Loading...

Dosis Pupuk ULTRADAP – Kandungan dan Manfaat Pupuk Ultradap untuk Tanaman Pangan, Sayuran dan Buah-buahan

Kandungan dan Manfaat Pupuk ULTRADAP

Pupuk dan Pemupukan – Pupuk ULTRADAP adalah pupuk mono amonium fosfat yang dapat diaplikasikan melalui tanah, daun dan sistem hidroponik.

Pupuk ultradap berbentuk kristal berwarna putih yang 100% larut dalam air (Water Soluble). Aplikasi pupuk ini dapat dilakukan dmelalui daun dengan cara disemprot, melalui akar (ditabur) maupun dengan sistem irigasi tetes.

Pupuk larut air (Soluble Fertilizer) ini cocok untuk semua jenis tanaman budidaya, baik tanaman pangan seperti padi dan kedelai, hortikultura maupun tanaman perkebunan.

Sangat baik untuk tanaman buah atau sayuran buah seperti kacang panjang, mentimun, tomat, pare, gambas/oyong, buncis dan lain sebagainya.

Kandungan Pupuk ULTRADAP

Pupuk ULTRADAP merupakan pupuk majemuk dengan kandungan dua unsur hara makro primer yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Loading...

Kandungan hara pupuk ultradap yaitu phospat (P) dan nitrogen (N), dengan persentase kandungan sebesar 60% P dan 12% N.

Dengan kandungan P yang tinggi, pupuk ultradap cocok diaplikasikan pada awal pertumbuhan hingga masa pembuahan.

Pupuk ultradap mengandung unsur fosfat dalam bentuk P2O5 dan nitrogen yang 100% larut air sehingga tidak menyumbat alat semprot pada aplikasi daun.

Manfaat dan Kegunaan Pupuk ULTRADAP

Pupuk ULTRADAP memiliki manfaat dan kegunaan yang penting pada semua fase pertumbuhan tanaman, baik fase pertumbuhan vegetatif maupun fase pertumbuhan generatif.

Dengan kandungan nitrogen dan fosfat yang tinggi, pupuk ultradap cocok diaplikasikan di awal pertumbuhan hingga masa pembuahan.

Manfaat dan kegunaan pupuk ultradap antara lain sebagai berikut ;
1). Merangsang pertumbuhan akar,
2). Berperan penting dalam pembentukan batang,
3). Merangsang pembentukan bunga,
4). Melebatkan buah, meningkatkan persentase terbentuknya bunga menjadi buah
5). Mencegah bunga gugur/rontok
6). Melebatkan bunga pada tanaman hias bunga.
7). Memacu pertumbuhan jaringan tanaman yang membentuk titik tumbuh tanaman
8). Menyusun dan menstabilkan dinding sel, sehingga daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit meningkat
9). Membuat tanaman lebih hijau
10). Mempercepat pertumbuhan tanaman (tinggi, jumlah anakan, tunas dan cabang)
11). Meningkatkan kandungan protein hasil panen

Pupuk ULTRADAP dapat diaplikasikan untuk tanaman padi, kedelai, kacang hijau, cabai, melon, tomat, terung, kentang, semangka, mentimun, kacang panjang, apel, mangga, kelengkeng, anggur, strowberi, tanaman hias bunga dan lain sebagainya.

Baca juga  Perbedaan Pupuk ULTRADAP dan MKP : Jangan Keliru !! Berikut Manfaat dan Waktu Aplikasi MKP dan Ultradap yang Benar

Cara Menggunakan Pupuk ULTRADAP

Pupuk ultradap berbentuk kristal yang larut air tanpa endapan sehingga dapat digunakan dengan berbagai sistem aplikasi, yaitu disemprotkan ke daun, ditabur maupun dengan sistem irigasi tetes dan hidroponik.

Cara aplikasi pupuk ultradap dapat dilakukan mulai tanaman umur 7 hari setelah tanam (HST) hingga menjelang masa pembentukan pembungaan.

Ultradap/mitalom.com

Aplikasi awal dilakukan dengan cara dikocor untuk merangsang pembentukan batang dan merangsang pertumbuhan akar-akar baru sehingga tanaman cepat tumbuh dan berkembang.

Berapa hari sekali penyemprotan pupuk ultradap? Untuk merangsang pembentukan bunga, aplikasi pupuk ultradap dilakukan dengan cara disemprotkan ke daun dan keseluruh bagian tanaman dengan interval 7 hari sekali.

Dosis Pupuk ULTRADAP

Takaran untuk pupuk ultradap bisa menggunakan sendok makan atau timbangan, namun lebih prakstis dan simpel pakai sendok makan. Pertanyaannya, 1 sendok makan itu berapa gram?

Satu sendok makan pupuk ultradap kurang lebih 10 – 15 gram (tergantung kecekungan sendok yang digunakan). Berapa dosis pupuk ultradap untuk aplikasi semprot dan kocor?

Berikut ini dosis menggunakan pupuk ultradap dengan cara disemprotkan dan sistem kocor ;

a). Dosis ULTRADAP dengan cara disemprotkan

Untuk aplikasi dengan cara penyemprotan, dosis pupuk ultradap adalah 2 – 4 gram perliter air (30 – 60 gram per tangki semprot 15 liter). Atau setara dengan 2 – 4 sendok makan per tangki semprot 15 liter.

b). Dosis ULTRADAP dengan cara dikocor

Untuk aplikasi dengan cara dikocorkan atau disiramkan, dosis pupuk ultradap adalah 5-10 sendok makan dilarutkan dengan 10 liter air untuk 50 tanaman atau 200 cc larutan ultradap per tanaman.

Demikian tentang “Dosis Pupuk ULTRADAP : Kandungan dan Cara Menggunakan Pupuk Ultradap” Semoga bermanfaat…

Baca juga  Pupuk ULTRADAP untuk Padi : Lengkap dengan Manfaat dan Dosis Aplikasinya

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...