9+ Manfaat Pupuk KCL untuk Tomat : Mencegah Bunga Rontok hingga Pembesar Buah

Pupuk KCL untuk Tomat

Pupuk & Pemupukan – Apa saja manfaat pupuk KCL untuk tanaman tomat? Pupuk KCL adalah salah satu jenis pupuk kimia (anorganik) tunggal dengan kandungan kalium konsentrasi tinggi, yaitu 60% K2O.

Pupuk KCL yang juga disebut sebagai pupuk MOP (Murriate of Potash) adalah pupuk dengan kandungan kalium dalam bentuk kalium klorida.

Pupuk KCL cocok digunakan pada berbagai jenis tanaman yang toleran terhadap unsur clorida, seperti tanaman tomat.

Kalium (K) merupakan salah satu unsur hara makro esensial dimana unsur ini dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah banyak.

8 Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman Tomat

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pupuk KCL mengandung unsur kalium tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman tomat.

Unsur kalium dibutuhkan tanaman tomat dalam jumlah banyak sesuai dengan fase pertumbuhannya. Pupuk KCL dibutuhkan oleh tanaman tomat sepanjang masa hidupnya, sejak awal pertumbuhan hingga tanaman menghasilkan.

Unsur kalium berperan vital dalam menunjang pertumbuhan dan produksi tanaman tomat, peran unsur ini tidak dapat digantikan oleh unsur lain.

Berikut ini manfaat pupuk KCL untuk tanaman tomat ;

1. Meningkatkan hasil panen tomat

Aplikasi pupuk KCL dapat meningkatkan hasil panen buah tomat. Rata-rata produksi tanaman tomat per pohon jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberi pupuk KCL.

2. Mencegah rontok bunga tomat dan melebatkan buah tomat

Unsur kalium pada pupuk KCL bermanfaat dalam menguatkan bunga dan bakal buah tomat agar tidak mudah gugur. Sehingga buah tomat lebih lebat karena persentase terbentuknya bunga menjadi buah lebih tibggi.

3. Manfaat pupuk KCL untuk membesarkan buah tomat

Unsur kalium juga bermanfaat dalam meningkatkan ukuran atau membesarkan buah tomat. Kekuranagan unsur K menyebabkan terhambatnya perkembangan buah tomat dan ukuran buah kecil.

4. Meningkatkan bobot buah tomat

Selain membesarkan buah, pupuk KCL juga bermanfaat dalam meningkankan bobot buah. Unsur K berperan dalam perkembangan buah tomat dan membuat buah menjadi lebih padat.

5. Meningkatkan kualitas rasa buah tomat

Selain meningkatkan ukuran dan bobot buah tomat, unsur kalium pada pupuk KCL juga bermanfaat dalam meningkatkan kualitas rasa, rasa buah tomat menjadi lebih segar dan lebih manis.

6. Memperkuat batang tanaman tomat

Unsur kalium pada pupuk KCL juga bermanfaat dalam memperkuat atau memperkokoh batang tanaman tomat, sehingga tanaman tidak mudah roboh atau ambruk.

7. Meningkatkan daya tahan tanaman tomat terhadap penyakit

Unsur kalium berperan penting dalam meningkatkan imun (daya tahan) tanaman tomat terhadap penyakit. Seperti penyakit busuk batang dan busuk bakteri.

8. Meningkatkan daya tahan tanaman tomat terhadap kekeringan

Manfaat pupuk KCL lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tanaman tomat terhadap kekeringan. Tanaman tomat menjadi tidak mudah stres dalam kondisi kekurangan air. Meskipun demikian, kebutuhan air harus tetap diperhatikan.

Kapan Pupuk KCL Diberikan untuk Tanaman Tomat?

Manfaat pupuk KCL untuk tanaman tomat/mitalom.com

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwa unsur kalium dibutuhkan tanaman tomat disepanjang masa hidupnya.

Artinya, pupuk KCL wajib diberikan mulai dari persemaian hingga tanaman tomat berproduksi dan panen.

Kebutuhan tanaman tomat akan unsur kalium ini bervariasi, sesuai dengan fase pertumbuhannya.

Kebutuhan kalium akan meningkat ketika tanaman tomat memasuki fase pertumbuhan generatif, yakni fase menjelang pembungaan, pembentukan buah hingga fase pematangan buah.

Nah, untuk bahasan tentang berapa kebutuhan pupuk KCL pada tanaman tomat mulai fase pertumbuhan awal (vehetatif) hingga fase pertumbuhan generatif akan saya bahas lebih detail pada artikel berikutnya.

Demikian tentang “9+ Manfaat Pupuk KCL untuk Tomat” SEmoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!