15 Tips Sederhana Yang Sangat Bermanfaat

Tips Mengatasi Maslah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips & Trik – Terkadang kita menganggap remeh terhadap hal-hal yang sederhana. Padahal sesuatu yang kelihatannya sederhana bisa jadi adalah sesuatu yang sangat bermanfaat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali permasalahan yang harus kita hadapi, mulai dari kehidupan rumah tangga, pekerjaan maupun masalah kesehatan. Begitupun para ibu rumah tangga, saat menjalani aktivitasnya bukan tidak mungkin menghadapi suatu problema. Dilingkungan dapur saja banyak sekali masalah yang sering terjadi, misalnya tanpa sengaja tersiram air atau minyak panas, noda pada peralatan dapur yang sulit dihilangkan, kulit terasa panas ketika mengiris cabe dan lain sebagainya. Belum lagi masalah kesehatan, bisa saja anda tiba-tiba mengalami sariawan, hidung mimisan, gatal karena digit nyamuk atau mata kelilipan.

Tips sederhana yang sangat bermanfaat

Jika anda mengalami masalah-masalah tersebut, jangan terburu-buru untuk panik. Panik takkan pernah menyelesaikan masalah, lakukan hal sederhana untuk mengatasinya. Tak perlu biaya mahal dan tak perlu waktu lama. Banyak sekali hal sederhana dan bermanfaat besar yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 25 hal sederhana yang mungkin bermanfaat bagi anda ;

1. Mata pedih saat mengiris bawang merah

Jika anda mengalami masalah ini, coba sediakan semangkuk air sebelum anda mengiris bawang merah. Letakkan didekat bawang merah yang sedang anda iris, rasakan hasilnya.

2. Noda bekas teh pada gelas

Noda bekas teh pada gelas memang sulit dihilangkan dengan sabun pencuci piring. Tak usah bingung, ambil pasta gigi kemudian oleskan secara merata. Tunggu beberapa saat, bersihkan dan cucilah seperti biasa.

3. Jengkol dan bau pesing kamar mandi

Anda suka jengkol? Agar kamar mandi anda tidak berbau pesing karena anda memakan jengkol, cobalah lakukan hal sederhana ini. Kupas jengkol dan rendam dengan bubuk teh selama 1 hari 1 malam, tiriskan dan jengkol siap dionsumsi tanpa menimbulkan bau di kamar mandi anda.

4. Jika mengalami mimisan

Usapkan air dingin pada ubun-ubun atau tempelkan sedikit es batu. Mimisan seketika akan berhenti. Bisa juga menggunakan daun sirih, gulung daun sirih dan masukkan ke hidung, biarkan beberapa saat sampai darah berhenti mengalir.

5. Menghilangkan karat

Jika peralatan dapur anda, motor, mobil atau apapun yang berbahan logam karatan gunakan coca cola untuk membersihkannya. Gosok bagian yang berkarat dengan kain yang telah dibasahi dengan coca cola, lakukan beberapa kali sampai karatnya hilang.

6. Batuk kering

Batuk kering memang cukup menyiksa, dan bisa menimbulkan radang tenggorokan. Malam sebelum anda tidur, konsumsilah telur yang digoreng dengan minyak wijen. Makan saat masih hangat dan lakukan secara rutin selama beberapa hari.

7. Merebus daun pepaya agar tidak pahit

Anda suka daun pepaya rebus tapi tidak suka rasa pahitnya? Hilangkan dengan cara sederhana ini, ambil segenggam daun senggani, gulung dan ikat. Masukkan kedalam rebusan daun pepaya, rasa pahit daun pepaya akan hilang.

8. Jika tersiram air panas atau minyak panas

Tersiram air panas atau minyak panas bisa mengakibatkan kulit melepuh dan berair. Jika anda mengalami hal itu, segera oleskan minyak tanah pada kulit anda. Kulit tidak akan melepuh dan berair, juga rasa sakit akan berkurang.

9. Menghilangkan rasa pedas

Makanan pedas memang menggugah selera, namun kadang-kadang tidak terkontrol hingga berlebihan. Akibatnya mulut seperti terbakar saking pedasnya. Minumlah susu murni untuk mengatasinya. Gunakan susu murni untuk berkumur dan tahan sebentar didalam mulut, lakukan beberapa kali. Rasa pedas akan segera hilang.

10. Gigi anda kuning?

Lakukan hal sederhana ini untuk mengatasi gigi anda yang kuning, ambil kacang tanah dan kunyah-kunyah didalam mulut. Kemudian gosok gigi selama kurang lebih 3 menit. Kuning gigi anda akan berkurang.

11. Sariawan

Jika anda mengalami luka pada mulut akibat sariawan, gunakan tablet vitamin C untuk mengatasnya. Tempelkan sedikit tablet vitamin C pada luka sampai tablet mencair. Jika agak parah tambahkan dengan vitamin B. Sariawan anda akan segera sembuh.

12. Kulit panas saat menggiling cabe ?

Sebagian orang sangat sensitif terhadap cabe dan akan menimbulkan rasa panas pada kulit saat menyentuhnya. Untuk menghindarinya, sebelum anda menggiling cabe atau memotong cabe oleskan tangan anda dengan minyak makan. Kulit anda tidak akan terasa panas, coba buktikan.

13. Gatal akibat gigitan nyamuk

Jika mengalami rasa gatal setelah digigit nyamuk, anda bisa mengolesinya dengan balsem atau minyak kayu putih. Namun jika tidak ada, gunakan sabun dan segera oleskan pada luka bekas gigitan nyamuk tersebut.

14. Sticker pada motor anda sulit dilepas ?

Gunakan hair dryer untuk memudahkan anda melepasnya. Tiup sticker dengan hair dryer hingga terasa hangat, sticker akan mudah dilepas karena lem mencair dan daya rekat berkurang.

15. Jika ikan asin terlalu asin

Bagi anda penyuka ikan asin, lakukan hal sederhana ini untuk mengurangi rasa asinnya. Rendam ikan asin dengan air hangat dan masukkan garam kasar kedalamnya, biarkan garam tetap berbentuk butiran. Biarkan selama 15 menit, kemudian tiriskan dan bilas dengan air bersih. Garam kasar akan menyerap rasa asin pada ikan asin.

Hal-hal yang kelihatannya sepele dan sering anda anggap remeh ternyata memiliki manfaat yang begitu besar. Hal sederhana bukan berarti memiliki manfaat sederhana. Hal sederhana bisa jadi memiliki manfaat yang luar biasa, selamat mencoba. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!