Cara Membuat MOL Bonggol Pisang

Fungsi dan Manfaat MOL Bonggol Pisang

Info Praktis – Banyak sekali manfaat dari sebatang tanaman pisang. Mulai dari daun, jantung, buah, batang serta bonggolnyapun bermanfaat. Bonggol pisang selain sebagai bahan membuat ZPT alami juga sangat baik digunakan untuk membuat MOL (Mikro Organisme Lokal). Seperti kita ketahui bahwa bonggol pisang mengandung hormon tumbuhan yakni giberelin dan sitokinin. Bonggol pisang juga mengandung mikro organisme yang berguna bagi tanaman. Diantaranya adalah ; mikroba pelarut phospat, aspergilus, azospirillium, aeromonas, bacillus, mikroba selulotik dan azotobacter.

fungsi MOL bonggol pisang

Membuat MOL Bonggol Pisang


MOL bonggol pisang sesuai dengan kandungannya (giberelin dan sitokinin) berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman. MOL bonggol pisang juga bermanfaat sebagai pengurai (dekomposer) pada pembuatan pupuk kompos.

Bahan Membuat MOL Bonggol Pisang

1. Bonggol pisang 1 kg
2. Gula merah 2 ons
3. Leri/air cucian beras 2 liter

Cara Membuat MOL Bonggol Pisang

1. Bonggol pisang dilumatkan atau diblender
2. Larutkan gula merah dengan air cucian beras
3. Masukkan semua bahan ke dalam jerigen, tutup rapat
4. Fermentasikan selama 2 minggu
5. Buka tutup setiap pagi selama -/+ 5 menit untuk membuang gas yang terbentuk agar tidak meledak

Cara Menggunakan

1. Untuk Penyemprotan ; 150 ml MOL dicampur dengan air bersih 14 liter. Semprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman..
2. Untuk Pembuatan Kompos ; campurkan 1 liter MOL dengan 5 liter air, tambahkan gula merah 1 ons. aduk sampai larut dan semprotkan atau disiramkan pada bahan kompos.

Demikian cara membuat MOL bonggol pisang, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...