Cara Membuat Pestisida Nabati II

Pestisida Nabati Pengendali Hama Ulat, nematoda, puru akar dan Hama Penghisap

Info Praktis – Pada postingan sebelumnya telah diuraikan tentang cara membuat pestisida nabati menggunakan daun tembakau dan bawang putih. Baca : “Cara Membuat Pestisida Nabati I”. Pestisida nabati tersebut cukup efektif untuk mengendalikan hama ulat dan hama penghisap (kutu daun, tungau dan thrips). Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, untuk membuat pestisida dengan fungsi yang sama kita bisa menggunakan “daun mimba” dan “umbi gadung“.

pestisida nabati untuk mengendalikan hama ulat, trips, kutu daun, tungau, nematoda dan puru akar

Gambar Daun Mimba dan Umbi Gadung


Daun mimba mengandung Azadirachtin, salanin, nimbinen dan meliantriol. Zat-zat tersebut efektif untuk mengendalikan hama ulat, nematoda, puru akar dan hama penghisap (kutu daun, tungau dan thrips). Zat diosgenin, steroid saponin, alkohol dan fenol yang terkandung pada umbi gadung juga efektif untuk mengendalikan hama ulat dan kutu penghisap.

Kolaborasi dari kedua bahan tersebut cukup efektif untuk mengendalikan hama ulat, kutu daun (aphids), tungau dan trhips serta hama yang ada didalam tanah, diantaranya nematoda dan puru akar. Berikut ini cara membuat pestisida nabati dari kedua bahan tersebut :

ALAT dan BAHAN

Alat :
1. Blender/lumpang/lesung
2. Eber/baskom dan jerigen

Bahan :
1. 1 kg daun mimba
2. 1 kg umbi gadung racun
3. 1 sendok makan sabun colek
4. 5 liter air bersih

CARA MEMBUAT

1. Blender atau tumbuk bahan no.1 dan 2
2. Masukkan kedalam ember atau baskom
3. Tambahkan 5 liter air dan 1 sdm sabun colek
4. Aduk sampai rata, dan diamkan selama 1 malam
5. Saring adonan tersebut, dan simpan cairan pestisida nabati didalam jerigen

CARA MENGGUNAKAN

Aplikasi dilakukan dengan cara penyemprotan dan pengocoran. Gunakan 50 ml pestisida untuk 1 liter air. Untuk mengendalikan hama puru akar dan nematoda, aplikasi dengan cara dikocor pada pangkal batang. Buat larutan dengan konsentrasi tersebut, kemudian kocorkan 200 ml larutan untuk setiap tanaman.

Baca juga  Review Insektisida Regent 50 SC

Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...