Cara Menanam Bunga Mawar

Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

Tips Berkebun – Mawar adalah salah satu tanaman hias berbunga yang memiliki nama sama antara tanaman dan bunganya, yakni bunga mawar. Sampai saat ini mawar masih banyak digemari, mungkin karena tanaman ini mudah didapatkan, mudah ditanam serta mudah dalam perawatannya. Selain itu bunga mawar masih memiliki daya tarik karena keindahannya serta keharuman aromanya yang khas. Tanaman mawar terdiri dari 100 spesies lebih yang sebagian besar tumbuh di bumi belahan utara yang berhawa sejuk. Tanaman bunga mawar meskipun berduri tetapi banyak yang menyukai dan banyak ditanam sebagai tanaman hias yang menarik.

Cara Menanam Bunga Mawar

Gambar Tanaman Bunga Mawar

Menanam bunga mawar di dalam pot tidaklah sulit, yang terpenting adalah kemauan dan keinginan untuk belajar. Merawat tanaman bunga mawar juga mudah, karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga tanaman agar tidak kekurangan nutrisi dan air. Nutrisi dan air adalah faktor penting bagi pertumbuhan tanaman, karena jika kedua faktor tersebut tidak terpenuhi tanaman akan tumbuh kerdil atau bahkan mati. Bagaimana cara atau langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menanam bunga mawar?

Cara Menanam Bunga Mawar

1. Persiapan Bibit Bunga Mawar

Langkah pertama dalam menanam bunga mawar adalah mempersiapkan bibit. Jika anda ingin praktis atau tidak memiliki cukup waktu anda bisa membeli bibit bunga mawar yang banyak dijual di tempat penjual bunga. Pilihlah bibit yang bagus, sehat dan tidak berpenyakit. Perbanyakan tanaman bunga mawar biasanya dilakukan dengan stek. Jika anda ingin membuat bibit sendiri, pilihlah batang bunga mawar yang sudah cukup tua. Potong menggunakan pisau yang tajam dan bersih sepanjang kira-kira 10 cm. Siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Dinginkan media semai dengan cara diangin-anginkan selama kurang lebih 15 hari. Kemudian masukkan kedalam polybag semai. Tanam stek bunga mawar tersebut secara hati-hati kedalam polybag semai. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm kemudian masukkan stek secara hati-hati agar kulitnya tidak rusak. Letakkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung maupun hujan. Karena jika kebanyakan air stek akan membusuk dan tidak tumbuh.

Baca juga  Tips Berkebun, Cara Praktis Kendalikan Lalat Buah

2. Persiapan Media Tanam Bunga Mawar

Media tanam bunga mawar dalam pot adalah campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1 : 4. Aduk hingga tercampur rata media tanam tersebut dan biarkan selama kurang lebih 15 hari. Pupuk kandang yang baik adalah yang sudah difermentasi atau pupuk kandang yang sudah lama (sudah matang).

Cara Menanam Bunga Mawar

Gambar Bunga Mawar Merah

3. Persiapan Pot Untuk Menanam Bunga Mawar

Pot untuk menanam bunga mawar bisa menggunakan pot tanah, pot semen, pot plastik atau polybag. Pilihlah pot yang memiliki drainase yang baik. Ukuran pot yang digunakan sesuaikan dengan selera anda. Namun jangan menggunakan pot yang terlalu kecil, pilihlah pot dengan diameter minimal 25 cm. Jangan pula menggunakan pot yang terlalu besar, agar anda tidak kesulitan jika ingin memindahkan tanaman bunga mawar ketempat lain.

4. Cara Menanam Bunga Mawar

Dasar pot diisi dengan kerikil atau pecahan genting agar air mudah keluar dan media tanam tidak terlalu lembab atau becek. Diatasnya diisi dengan media tanam sebanyak setengah dari tinggi pot keseluruhan. Buka polybag pembibitan secara hati-hati agar media tidak pecah. Kemudian bibit di letakkan ditengah-tengah pot dan tambahkan media tanam sampai media semai tertutup. Usahakan agar pangkal batang tidak tertutup media tanam. Kemudian tekan – tekan media tanam secara perlahan agar bibit bunga mawar dapat berdiri tegak dan tidak roboh saat disiram. Setelah penanaman selesai, siram tanaman dan letakkan pot pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau tempat yang terlindung agar tanaman beradaptasi. Setelah kurang lebih satu minggu, perkenalkan tanaman bunga mawar dengan sinar matahari secara bertahap.

Cara Menanam Bunga Mawar

Gambar Bunga Mawar Kuning

5. Perawatan & Pemeliharaan Bunga Mawar

Baca juga  Cara Menanam Cabe Merah Dalam Polybag

Perawatan dan pemeliharaan tanaman bunga mawar dalam pot meliputi penyiangan dan penyiraman. Siram tanaman seperlunya saja, bisa satu atau dua kali sehari. Penyiraman disesuaikan dengan kondisi media tanam. Jangan menyiram secara berlebihan, media tanam yang terlalu lembab dapat menyebabkan akar tanaman bunga mawar membusuk dan mati. Penyiangan juga perlu dilakukan agar tanaman bunga mawar tidak terganggu oleh rumput liar.

6. Pemupukan Tanaman Bunga Mawar Dalam Pot

Agar tanaman tumbuh subur dan dapat berbunga, berikan pupuk sebagai sumber nutrisi. Pemupukan bisa menggunakan pupuk kandang, caranya dengan menaburkan segenggam pupuk kandang dipinggir pot. Usahakan pupuk kandang tidak menyentuh batang tanaman bunga mawar. Selain itu bisa juga dengan pupuk NPK, caranya bisa dilakukan bersamaan dengan penyiraman. Larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 5 liter air, kemudian kocorkan 200 ml per tanaman. Pemupukan bisa dilakukan setiap 15 atau 20 hari sekali.

Demikian cara menanam bunga mawar dalam pot. Untuk menghemat pupuk, anda juga bisa memanfaatkan limbah dapur sebagai pupuk tanaman bunga mawar. Anda bisa menggunakan ampas teh atau air cucian beras(air leri) sebagai pupuk organik. Ampas teh yang sudah dingin ditaburkan disekeliling tanaman, sedangkan air leri bisa di aplikasikan dengan penyiraman atau penyemprotan kedaun tanaman. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...