Mengapa Nutrisi AB Mix Di Kemas Terpisah?

Nutrisi Hidroponik

Hidroponik – Apa bedanya nutrisi hidroponik dengan pupuk? Secara umum nutrisi hidroponik dan pupuk memiliki persamaan yaitu material yang ditambahkan pada tanaman untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur hara. Tanaman memerlukan unsur hara dalam kelangsungan hidupnya agar tanaman dapat tumbuh subur dan berproduksi dengan maksimal. Unsur hara yang dibutuhkan tanaman antara lain unsur hara makro yang terdiri dari nitrogen, phosphor, kalium, kalsium, sulfur, dan magnesium. Tanaman juga membutuhkan unsur hara mikro seperti molibdenum, seng, boron, aluminium, mangan, tembaga, dan besi. Unsur hara tersebut bisa diperoleh pada material yang disebut dengan pupuk dan nutrisi hidroponik. Perbedaan pupuk dengan nutrisi hidroponik terletak pada penggunaannya dan sifat kelarutannya. Berikut beberapa perbedaan pupuk dengan nutrisi hidroponik :

a. Pupuk dibuat khusus untuk tanaman konvensional, nutrisi hidroponik dibuat khusus untuk tanaman hidroponik
b. Pupuk biasa digunakan pada tanaman konvensional dan tanaman hidroponik tapi hasilnya tidak maksimal, sedangkan nutrisi hidroponik bisa digunakan untuk tanaman hidroponik maupun tanaman konvensional dengan hasil yang maksimal
c. Pupuk pada umumnya tidak mudah larut dalam air dan meninggalkan endapan, sedangkan nutrisi hidroponik dapat larut 100% dan tidak menimbulkan endapan.

Pengertian Nutrisi Hidroponik

Nutrisi AB Mix atau Nutrisi Hidroponik


Apa Itu Nutrisi Hidroponik?

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian nutrisi hidroponik adalah pupuk yang dibuat dengan formulasi khusus untuk tanaman hidroponik yang sifatnya larut secara sempurna dalam air. Nutrisi hidroponik merupakan hasil formulasi dari garam-garam mineral yang mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman. Karena metode menanam secara hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai medianya dan memanfaatkan air sebagai sumber nutrisi maka diperlukan pupuk yang larut secara sempurna di dalam air. Nutrisi hidroponik diserap secara langsung oleh akar tanaman melalui air yang telah diberi nutrisi. Nutrisi hidroponik terdiri dari 2 bagian yaitu nutrisi A dan nutrisi B, karena itu nutrisi hidroponik sering dikonotasikan sebagai nutrisi AB mix.

Baca juga  Cara Sederhana Menanam CABAI RAWIT HIDROPONIK Tanpa Menggunakan TDS dan pH Meter

Apa saja kandungan dari nutrisi AB mix?

Nutrisi AB mix atau nutrisi hidroponik mengandung bermacam-macam unsur hara yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berkembang dalam kelangsungan hidup tanaman tersebut. Nutrisi A merupakan nutrisi yang mengandung unsur hara makro seperti nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K), kalsium (Ca), sulfur (S), dan magnesium (Mg). Unsur hara mikro dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak tidak terkecuali tanaman yang dibudidayakan dengan metode hidroponik.

Sedangkan nutrisi B merupakan nutrisi yang mengandung unsur hara mikro seperti molibdenum (Mo), seng (Zn), boron (B), aluminium (Al), mangan (Mn), tembaga (Cu), khlor (Cl) dan besi (Fn). Unsur hara mikro dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang relatif sedikit. Meskipun demikian unsur hara mikro memiliki peran yang tidak kalah penting dengan unsur hara makro. Kekurangan unsur hara mikro bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan maksimal.

Mengapa nutrisi hidroponik dikemas terpisah?

Nutrisi hidroponik atau nutrisi AB mix terdiri dari 2 bagian yaitu nutrisi A dan nutrisi B. Nutrisi hidroponik dijual dengan kemasan yang terpisah. Satu pertanyaan besar ketika saya baru mengenal hidroponik adalah “Mengapa nutrisi AB mix dikemas terpisah? Mengapa tidak disatukan dalam satu kemasan?” Mungkin sebagian dari anda juga memiliki pertanyaan yang sama tentang kemasan nutrisi AB mix ini. Nutrisi AB mix dikemas terpisah dengan tujuan agar tidak terjadi penggumpalan. Karena jika disatukan akan terjadi reaksi kimia antara garam-garam mineral yang menimbulkan penggumpalan atau nutrisi akan mengkristal. Jika terjadi penggumpalan maka ketika dilarutkan dalam air nutrisi akan menimbulkan endapan dan tidak lagi efesien untuk digunakan.

Pertanyaannya lagi, mengapa kita tidak mempertanyakan hal yang sama ketika menggunakan pupuk konvensional? Toh pupuk konvensional juga dikemas terpisah antara pupuk yang mengandung unsur hara makro dengan pupuk yang mengandung unsur hara mikro? Yah,,,demikian sedikit tentang nutrisi hidroponik. Semoga bermanfaat…

Baca juga  Fungsi dan Manfaat Pupuk Daun

Salam mitalom !!

loading...
Loading...