Loading...

Pupuk Tanaman Hias Bunga, 7 Trik Sederhana agar Tanaman Bunga Cepat dan Rajin Berbunga

Pupuk Perangsang Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias – Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang memiliki bunga dan dimanfaatkan estetikanya untuk menghiasi pekarangan rumah.

Ya, tanaman hias bunga dihargai karena estetika bunganya, baik bentuk, warna maupun keunikan-keunikan lain yang dimilikinya.

Setiap jenis tanaman hias bunga memiliki ciri dan keunikan tersendiri. Nilai esetetika bunga juga relatif, tergantung penilaian masing-masing.

Bunga adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari untuk menambah keindahan taman, halaman, pekarangan atau ruangan.

Namun bagaimana jika tanaman bunga anda tidak kunjung berbunga?

Tentu anda akan merasa sedih dan kecewa apabila tanaman bunga yang anda beli dengan harga mahal tak kunjung berbunga.

Loading...

Atau tanaman bunga yang anda tanam dan di rawat selama berbulan-bulan bahkan tahun ternyata bunganya sedikit.

Tanaman hias bunga tak ada artinya jika tidak berbunga. Tak perlu cemas dan tak harus membuang tanaman bunga anda, anda hanya perlu melakukan beberapa trik sederhana agar tanaman anda rajin berbunga.

Penyebab Tanaman Hias Bunga Tidak Mau Berbunga

Sebelum anda mencari solusi agar tanaman anda rajin berbunga, alangkah baiknya kenali dulu penyebab mengapa tanaman tidak berbunga.

Seperti halnya manusia, tanaman hias bunga juga butuh tempat tinggal yang nyaman dan makanan untuk hidup bahagia.

Tanaman hias bunga/yourcommunitycouncil.co.uk

Tempat atau lokasi yang tidak sesuai akan membuat tanaman stress dan enggan untuk berbunga. Berikut ini beberapa penyebab tanaman hias bunga malas berbunga ;

1. Kurang Sinar Matahari

Tanaman hias bunga umumnya membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk hidup normal dan rajin berbunga. Penempatan tanaman bunga di tempat terlindung atau kurang cahaya matahari adalah salah satu penyebab tanaman hias malas berbunga.

Baca juga  Tak Sepopuler Aglaonema, Berikut Daftar Tanaman HIAS DAUN MERAH yang Mulai Dilirik !!!

2. Terlalu Subur

Tanaman bunga yang terlalu subur akan memperlambat keluarnya bunga, daun-daun yang terlalu rimbun membuat bunga tidak lekas muncul.

3. Kurang Unsur Hara Makro

Unsur hara adalah nutrisi atau makanan bagi tanaman hias bunga yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, termasuk pembungaan. Kekurangan nutrisi tertentu membuat tanaman hias bunga enggan berbunga.

4. Kurang Unsur Hara Mikro

Yang dibutuhkan tanaman hias bunga bukan unsur hara makro saja. Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, unsur mikro juga penting untuk pembentukan bunga.

5. Kekeringan

Air sangat dibutuhkan oleh tanaman hias agar tanaman dapat tumbuh normal dan berbunga. Media tanam yang kering akan membuat tanaman hias bunga anda stress dan enggan berbunga.

6. Kualitas Bibit

Bibit dengan kualitas buruk akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman itu sendiri, termasuk proses pembungaan.

7. Media Tanam

Berikutnya adalah pengaruh media tanam, untuk tumbuh dengan sempurna tanaman hias bunga membutuhkan media tanam yang sesuai. Media tanam yang padat akan membuat tanaman hias anda malas berbunga.

Cara Agar Tanaman Bunga Cepat dan Rajin Berbunga

Kenapa tanaman hias saya tidak mau berbunga? Bagaimana cara agar tanaman bunga cepat berbunga? Apa pupuk agar tanaman bunga berbunga lebat? Bagaimana cara merangsang agar tanaman bunga rajin berbunga?

Pertanyaan-pertanyaan yang sering terlontar ketika tanaman hias bunga malas berbunga. Nah, setelah kita tahu penyebabnya, kita akan lebih mudah mengatasi tanaman bunga yang tidak mau berbunga? Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah trik dan cara agar tanaman hias bunga cepat dan rajin berbunga ;

1. Tempatkan tanaman bunga anda pada tempat yang terjangkau oleh sinar matahari, terutama sinar matahari pagi minimal hingga jam 10.00 pagi. Usahakan tanaman bunga anda sedikit terlindung disiang hari supaya tidak layu dan rusak bunganya.

Baca juga  Membuat Bibit MAWAR Berkualitas dengan Teknik Okulasi MATA BERKAYU

2. Tanaman hias bunga yang terlalu subur dan rimbun, sebaiknya daun-daunnya di kurangi agar tanaman bunga anda rajin berbunga. Kurangi penggunaan pupuk nitrogen agar daun tanaman tidak terlalu rimbun.

3. Beri pupuk NPK dengan kandungan P tinggi agar tanaman anda cepat berbunga. Pemberian pupuk untuk tanaman hias berbunga dapat dilakukan setiap 1-1,5 bulan sekali.

4. Selain unsur hara makro, tanaman bunga juga membutuhkan asupan unsur hara mikro yang bisa diperoleh dari pupuk daun (bukan pupuk untuk daun, tapi pupuk yang diaplikasikan melalui daun dengan cara disemprotkan). Pilih pupuk daun yang memiliki kandungan unsur boron/borat, cl dan P tinggi.

5. Tanaman hias bunga enggan berbunga jika sering kekeringan, lakukan penyiraman secukupnya agar tanaman hias anda tumbuh normal dan berbunga.

6. Gunakan bibit dengan kualitas baik agar tanaman hias anda cepat dan rajin berbunga. Untuk bunga yang diperbanyak dengan cara distek, pilih calon bibit yang berumur sedang (tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda).

7. Media tanam yang padat akan membuat tanaman hias bunga anda lamban berbunga, selain itu pertumbuhannya juga terganggu. Agar tanaman hias rajin berbunga, gunakan media tanam yang porous dan gembur serta mengandung nutrisi. Ganti media tanam yang sudah keras dan padat secara berkala.

Demikian tentang “7 Trik Sederhana Agar Tanaman Hias Bunga Cepat dan Rajin Berbunga” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...