Loading...

Inilah 6 Penyebab Tanaman Cabai Tumbuh Lambat dan Kerdil Meskipun Sudah Dipupuk

Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil

Budidaya Hortikultura & Tanaman Pangan – Kadangkala tanaman cabai yang kita tanam dan kita rawat dengan baik pertumbuhannya tidak normal, tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Kenapa tanaman cabai tumbuh kerdil? Padahal cara budidaya yang diterapkan sudah benar, seperti pengolahan lahan, pemupukan, penyiraman, pengendalian hama dan penyakit serta menggunakan benih unggul namun pertumbuhan tanaman cabai lambat dan kerdil.

Kasus seperti seringkali terjadi, dimana terdapat beberapa tanaman cabai yang tumbuh kerdil sementara tanaman yang lainnya tumbuh normal.

Untuk tumbuh dan berkembang tanaman cabai membutuhkan nutrisi atau makanan yang berupa unsur hara.

Agar dapat tumbuh normal dan menghasilkan buah yang baik, tanaman cabai memerlukan unsur hara yang lengkap.

Loading...

Tanaman cabai membutuhkan 6 jenis unsur hara makro dan 7 jenis unsur hara mikro dengan jumlah yang cukup.

Unsur hara makro adalah unsur hara utama yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, yaitu nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), sulfur (S), calsium (Ca) dan magnesium (Mg).

Sedangkan unsur hara mikro antara lain klor (Cl), zat besi (Fe), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (Zn), boron (B) dan molibdenum (Mo). Unsur hara mikro dibutuhkan hanya sedikit.

Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil Padahal sudah Dipupuk dan Disiram Dengan Benar?

Kenapa tanaman cabe pertumbuhannya lambat dan kerdil meskipun sudah diberi pupuk, disiram dan dirawat dengan benar?

Jika mengalami kasus seperti ini, berarti masalah bukan pada pemupukan dan pemeliharaan, namun ada masalah lain yang terkait dengan hal tersebut.

Sumber masalah bisa saja karena pemupukan yang tidak tepat, misalnya over dosis atau terlalu sedikit pupuk yang diberikan.

Bisa juga karena hama maupun penyakit yang biasanya menyerang pangkal abatang dan akar sehingga tidak mampu menyerap unsur hara.

Baca juga  Cara Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman Cabe

Penyebab yang lainnya adalah pH tanah yang rendah. Tanaman cabai tidak dapat tumbuh dengan baiak pada tanah masam atau tanah dengan pH rendah.

Penyebab Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil Walaupun Sudah Dipupuk

Ada beberapa penyebab pertumbuhan tanaman cabai lambat dan kerdil meskipun sudah dipupuk. Berikut ini penyebab tanaman cabai tumbuh kerdil ;

Tanaman cabai tumbuh kerdil walaupun sudah dipupuk/mitalom.com

1). Kekurangan unsur hara (pupuk)

Sudah dipupuk tapi tanaman cabai tumbuh lambat dan kerdil? Meskipun sudah dipupuk tetapi jumlahnya sedikit menyebabkan tanaman cabai tumbuh lambat dan kerdil karena kekurangan unsur hara. Lakukan pemupukan dengan dosis yang disesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah.

2). Over dosis pupuk

Tanaman cabai tumbuh kerdil meskipun sudah dipupuk bisa jadi disebabkan karena kelebihan atau over dosis pupuk. Over dosis pupuk menyebabkan akar tanaman cabai mati dan membusuk sehingga akar tidak lagi memiliki kemampuan menyerap unsur hara.

3). Serangan hama dan penyakit

Penyebab tanaman cabai tumbuh lambat dan kerdil berikutnya adalah serangan hama dan penyakit, terutama yang menyerang akar dan pangkal batang. Hama yang biasanya menyeran akar tanaman cabai adalah nematoda puru akar. Hama ini menyerang rambut-rambut akar sehingga akar tidak mampu menyerap unsur hara.

4). pH tanah rendah

pH tanah sangat berpegaruh terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Jika pH tanah rendah atau masam meskipun sudah dipupuk tanaman cabe tidak akan tumbuh dengan normal. Kondisi pH tanah yang rendah (masam) akan menghambat penyerapan unsur hara oleh tanaman sehingga tanaman tumbuh kerdil.

5). Kurang sinar matahari

Tanaman cabai membutuhkan sinar matahari penuh agar pertumbuhan dan produksinya normal. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan tanaman cabai tumbuh lambat dan kerdil.

6). Kompetisi penyerapan unsur hara

Kompetisi dalam menyerap unsur hara oleh tanaman lain akan menyebabkan tanaman cabai tumbuh kerdil karena kekurangan makanan. Kompetisi bisa terjadi antara tanaman cabai dan gulma atau tanaman keras lainnya yang ada disekitar tanaman cabai.

Baca juga  Jenis-Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabai

Demikian tentang “Sudah Dipupuk, Tapi Tanaman Cabai Tumbuh Kerdil?” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...