Loading...

Cara Menggunakan Pupuk NPK MUTIARA pada Tanaman Hias dan Bunga

Dosis dan Aplikasi Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman Hias dan Bunga

Tanaman Hias – NPK Mutiara merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung unsur hara N, P dan K.

Pupuk ini mengandung unsur hara yang lengkap dan seimbang, kadar kandungannya yaitu Nitrogen (N) 16%, Posphor (P) 16% dan Kalium (K) 16%.

Pupuk NPK bermanfaat untuk memacu pertumbuhan vegetatif maupun generatif. Kandungan N, P dan K yang seimbang membuat pupuk fast release ini cocok untuk semau jenis tanaman.

Unsur hara nitrogen (N), posphor (P) dan kalium adalah unsur hara esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, tak terkecuali tanaman hias.

Pupuk NPK Mutiara berbentuk granular (butiran) berwarna biru muda yang mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh akar tanaman.

Loading...

NPK Mutiara cocok untuk berbagai macam jenis tanaman hias, baik tanaman hias daun, tanaman hias batang maupun tanaman hias berbunga.

Manfaat pupuk NPK Mutiara untuk tanaman hias yaitu untuk memacu pertumbuhan secara keseluruhan, yakni pertumbuhan daun, batang, bunga dan buah.

Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara pada Bunga/Tanaman Hias

Pupuk NPK mutiara mudah digunakan atau diaplikasikan, bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga atau siapa saja pehoby tanaman hias.

Pupuk NPK Mutiara untuk tanaman hias/Ani Rohani Panjaitan

Pupuk ini dapat diaplikasikan langsung dengan cara ditaburkan atau dilarutkan dengan air terlebih dahulu.

Bagaimana cara menggunakan pupuk NPK Mutiara pada tanaman hias atau bunga?

1. Cara Aplikasi NPK Mutiara Untuk Tanaman Hias/Bunga Dengan Cara Ditabur

Cara yang pertama ini relatif lebih mudah dan praktis, karena kita tidak perlu repot menggunakan alat-alat seperti ember, gayung dan lain-lainnya. Caranya cukup dengan menaburkan pupuk pada media tanam tanaman hias secukupnya.

Baca juga  12 Cara Pemberian Pupuk NPK MUTIARA pada Cabai, Tomat, Terung, Kubis, Brokoli dan Tanaman Sayuran Lainnya

Pupuk NPK Mutiara ditaburkan disekeliling batang tanaman, tetapi jangan terlalu dekat supaya tanaman bunga/tanaman hias tidak mati keracunan pupuk. Pupuk ditabur dengan jarak 5 – 10 cm dari batang tanaman hias.

2. Cara Aplikasi NPK Mutiara Untuk Tanaman Hias/Bunga Dengan Cara Dikocorkan

Cara menggunakan pupuk NPK pada tanaman hias/bunga dengan cara dikocor sedikit lebih ribet dari cara pertama di atas. Karena kita harus menyiapkan beberapa peralatan yaitu ember, gayung, pengaduk dan air tentunya.

Langkah pertama yaitu menyiapkan pupuk dan semua keperluan yang dibutuhkan. Kemudian pupuk NPK dilarutkan dengan air, selanjutnya larutan pupuk NPK Mutiara tersebut dikocorkan pada akar tanaman hias/bunga.

Cara kedua ini memang sedikit lebih ribet, akan tetapi punya kelebihan yaitu lebih hemat pemakaian pupuk dan pupuk yang diberikan lebih cepat diserap oleh akar tanaman.

Dosis Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman Hias/Bunga

Berapa dosis pupuk NPK Mutiara untuk pemupukan tanaman hias/bunga? Dosis disesuaikan dengan umur tanaman, untuk tanaman hias yang masih kecil berikan sedikit pupuk NPK Mutiara. Pemupukan selanjutnya dosis ditambah sedikit demi sedikit. Berikut ini dosis pupuk NPK Mutiara untuk tanaman hias dan bunga ;

1. Dosis pupuk NPK Mutiara pada tanaman hias atau bunga dengan cara ditabur.

Tanaman hias baru tanam (umur 10-15 hari) adalah 1 sendok teh untuk satu pot tanaman hias. Pemupukan selanjutnya dosis ditambah menjadi 1 sendok makan (kurang lebih 10-15 gram) per tanaman, ditaburkan disekeliling batang tanaman hias atau bunga. 1 sendok makan NPK Mutiara berapa gram sih? ya kurang lebih 10-15 gram tergantung ukuran sendoknya.

2. Dosis pupuk NPK Mutiara pada tanaman hias dengan cara dikocor .

1 (satu) sendok makan NPK Mutiara dilarutkan dengan 12 liter air, kemudian dikocorkan 200 ml pertanaman (untuk tanaman hias baru tanam). 1 sendok makan pupuk NPK dilarutkan dengan 1 liter air kemudian dikocorkan 250 – 300 ml pertanaman, sesuaikan dengan umur tanaman hias.

Baca juga  Fungsi Pupuk NPK 16-16-16

Demikian tentang “Dosis dan Cara Menggunakan Pupuk NPK MUTIARA pada Tanaman Hias atau Bunga” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...