Loading...

Cara Mencampur PUPUK DAUN, INSEKTISIDA dan FUNGISIDA !! Ini Syarat dan Ketentuannya

Pupuk Daun Bolehkah Dicampur Insektisida?

Budidaya Hortikultura & Tanaman Pangan – Sampai saat ini masih banyak yang berasumsi bahwa pupuk daun adalah pupuk untuk menyuburkan atau merangsang pertumbuhan tunas dan daun.

Yang benar pupuk daun adalah pupuk yang diaplikasikan atau cara aplikasinya melalui penyemprotan pada daun/seluruh bagian tanaman. Karena aplikasinya pada daun maka disebut pupuk daun.

Nah, dalam aplikasinya pupuk daun seringkali dikombinasikan dengan insektisida atau fungisida dalam satu aplikasi untuk efektifitas pekerjaan tentunya.

Bayangkan jika pupuk daun, insektisida dan fungisida diaplikasikan tunggal, satu jenis satu kali aplikasi setiap hari pekerjaan kita hanya menyemprot tanaman saja kan?

Tentu ini sangat tidak efektif karena kita juga punya banyak pekerjaan penting lainnya yang harus dikerjakan.

Loading...

Untuk menghemat waktu dan tenaga kita melakukan mixing (pencampuran) pestisida dan pupuk daun dalam satu kali aplikasi penyemprotan.

Apakah Pupuk Daun Boleh Dicampur Insektisida atau Fungisida?

Bolehkah insektisida dicampur pupuk daun dalam sekali aplikasi? Boleh, pupuk daun boleh dicampur dengan insektisida. Pupuk daun dan insektisida berperan penting dalam meningkatkan hasil agar optimal.

Pupuk daun mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Penyemprotan pupuk daun bertujuan untuk memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam upaya mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi.

Cara mencampur pupuk daun, insektisida dan fungisida/mitalom.com

Sedangkan insektisida diaplikasikan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang tujuannya juga sama, yaitu untuk meningkatkan hasil.

Pupuk daun dan insektisida saling bersinergi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Pencampuran pupuk daun dan insektisida boleh dilakukan dengan beberapa ketentuan agar tujuan pengaplikasiannya tercapai. Berikut ini ketentuan dalam mencampur insektisida dan pupuk daun.

Baca juga  Wajib Tahu !!! Ini Daftar Bahan Aktif FUNGISIDA yang Tidak Boleh Dicampur

Syarat dan Ketentuan Mencampur Pupuk Daun dan Insektisida/Fungisida

Bagaimana Cara Mencampur Pupuk Daun dan Insektisida? Apa saja yang harus diperhatikan dalam mencampur insektisida dan pupuk daun?

Dalam mencampur pupuk daun dan insektisida tidak boleh dilakukan asal-asalan, harus berhati-hati agar fungsinya tidak terganggu.

Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam mencampur pupuk daun dan insektisida, agar pupuk daun dan insektisida tetap bekerja sesuai dengan perannya masing-masing.

Berikut ini syarat dan ketentuan dalam mencampur insektisida/fungisida dan pupuk daun :

1). Pilih pupuk daun yang memiliki pH larutan netral atau mendekati (pH 5,5-7,0) terutama yang mengandung unsur-unsur mikro dalam bentuk chellate, yaitu micronsel.
2). Pupuk daun seperti pada paoin (1) bisa dicampur dengan insektisida maupun fungisida yang berformulasi WP, EC, EW dan E.
3). Untuk insektisida atau fungisida yang larut air dengan formulasi AS, SL, SP, SC, WSC, sebaiknya dilakukan uji kompatibilitas terlebih dahulu (sebab ada bebera jenis yang tidak kompatibel)
4). Cara uji kompatibilitas :
> larutkan pupuk daun dengan air
> larutkan insektisida atau fungisida dengan air
> campurkan kedua larutan
> jika tidak terjadi apa-apa, seperti gumpalan berarti boleh dicamur. Tapi jika terjadi gumpalan sebaiknya tidak dicampur atau diaplikasikan terpisah.

Demikian tentang “Cara Mencampur PUPUK DAUN, INSEKTISIDA dan FUNGISIDA !! Ini Syarat dan Ketentuannya” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...