Manfaat Daun BINAHONG untuk Penyakit TIROID Lengkap dengan Cara Meramunya Sebagai Obat

Khasiat Binahong untuk Kelenjar Tiroid

Tanaman Obat – Binahong atau Bassela rubra linn,adalah tanaman merambat yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi, berumur panjang dan bisa mencapai hingga panjang 5m. Tanamn yang dapat dikembangkan melalui biji dan rimpangnya ini diduga berasal dari amerika selatan, walaupun adapula yang menyebutnya berasal dari tiongkok dan korea.

Tanaman yang danunnya berbentuk seperti hati ini sejak jaman dahulu sudah dikenal masyarakat cina sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional.

Berdasarkan penelitian, binahong mengandung saponin, alkaloid, poifenol, flavanoid, asam oleanolik, protein, dan vitamin c dalam bentuk asam askorbat. Binahong juga tinggi akan antioksidan dan bersifat antivirus, antikangker serta mempercepat pemulihan luka. Salah satu manfaat binahong adalah dapat menyembuhkan penyakit tiroid, berikut penjelasannya.

Apa itu Penyakit Tiroid?

Penyakit TIROID merupakan gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid. Apa itu kelenjar tiroid? Kelenjar tiroid adalah organ tubuh yang berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher, tepatnya dibawah jakun.

Kelenjar ini berfungsi memproduksi hormon tiroid yang bertugas mengontrol metabolism tubuh, pernapasan, detak jantung, system syaraf, berat badan, suhu tubuh,dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa gangguan pada kelenjar tiroid.

1). Hipotiroidisme, Kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid
2). Hipertiroidisme, kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormone tiroid
3). Penyakit gondok, kondisi dimana terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid
4). Nodul Tiroid, kondisi dimana terdapat benjolan padat atau berisi air pada kelenjar tiroid

Penyebab PENYAKIT TIROID

Gangguan pada kelenjar tiroid dapat disebabkan oleh beberapa factor, seperti :

1). Penyakit Graves dan Hashimoto, kedua penyakit ini adalah penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh sehingga tubuh atau kelenjar tiroid menghasilkan hormone tiroid yang berlebih dan menyebabkan terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid (gondok).

2). Kekurangan iodine atau yodium, iodine atau yodium merupakan bagian dari hormone kelenjar gondok tiroksida. Kekurangan iodine dapat menyebabkan kekerdilan dan penyakit gondok.

3). Paparan Asap Rokok, asap rokok mengandung senyawa tiosinat yang bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memanfaatkan yodium.

4). Ketidakseimbangan hormone dalam tubuh, saat hormone dalam tubuh tidak seimbang makan fungsi kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormone juga dapat terganggu. Ketidakseimbangan hormone dapat terjadi karena kehamilan, pubertas, atau meopouse.

5). Pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat mengganggu kinerja dari kelenjar tiroid dalam mengahsilkan hormone tiroid, salah satunya yaitu mengkonsumsi obat-obatan litium yang biasa digunakan untuk penanganan depresi atau bipolar.

6). Terkena Kanker Tiroid, kangker tiroid dapat memperngaruhi kinerja dari kelenjar tiroid dan harus cepat mendapatkan penanganan medis.

Gejala PENYAKIT TIROID

Gejala utama penyakit tiroid antara lain ;
– berat badan menurun,
– keringat yang berlebih,
– jantung berdebar,
– rambut rontok,
– gangguan tidur,
– kelelahan,
– gangguan menstruasi,
– nyeri otot,
– sulit berkonsentrasi
– Libido menurun
– Peningkatan kadar kolesterol darah
– Mudah marah atau emosi
– Dorongan seksual menurun
– Kemandulan

Cara Pengobatan Penyakit Tiroid

a). Pengobatan Penyakit Tiroid Secara Medis

Pengobatan pada penyakit tiroid secara medis biasanya meliputi, Pemberian obat-obatan, terapi radioaktif sampai prosedur

operasi. Obat-obatan yang diberikan pada penderita penyakit tiroid umumnya memiliki fungsi meliputi :

– Menggantikan hormone tiroid dalam tubuh
– Menurunkan hormone tiroid dalam tubuh
– Menghancurkan sel-sel tiroid dalam tubuh
– Serta fungsi obat-obatan lain sesuai gejala yang diderita.

b). Cara Pengobatan Penyakit Tiroid Secara Tradisional dengan Binahong

Dalam pengobatan tradisional salah satunya kita dapat mengkonsumsi daun binahong untuk mengatasi gangguan pada kelenjar tiroid. Berikut cara membuat obat penyakit tirid menggunakan tanaman binahong.

  1. Ambil daun binahong 11 lembar, kunir putih dan temulawak masing-masing sebesar ibu jari sebanyak 7 buah, benalu pohon mangga 7 lemar, benalu pohon jeruk nipis 7 lembar, benalu pohon kelor 7 lembar, rebus semua bahan dengan 5 gelas sampai tersisa setengahnya. Minum 3-4 kali sehari, tiap minum tambahkan 1 sendok makan madu asli.

2. Bila tidak ada 3 jenis benalu diatas diganti dengan daun mahkota dewa 7 lembar, rebus dengan air 3-4 gelas.

3. Untuk kompres, buat ramuan dari daun ceremai 7 tangkai, dan simbar menjangan dan sirih temu rose 3 lembar. Tumbuh semua bahan hingga halus dan gunakan untuk kompres saat sedang beristirahat.

Demikian tentang “Manfaat Binahong untuk Penyembuhan Penyakit Tiroid“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!