TEH HIJAU UNTUK DIET : Cara dan Waktu yang Tepat dan Benar Mengkonsumsi TEH HIJAU untuk Diet

Khasiat dan Manfaat TEH HIJAU untuk Diet

Tanaman Obat – Jaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan teh hijau? Teh Hijau adalah (atau yang lebih popular dengan sebutan Green Tea) ini merupakan minuman teh yang sangat popular di masyarakat, terutama para kaum wanita.

Hal ini dikarenakan manfaat yang terkandung pada teh hijau sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, serta dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

Sama seperti teh hitam (black tea), teh yang awalnya berasal dari negeri Tiongkok ini juga berasal dari daun tumbuhan yang bernama latin Camelia sinensis.

Bedanya adalah daun teh pada proses pengolahan black tea mengalami proses fermentasi yang menyebabkan hilangnya sebagian zat aktif yang terkandung pada daun.

Sedangkan pada green tea hanya mengalami proses pemanasan atau steaming ringan setelah dipetik.

Cara Mengkonsumsi TEH HIJAU yang Benar untuk Diet

Foto : medicalnewstoday.com

a). Minum teh hijau selagi panas atau hangat

Sebenarnya tidak ada yang berbeda mengkonsumsi teh hijau dalam kondisi hangat maupun dingin bila dilihat dari proses kimiawinya.

Tetapi bila kita meminum teh hijau yang dicampur dengan es maka dikhawatirkan bila es tersebut mencair dan tercampur dengan teh maka kandungannya akan berkurang.

Akan lebih baik jika kita menyeduh teh hijau dengan air bersuhu 80-90 derajat celcius dan mendiamkannya beberapa menit lalu meminumnya sebelum dingin. Meminum teh hijau dalam kondisi hangat juga dapat membuat tubuh kita menjadi rileks.

b). Jangan mencampur dengan bahan lain

Jangan mencampur teh hijau dengan bahan lain seperti gula atau krim, karena dapat mengurangi khasiat yang terkandung dalam teh hijau sebagai obat diet.

Jika ingin mencampurnya cobalah dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau madu. Perasan jeruk nipis terbukti dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Tetapi jika anda memiliki riwayat penyakit maag, mengkonsumsi teh hijau murni tanpa perasan juga sudah terasa enak.

c). Meminum teh hijau saat lapar

Salah satu kebiasaan yang dapat membuat program diet kita terganggu adalah nafsu makan yang kurang terkontrol dan tidak pada waktunya.

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengkonsumsi teh hijau saat kita lapar sampai waktu makan tiba.

d). Mengkonsumsi teh hijau diwaktu yang tepat

Ada beberapa waktu yang tepat untuk anda yang sedang menjalani program diet dengan teh hijau, antara lain :

> Pagi hari, pagi hari merupakan saat yang tepat untuk kita mengkonsumsi teh hijau, biasakanlah mengkonsumsi teh hijau sebagai pengganti minuman kita saat sarapan atau saat kita bangun tidur. Hal ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam memecah lemak.

> Siang hari, waktu terbaik meminum teh hijau berikutnya adalah sianghari, tepatnya sebelum makan siang. Ini bertujuan untuk membatasi kita agar tidak makan terlalu banyak, serta membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak.

> Sore hari, sore hari juga merupakan saat yang baik untuk mengkonsumsi teh hijau. Minumlah teh hijau saat sedang duduk santai di sore hari. Hal ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan menahan nafsu makan kita sampai datang jam makan malam.

> Malam hari, waktu terbaik berikutnya adalah malam hari sebelum makan malam. Meminum teh hijau sebelum makan malam bertujuan untuk membantu tubuh dalam mencerna makanan dan membakar lemak pada tubuh saat kita sedang tidur.

Catatan : bagi sebagian orang mengkonsumsi teh hijau lebih dari 3 cangkir sehari dapat mengakibatkan susah tidur. Jika anda mengalami insomnia disarankan meminum teh hijau hanya pada waktu sore hari saja. Dan jangan mengkonsumsi teh hijau lebih dari 6 cangkir sehari.

e). Pilihlah teh hijau untuk diet sesuai selera anda

Penggunaan merk atau jenis teh hijau untuk diet sangat beragam macamnya. Anda tidak perlu terpaku pada satu jenis atau merk teh hijau saja. Pilihlah teh hijau yang sesuai dengan selera anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak marasa cepat bosan dan dapat lebih menikmati minuman teh hijau anda.

f). Lakukan sebagai kebiasaan

Hal yang paling penting dalam mencapai kesuksesan adalah kebiasaan. Begitu pula dengan diet, biasakanlah mengganti minuman kita seperti kopi maupun teh lainnya dengan teh hijau. Lakukanlah kebiasaan ini setiap hari sebagai bagian dari hidup sehat anda (Rend/mitalom.com)

Demikian tentang “Manfaat TEH HIJAU untuk Diet“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!