6 Penyakit BUSUK BUAH TOMAT : Penyebab, Gejala Lengkap Dengan Cara Pengendaliannya

Gejala dan Penyebab Penyakit Pada BUAH TOMAT

Hama & Penyakit Tanaman – Penyakit busuk buah pada tomat adalah salah satu jenis penyakit penting pada budidaya tomat.

Penyakit busuk buah pada tomat bisa menyebabkan kualitas buah yang buruk dan menurunnya hasil panen.

Busuk buah tomat disebabkan oleh beberapa jenis patogen, yaitu serangan hama, jamur ataupun bakteri. Busuk buah tomat juga dapat disebabkan oleh kekurangan salah satu jenis unsur hara.

Patogen penyebab busuh buah tomat antara lain ; lalat buah (Bactocera dorsalis), jamur Colletotrichum coccodes, Thanatephorus cucumeris, bekteri Erwinia carotovora, Xanthomonas sp. dan kekurangan kalsium.

Gejala Penyakit BUSUK BUAH Tomat

1. Gejala BUSUK BUAH Tomat akibat Serangan Lalat Buah

Gejala busuk buah tomat karena serangan lalat buah (Bactocera dorsalis) antara lain ; terdapat bintik hitam pada kulit buah bekas ovipositor (organ untuk meletakkan telur), buah tomat yang terserang akan membusuk dan berair karena telur yang menetas dan menjadi larva. Larva lalat buah akan memakan daging buah tomat hingga menjadi lalat buah muda.

2. Penyebab dan Gejala BUSUK BUAH Tomat Antraknosa

Antraknosa pada buah tomat disebabkan oleh jamur Colletotrichum coccodes. Gejalanya yaitu terdapat bercak kecil dan berair pada buah kulit tomat. Bercak tersebut berbentuk bulat dan cekung yang semakin membesar berwarna coklat berbentuk lingkaran yang berpusat pada satu titik dan warnanya semakin menghitam. Terdapat bercak ungu di dekat tangkai pada pangkal buah.

Busuk buah antraknosa dan bercak bakteri buah tomat/mitalom.com

3. Penyebab dan Gejala BUSUK BUAH Rhizoctonia pada Tomat

Busuk buah tomat rhizoctonia disebabkan oleh jamur jenis Thanatephorus cucumeris. Gejala busuk buah rhizoctonia pada tomat sekilas mirip dengan serangan antraknosa, yaitu terdapat bercak cekung pada buah dan berwarna coklat tua. Bercak akan membesar membentuk lingkaran yang berpusat dan pada bagian tengah mengalami keretakan.

4. Penyebab dan Gejala BUSUK BAKTERI pada Buah Tomat

Busuk bakteri pada buah tomat lebih dikenal dengan istilah “bercak bakteri“. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas sp.. Gejala ; terdapat bercak-bercak kecil pada buah tomat, diawali dengan perubahan warna kulit buah menjadi hijau pucat, area berarir dan dikelilingi lingkaran kuning yang akhirnya berwujud kasae, menjadi kecoklatan dan berkoreng.

5. Penyebab dan Gejala BUSUK LUNAK Buah Tomat

Penyakit busuk lunak buah tomat disebabkan oleh bakteri Erwinia carotovora. Gejala ; buah tomat yang terinveksi akan menjadi lunak dan berlendir. Kulit buah lunak dan daging buah membusuk menjadi seperti lendir, pada akhirnya buah akan lepas dari tangkai.

6. Penyebab dan Gejala BUSUK UJUNG BUAH Tomat (Blossom-end rot)

BUSUK UJUNG BUAH Tomat (Blossom-end rot) bukanlah penyakit yang disebabkan oleh patogen. Melainkan gejala fisiologis kekurangan unsur calsium (Ca). Gejala : ujung buah tomat membusuk berwarna coklat kehitaman. Gejala diawali dengan munculnya bintik-bintik bulat berwarna hijau gelap pada bagian pantat buah. Kemudian berlekuk, berwarna coklat kehitaman dan lama kelamaan akan membusuk dan ditumbuhi jamur.

Busuk lunak dan busuk pantat buah tomat/mitalom.com

6 Cara Pencegahan dan Pengendalian Penyakit BUSUK BUAH Tomat

1. Pengendalian Serangan Lalat Buah pada Tomat

Memasang perangkap likat kuning atau atraktan metil-eugenol. Penyemprotan insektisida secara rutin setiap 2-3 kali semimggu (tegantung intensitas serangan). Insektisida untuk lalat buah antara lain insektisida berbahan aktif profenofos, metomil, asefat atau dimethoat. Atau insektisida lainnya yang memiliki aroma menyengat. Lalat buah tidak menyukai aroma yang menyengat, termasuk kapur barus/kampher dan minyak wangi/perfum.

2. Pengendalian BUSUK BUAH Tomat Antraknosa

Pengendalian : melakukan rotasi tanaman, pengocoran kalsium untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit. Memusnahkan buah yang terserang dengan cara membakarnya dan penyemprotan fungisida bahan aktif ; mancozeb, propineb, difenokonazol atau azksistrobin. Usahakan pH tanah di skala 5,5 – 7.0 dengan penaburan kapur pertanian/dolomit untuk meningkatkan pH tanah.

3. Pengendalian BUSUK BUAH Rhizoctonia pada Tomat

Pengendalian : melakukan rotasi tanaman, pengapuran lahan dan aplikasi kalsium untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit. Memusnahkan buah yang terserang dengan cara membakarnya dan penyemprotan fungisida bahan aktif ; clorotalonil, tembaga, mancozeb, propineb, difenokonazol atau azksistrobin.

4. Pengendalian BUSUK BAKTERI pada Buah Tomat (Bercak Bakteri)

Pengendalian ; menggunakan benih unggul varietas tahan penyakit, melakukan rotasi tanaman, menggunakan mulsa plastik dan penyemprotan bakterisida (asam oksolinik, dazomet, chloro bromo isocyanuric acid, bismertiazol) atau fungisida bahan aktif tembaga. Asupan calsium (Ca) yang cukup akan meningkatkan kekebalan tanaman tomat terhadap serangan bakteri.

5. Pengendalian Penyakit BUSUK LUNAK Buah Tomat

Pengendalian dengan melakukan rotasi tanaman, pengolahan lahan yang baik, menggunakan varietas tahan, dan aplikasi bakterisida (asam oksolinik, dazomet, chloro bromo isocyanuric acid, bismertiazol) atau fungisida bahan aktif tembaga.

6. Pengendalian BUSUK UJUNG BUAH Tomat (Blossom-end rot)

Blossom-end root atau “Busuk Pant@t” buah tomat adalah gejala fisiologis akibat kekurangan unsur calcium (Ca). Pengendalian : pengapuran lahan dan aplikasi kalsium untuk memberi asupan Ca yang cukup.

Demikian tentang “6 Jenis Penyakit BUSUK BUAH TOMAT : Gejala, Penyebab dan Cara Pengendaliannya” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!