Kelebihan dan Kekurangan Pestisida Nabati

Kelebihan dan Kekurangan Pestisida Nabati

Artikel – Pestisida nabati atau sering juga disebut pestisida alami, merupakan pestisida pengendali hama tanaman yang bahan aktifnya berasal dari tumbuh-tumbuhan tertentu. Bahan aktif pestisida nabati diperoleh dengan cara mengekstrak bagian tanaman tertentu atau seluruh bagian tanaman.
Pestisida nabati semakin digemari seiring dengan semakin tingginya kesadaran akan efek negatif penggunaan pestisida kimia. Dengan bahan-bahan yang banyak tersedia disekitar kita, pestisida nabati memiliki prospek yang bagus untuk terus dikembangkan.

Ilustrasi : Kelebihan dan Kekurangan Pestisida Nabati

Penggunaan pestisida nabati merupakan salah satu bentuk upaya dalam mewujudkan pertanian yang ramah lingkungan. Pestisida nabati menjadi solusi terbaik dalam pengendalian hama tanaman secara mudah, murah dan aman. Siapapun bisa dengan mudah membuat pestisida nabati, karena pembuatannya tidak memerlukan teknologi yang sangat sederhana. Bahan-bahannya mudah didapatkan disekitar kita sehingga tidak menghabiskan banyak biaya. Namun demikian pestisida nabati tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Pestisida Nabati

1. Aman digunakan, karena tidak mengandung zat kimia berbahaya,
2. Mudah dibuat, pembuatannya tidak memerlukan teknologi yang rumit sehingga bisa dibuat oleh siapa saja,
3. Aman bagi tanaman, pestisida nabati aman digunakan pada tanaman karena tidak menimbulkan resiko keracunan pada tanaman,
4. Tidak menimbulkan efek kekebalan pada hama tanaman,
5. Hasil panen lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi

Kekurangan Pestisida Nabati

1. Daya kerja relatif lambat, efeknya tidak bisa terlihat dengan cepat,
2. Tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama, pestisida nabati harus segera diaplikasikan setelah diproduksi,
3. Mudah rusak dan tidak tahan terhadap sinar matahari,

Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!