utama yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, yaitu nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), sulfur (S), calsium (Ca) dan magnesium (Mg).

Sedangkan unsur hara mikro antara lain klor (Cl), zat besi (Fe), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (Zn), boron (B) dan molibdenum (Mo). Unsur hara mikro dibutuhkan hanya sedikit.

Loading...

Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil Padahal sudah Dipupuk dan Disiram Dengan Benar? Kenapa tanaman cabe pertumbuhannya lambat dan kerdil meskipun sudah diberi pupuk, disiram dan dirawat dengan benar?

Penyebab Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil Walaupun Sudah Dipupuk

Ada beberapa penyebab pertumbuhan tanaman cabai lambat dan kerdil meskipun sudah dipupuk. Berikut ini penyebab tanaman cabai tumbuh kerdil ;

1). Kekurangan unsur hara (pupuk)
2). Over dosis pupuk
3). Serangan hama dan penyakit
4). pH tanah rendah
5). Kurang sinar matahari
6). Kompetisi penyerapan unsur hara
7). Tanah keras

Cara Mengatasi Pertumbuhan Tanaman Cabai Lambat dan Kerdil

Penanganan pertumbuhan tanaman cabe yang lambat dan kerdil diseuaikan dengan penyababnya. Perlakuan yang tepat akan menghasilkan tanaman cabe yang sehat dan subur. Berikut ini cara mengatasi tanaman cabe tumbuh lambat dan kerdil sesuai dengan penyebabnya.

Cara mengatasi tanaman cabai tumbuh lambat dan kerdil/mitalom.com

1). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena Kekurangan Unsur Hara

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tanaman cabe membutuhkan 16 jenis unsur hara makro dan mikro. Unsur hara dapat diperoleh dengan pemberian pupuk, baik pupuk organik maupun anorganik. Unsur hara makro seperti N, P, K, Ca, dan Mg dibutuhkan dalam jumlah banyak (sesuai kebutuhan). Sedangkan unsur hara mikro, meskipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun wajib diberikan. Untuk mengatasi tanaman cabai yang lambat pertumbuhannya dan kerdil, unsur hara harus diberikan seusai dengan porsinya melalui pemupukan dan penyemprotan.

Baca juga  Penyebab Kerontokan Bunga dan Buah Cabe Serta Cara Pencegahannya

2). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena Over Dosis Pupuk

Kelebihan pupuk atau overdosis dapat menyebabkan tanaman keracunan pupuk dan pertumbuhannya lambat dan kerdil. Lakukan pemupukan seusia dengan kebutuhan. Jika tanaman cabe sudah terlanjur keracunan pupuk, berikan kapur dolomit untuk mempercepat pemulihan dan tanaman cabai normal kembali.

3). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe, akibatnya pertumbuhannya lambat dan kerdil. Semprotkan pestisida sesuai denga sasarannya untuk mengendalikan serangan hama maupun penyakit pada tanaman cabe. Contoh hama penyebab tanaman cabai tumbuh kerdil dan lambat dalah puru akar yang menyerang area perakaran. Taburkan karbofuran secukupnya pada pangkal batang dan area perakaran tanaman cabe untuk mengatasinya.

4). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena pH Tanah Rendah (Asam)

Tanaman cabai tidak dapat tumbuh dengan normal pada tanah yang pH-nya rendah atau masam, kenapa? Sebab pada tanah yang masam, unsur hara tidak dapat diserap dengan baik oleh akar tanaman cabe. Cara mengatasinya yaitu dengan menaikkan pH tanah, yakni dengan pengapuran dengan dosis sesuai kebutuhan. Tanaman cabe dapat tumbuh dengan baik pada pH 5-7.

5). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena Kekurangan Sinar Matahari

Tanaman cabai membutuhkan sinar matahari secara penuh, jika terlindung dan tidak mendapatkan sinar matahari tanaman cabai pertumbuhannya akan lambat dan kerdil. Solusinya tanamlah cabe pada lahan yang terbuka dan tidak terlindung oleh pepohonan.

6). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena Adanya Kompetisi Penyerapan Unsur Hara

Kompetisi penyerapan unsur hara bisa terjadi antara tanaman cabe dan gulma atau pepohonan besar disekitarnya. Hal ini menyebabkan tanaman cabe kekurangan unsur hara dan pertumbuhannya lambat dan kerdil. Usahakan menanam cabe pada lahan yang tidak terlalu dekat dengan pepohonan besar. Kendalikan gulma disekitarnya agar tanaman cabe tumbuh subur dan bebas hama penyakit.

Baca juga  Cara Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman Cabe

7). Tanaman Cabe Tumbuh Lambat dan Kerdil Karena Tanah yang Keras

Tanaman cabe dapat tumbuh subur dan normal pada tanah yang gembur dan porous. Pada tanah yang keras, pertumbuhan akar tanaman cabe terhambat dan sulit menyerap unsur hara. Selain itu kadar oksigen pada tanah yang padat dan keras sedikit. Lakukan pengolahan lahan dengan baik agar tanah menjadi gembur, jika perlu berikan sekam bakar untuk membuat tanah menjadi gembur dan porous.

Demikian tentang “Cara Mengatasi Pertumbuhan Tanaman Cabe Lambat dan Kerdil” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...