Inilah 9+ Manfaat Khasiat BUAH MATOA, Buah Langka dari Papua dengan Segudang Rasa

Khasiat dan Manfaat BUAH MATOA untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Matoa (Pometia pinnata) merupakan buah khas papua yang termasuk dalam famili Sapindaceae (satu famili dengan rambutan). Buah matoa kaya vitamin C dan E, namun memiliki kandungan glukosa jenuh. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E dapat membantu meringankan stres, memberikan nutrisi pada kulit, dan meminimalisasi risiko terserang penyakit kanker dan jantung koroner.

Analisis terhadap komponen dalam kulit buah matoa menunjukkan adanya tanin, saponin dan alkaloid(Faustina, dkk., 2014).Mekanisme kerja tanin sebagai antibakteri adalah menghambat enzim reverse transkriptase dan DNA topoisomerase sehingga sel bakteri tidak dapat terbentuk (Nuria dkk., 2009). Tannin memiliki aktifitas antibakteri yang berhubungan dengan kemampuannya untuk menginaktifkan adhesin sel mikroba juga menginaktifkan enzim, dan menggangu transport protein pada pada lapisan dalam sel (Cowan, 1994).

10 Manfaat dan Khasiat Buah Matoa

1. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Diabetes

Buah matoa baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah matoa bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah.

2. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Mencegah Jerawat

Jerawat merupakan salah satu gangguan kesehatan kulit, terutama pada kulit wajah. Jerawat dapat menyebabkan anda minder atau tidak percaya diri. Kulit wajah yang berjerawat mengindikasikan kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin. Dengan mengkonsumsi buah matoa, kulit wajah akan menjadi bersih dan tidak berjerawat, hal ini karena kandungan vitamin C dan E pada buah matoa yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

3. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Mencegah Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Buah matoa diketahui memiliki manfaat dan khasiat untuk mengontrol tekanan darah. Cobalah untuk mengkonsumsi buah matoa agar tekanan darah anda lebih stabil. Hal ini berkhasiat dalam mencegah terjadinya tekanan darah tinggi/hipertensi.

4. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa Sebagai Sumber Energi

Setelah melakukan pekerjaan atau beraktifitas, tentu energi anda akan berkurang tubuh terasa letih. Untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang, anda dapat mengkonsumsi buah matoa agar dapat beraktifitas kembali.

5. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Menghilangkan Stres

Stres disebabkan oleh berbagai hal, salahsatu misalnya karena pekerjaan atau rutinitas sehari-hari yang dapat menekan keadaan psikis seseorang. Jika dibiarkan, hal ini akan menimbulkan berbagai hal negatif pada seseorang. Nah, apabila anda mengalami stres cobalah untuk mengkonsumsi buah matoa. Kesegaran buah matoa dapat membuat tubuh terasa bugar dan mengurangi stres.

6. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Masuknya zat-zat racun ke dalam tubuh baik itu melalui makanan atau lainnya dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Nah, untuk membantu tubuh mengeluarkan zat-zat racun tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah matoa.

7. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa Sebagai Anti Kanker

Setiap buah-buahan yang mengandung antioksidan memiliki manfaat dan khasiat sebagai penangkal kanker. Tidak terkecuali buah matoa, buah langka ini diketahui memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan pada buah matoa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan menghancurkan sel-sel kanker. Hal ini dapat mengurangi resiko serangan kanker.

8. Manfaat dan Khasiat Buah untuk Mengatasi Sembelit

Manfaat buah matoa untuk melancarkan pencernaan terkait dengan kandungan seratnya yang tinggi. Masalah pada saluran pencernaan, misalnya sembelit dapat diatasi dengan buah matoa. Mengkonsumsi buah matoa dapat meringankan gangguan pada pencernaan dan melancarkan BAB.

9. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa Sebagai Obat Ambeien

Mengkonsumsi buah matoa dapat meringankan gangguan kesehatan pada pencernaan, salahsatunya adalah ambeien. Apabila anda, teman atau saudara anda mengalami ambeien ringan, cobalah untuk mengkonsumsi buah matoa secara rutin. Buah matoa diketahui dapat meringankan gejala ambeien ringan secara alami.

10. Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini muncul pada kulit seseorang, yaitu terjadinya kerutan-kerutan dan garis-garis halus pada kulit yang menyebabkan kulit terlihat keriput. Dengan mengkonsumsi buah matoa secara rutin diketahui mampu mencegah atau memperlambat tanda-tanda penuaan dini.
(dari berbagai sumber)

Demikian tentang “Khasiat dan Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!