Dosis, Jenis Pupuk dan Cara Pemberian PUPUK DASAR Tanaman Tomat Dimusim Hujan

Pupuk Dasar Tanaman Tomat Dimusim Hujan

Pupuk dan Pemupukan – Tanaman tomat dapat dibudidayakan dimusim hujan maupun musim kemarau, di dataran rendah, menengah maupun dataran tinggi.

Pupuk merupakan sumber nutrisi bagi tanaman untuk menunjang pertumbuhannya. Nutrisi atau unsur hara sejatinya sudah tersedia di dalam tanah, hanya saja ketersediaannya tidak mencukupi kebutuhan tanaman.

Penaburan pupuk dasar tanaman tomat dimusim hujan (Foto : mitalom.com)

Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus memberikan pupuk tambahan. Pupuk yang umum digunakan antara lain pupuk kimia, seperti SP36, Urea, NPK Phonska, KCl dan lain sebagainya.

Jenis Pupuk Dasar Tanaman Tomat Dimusim Hujan

Sebenarnya jenis pupuk dan cara pemupukan tanaman tomat di musim kemarau dan musim hujan tidak jauh berbeda. Kapanpun ditanam, tanaman tomat membutuhkan unsur hara makro dan mikro.

Pada musim kemarau pemeliharaan tanaman tomat memang lebih mudah dibandingkan dengan menanam tomat dimusim hujan.

Yang perlu diwaspadai ketika menanam tomat dimusim hujan adalah serangan hama dan penyakit. Curah hujan yang tinggi akan membuat tanah (media tanam) dan lingkungan menjadi lembab.

Pupuk dasar untuk tanaman tomat dimusim hujan antara lain adalah sebagai berikut ;

a). Pupuk SP36 atau TSP
b). Pupuk NPK (misalnya NPK Phonska, NPK Pelangi, NPK Mutiara, NPK Yara dll)
c). Pupuk Kalium (misalnya KCl, MKP, KNO3 Merah dll)
d). Pupuk Nitrogen (misalnya ZA, Urea dll)
e). Pupuk Kalsium (misalnya Kapur Pertanian/Dolomit)

Dosis Pupuk Dasar Tanaman Tomat Dimusim Hujan

Tanaman tomat dimusim hujan (Foto : mitalom.com)

Perlu diingat, lahan untuk menanam tomat dimusim hujan harus dibuat bedengan untuk menghindari genagan air ketika hujan turun.

Genangan air hujan mengakibatkan tanah menjadi lembab dan memicu perkembangan penyakit, terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Berikut dosis pupuk dasar tanaman tomat dimusim hujan (untuk 1000 tanaman);

1. Pupuk SP36 ; 10 kg
2. NPK Phonska ; 10 kg
3. Pupuk KCl ; 10 kg
4. Kapur pertanian/Dolomit ; 50 kg
5. Pupuk kandang

Cara Pemberian Pupuk Dasar Tanaman Tomat Dimusim Hujan

Pupuk dasar diberikan dengan cara ditugal pada lubang tanam atau ditabur merata di bedengan. Untuk hal ini, saya lebih suka menaburkan pupuk secara merata diatas bedengan kemudian ditutup kembali dengan tanah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini :

Tahapan penaburan pupuk yaitu pupuk kimia dicampur jadi satu kemudian ditaburkan, setelahnya ditabur pupuk kandang atau kompos.

Selanjutnya pupuk yang telah ditabur ditutup dengan tanah agar tidak hanyut ketika hujan turun atau menguap terkena sinar matahari.

Yang terakhir adalah kapur pertanian/dolomit ditaburkan merata diatas bedengan. Tunggu hingga tersiram hujan, kemudian bedengan ditutup dengan mulsa plastik.

Dosis pupuk kandang disesuaikan, maksudnya seberapa banyak yang kita punya. Pada daerah lahan gambut atau lahan dengan tingkat keasaman tinggi, dosis kapur pertanian/dolomit bisa ditambah, disesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian tentang “Dosis, Jenis dan Cara Pemberian Pupuk Dasar Tanaman Tomat Dimusim Hujan”. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!