Video Cara Membuat Kecambah Benih Semangka Tanpa Biji (Semangka NON BIJI)

Video Cara Menumbuhkan Benih Semangka Tanpa Biji (Non Biji)

Video mitalom.com – Dilihat dari penampilan fisiknya, benih atau biji semangka non biji berbeda dengan benih/biji semangka biasa (berbiji). Ukuran benih semangka tanpa biji lebih besar daripada benih semangka berbiji.

Kulit atau cangkang biji semangka non biji lebih tebal dan keras, mungkin karena hal ini maka benih semangka tanpa biji sulit tumbuh secara alami.

Agar dapat tumbuh atau berkecambah dengan maksimal dan serempak, benih semangka tanpa biji memerlukan perlakuan khusus yang agak njelimet dan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi.

Perlakuan benih semangka tanpa biji (semangka non biji) yang harus dilakukan agar dapat berkecambah dengan baik antara lain : pemecahan kulit/cangkang, perendaman, pemeraman dan penyemaian.

Proses menumbuhkan (membuat kecambah) benih semangka non biji dari pemecahan kulit sampai berkecambah memerlukan waktu sekitar 2 hari 2 malam (48 jam), yaitu perendaman selama 12 jam dan pemeraman selama 36 jam.

Perlengkapan atau peralatan yang diperlukan yaitu gunting kuku kecil, wadah/mangkok, kain, kantong plastik. Boleh juga menggunakan ZPT atau irisan bawang merah untuk merangsang perkecambahan  biji.

Pada artikel Cara Mudah Membuat Kecambah Benih Semangka Non Biji telah saya uraikan secara lengkap dan full gambar tentang proses menumbuhkan benih semangka tanpa biji.

Dan pada kesempatan ini, saya melengkapi dengan video tutorialnya supaya mudah dipahami dan dipraktekkan.

Silahkan simak videonya berikut ini :

&t=43s

Demikian tentang “Video Cara Membuat Kecambah Benih Semangka Tanpa Biji“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!