Hati-hati Minum Air Rebusan DAUN SIRIH, WASPADAI Efek Sampingya !!!

Sirih Kaya Manfaat, Namun Waspadai Efek Negatifnya !!!

Tanaman Obat – SIRIH (Piper betle) adalah tanaman asli Indonesia yang telah lama dikenal sebagai tanaman obat herbal.

SIRIH tumbuh merambat atau bersandar pada pohon lain, tanaman herbal yang dimanfaatkan daunnya ini merupakan flora khas Kepulauan Riau (Keppri).

Daun sirih

Daun Sirih banyak mengandung berbagai jenis zat kimia bermanfaat yang berkhasiat obat untuk menyembuhkan gangguan kesehatan.

Manfaat DAUN SIRIH yang telah banyak diketahui masyarakat antara lain untuk mengobati batuk, sariawan, sakit gigi, membersihkan area kewanitaan dan menghentikan darah mimisan (darah yang keluar dari hidung).

Daun sirih bisa digunakan sebagai obat luar dan dalam. Sebagai obat luar daun sirih bermanfaat untuk menyembuhkan kulit gatal-gatal, mimisan dan menyadarkan orang yang pingsan.

Untuk penggunaan obat luar daun sirih bisa digunakan langsung tanpa harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Misalnya untuk mengobati gatal-gatal, daun sirih segar cukup diremas atau dilumatkan kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit.

Untuk menghentikan darah mimisan daun sirih diremas (tidak terlalu hancur) kemudian ditempelkan pada lubang hidung.

Sedangkan untuk mengobati penyakit dalam, daun sirih segar umunya direbus atau diseduh kemudian diminum airnya.

Seduhan atau rebusan daun sirih ini diketahui berkhasiat untuk mengobati batuk, keputihan, sakit maag dan lain sebagainya.

Selain untuk mengobati daun sirih juga dapat digunakan untuk pencegahan, caranya yakni dengan menyeduh atau merebus selembar daun sirih kemudian diminum airnya. Bisa diminum satu atau dua kali sehari, pagi dan sore.

Kandungan dan Manfaat Daun Sirih

Kandungan kimia daun sirih antara lain saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri. Senyawa saponin bekerja sebagai anti-mikroba.

Sedangkan senyawa flavonoid diduga memiliki mekanisme kerja mendenaturasi protein protein sel bakteri dan merusak membran sel.

Fenol yang terkandung di dalam minyak atsiri daun sirih memiliki daya antiseptik 5 kali lebih kuat dibandingkan fenol biasa.

Tanin diketahui mempunyai aktivitas anti-inflamasi, astringen, antidiare, diuretik dan anti-septic.

Aktifitas farmakologi saponin antara lain sebagai anti-inflamasi, antibiotik, antifungi, antivirus, hepatoprotektor dan antiulcer.

Aroma khas yang dimiliki daun sirih disebabkan adanya kandungan minyak atsiri 1-4,2%, air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, yodium, gula dan pati.

Efek Negatif Minum Air Rebusan DAUN SIRIH untuk Pria dan Wanita

Selain bermanfaat dan berkhasiat obat, daun sirih ternyata juga memiliki efek samping yang negatif.

Dikutip dari baliexpress.jawapos.com, Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, Ir. I Nyoman Prastika, M. Si mengatakan “Karena sirih mencegah diare, jika kebanyakan dikonsumsi, maka akan menyebabkan susah buang air besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, jika senang mengonsumsi sirih hendaknya diimbangi dengan makanan yang banyak mengadung serat seperti buah-buahan dan sayur.

Dalam perebusan juga perlu diperhatikan wadah untuk merebusnya. “Paling bagus gunakan panci tanah atau payuk,” ujarnya.

Beliu juga menyarankan agar perebusan daun sirih menggunakan panci berbahan teflon agar tidak bereaksi dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Air rebusan daun sirih juga perlu diperhatikan, usahakan mengunakan air yang benar-benar bersih, rebus sampai mendidih sampai air tinggal setengahnya (misalnya dari 2 gelas menjadi 1 gelas). Karena hal tersebut dianggap zat-zat yang terkandung dalam daun sirih sudah larut dalam air.

Mengkonsumsi rebusan daun sirih juga tidak boleh berlebihan, seperlunya saja.

Meminum rebusan daun sirih merupakan hal yang umum dan telah lama menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit. Namun apakah meminum air rebusan daun sirih itu aman?

Dikutip dari suara.com, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Pengembang Jamu Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania mengatakan tidak bisa memastikan aman atau tidak karena harus melewati uji klinis.

Akan tetapi beliau juga membenarkan jika daun sirih mengandung antibakteri, antiseptik, antioksidan dan anti radang.

“Kalau disebut aman atau tidak aman, daun sirih itu kan sifatnya antiseptik antioksidan anti peradangan jadi sebenarnya bagus aja. Tapi memang jangan berlebihan jadi kalau mau konsumsi setiap hari nggak apa-apa. Asal jangan berlebihan,” ujarnya.

Beliau menambahkan, belum ada penelitian mendalam mengenai hal ini sehingga jumlah daun sirih yang direbus tidak boleh berlebihan. Maksimal 5 lembar daun sirih untuk sekali rebusan.

“Kalau dampaknya pada wanita belum menikah atau berusia muda sampai saat ini belum terkonfirmasi ya. Jadi selama ini yang bisa dikonfirmasi adalah manfaatnya,” tutupnya.

Demikian tentang “Efek Samping Meminum Air Rebusan Daun Sirih” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!