Loading...

Jenis-jenis Merk Dagang Racun Obat Pembeku BIJI RUMPUT (Herbisida Pratumbuh)

Jenis dan Nama Herbisida Pembasmi (Pembeku) Biji Rumput

Pestisida – Menurut wikipedia, rumput adalah tumbuhan monokotil yang memiliki daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang.

Rumput seringkali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat atau pakan ternak. Namun rumput juga dianggap tumbuhan pengganggu apabila tumbuh diantara tanaman budidaya.

Rumput dan tumbuhan liar lainnya yang tumbuh di lahan pertanian dianggap sebagai gulma. Pengertian gulma yaitu tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian.

Gulma yang tumbuh diantara tanaman budidaya dapat mengganggu pertumbuhan tanaman utama yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap produksi tanaman utama.

Gulma yang dibiarkan tumbuh pada lahan pertanian akan menurunkan produksi karena terjadi persaingan menyerap nutrisi, air dan sinar matahari.

Loading...

Pengendalian gulma bisa dilakukan secara manual yaitu penyiangan menggunakan cangkul atau tangan, atau menggunakan racun rumput (herbisida)

Mengenal Jenis-jenis Herbisida Pembasmi Gulma

Herbisida atau yang dikenal dengan racun rumput adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh rumput dan tumbuhan liar.

Berdasarkan waktu aplikasinya, herbisida dibedakan menjadi dua jenis yaitu herbisida pratumbuh (preemergence herbicide) dan herbisida purnatumbuh (postemergence herbicide).

Herbisida pratumbuh adalah jenis atau type herbisida yang diaplikasikan setelah lahan diolah atau sebelum rumput (gulma) tumbuh. Sasaran utama herbisida pratumbuh yakni biji rumput agar tidak tumbuh dan mengganggu tanaman.

Sedangkan herbisida purnatumbuh yaitu herbisida yang diaplikasikan pada gulma yang sudah tumbuh. Akan lebih efektif apabila diaplikasikan pada saat gulma tumbuh aktif dan sebelum gulma berbunga.

Herbisida purnatumbuh dapat membunuh batang dan daun pada hampir semua jenis gulma, baik gulma daun lebar maupun gulma daun sempit. Namun tidak membunuh biji dari gulma tersebut.

Sehingga seringkali kita alami setelah gulma mati akan tumbuh biji-biji gulma tersebut yang populasinya lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk mencegah biji-biji rumput tumbuh diperlukan aplikasi herbisida pratumbuh, yaitu jenis herbisida untuk membunuh biji rumput. Para petani umumnya menyebut herbisida jenis ini dengan sebutan “racun obat pembeku biji rumput“.

Jenis herbisida pratumbuh sangat efektif dalam pengendalian gulma, karena dapat mencegah tumbuhnya biji-biji rumput liar atau gulma pengganggu tanaman utama.

Penggunaan herbisida pratumbuh ini dianggap efektif dalam menekan biaya produksi karena frekuensi penyemprotan herbisida dapat diturunkan.

Perlu diingat !!! Meskipun herbisida memiliki banyak manfaat dan sangat membantu pekerjaan petani, namun tetaplah bijak dalam menggunakannya karena herbisida memiliki efek negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Nama Racun Biji Rumput (Obat Pembeku Biji Rumput)

Jenis-jenis Herbisida Pratumbuh (Merk Dagang Obat Racun Pembeku Biji Rumput)

Saat ini, banyak sekali nama obat pembeku biji rumput (herbisida pratumbuh) yang dengan mudah dapat kita temukan di toko-toko pertanian. Banyak produsen yang meluncurkan produk herbisida pratumbuh dengan merk dagang beraneka ragam.

Berikut ini beberapa jenis nama racun biji rumput (herbisida pratumbuh) dan bahan aktifnya :

Merk Dagang Herbisida Pratumbuh
No Merk Dagang Bahan Aktif Perusahaan
1 Abos 240 EC Oksifluorfen PT. Advansia Indotani
2 Bellmac 240 EC Oksifluorfen PT. Royal Agro Indonesia
3 Goal 240 EC Oksifluorfen PT. Dow AgroSciences Indonesia
4 Golok 240 EC Oksifluorfen PT. Deltagro Mulia Sejati
5 Goltop 240 EC Oksifluorfen PT. Multi Sarana Indotani
6 Zeram 250 EC Oksifluorfen PT. Petrosida Gresik
7 Eclipse 240 EC Oksifluorfen PT. Mekar Warna Sari
8 Golma 240 EC Oksifluorfen PT. Indagro
9 Gull 240 EC Oksifluorfen PT. Agrokimindo Kurniabuana
10 Becano 500SC indaziflam PT. Bayer Indonesia
11 Esplanade 22WG indaziflam PT. Bayer Indonesia
12 Boral 480SC sulfentrazon PT. Bina Guna Kimia
13 Sunmax 500SC sulfentrazon PT. Rainbow Agroscienses

Herbisida pratumbuh bahan aktif Oksifluorfen dapat diaplikasikan pada lahan tanaman bawang merah, kakao, kapas, karet, kedelai, kelapa sawit, padi gogo, padi sawah, tebu, teh, ubi kayu (singkong).

Herbisida Pratumbuh dan Purnatumbuh
No Merk Dagang Bahan Aktif
1 Ally Plus 27WP metil metsulfuron; etil klorimuron; dan 2.4 D natrium
2 Calaris 550SC Mesotrion; Atrazin
2 Council Complete 300SC triafamon; tefuriltrion
3 Serendy 28WP bispiribak sodium; pirazosulfuron
4 Thiosida 6GR tiobencarb; 2.4 D IBE

Demikian tentang “Jenis-jenis Nama Merk Dagang Racun Obat Pembeku Biji Rumput“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...