Kandungan Kimia dan 20 Khasiat Manfaat SEMBUNG LEGI (Khasiat Daun dan Akar Sembung Legi)

Kandungan Kimia dan Khasiat Manfaat Tanaman Sembung Legi

Tanaman Obat – Sembung legi atau biasa disebut sembung, sembung utan di sunda, sembung langu, sembung mingsa, sembung gula, sembung kuwuk, sembung gula, sembung kuwuk, atau sembung lelet di jawa tengah, kamandhin di Madura, sembung capa, capo di sumatera, apompase, mandikapu di ternate,dan sembung di bali. Nama ilmiah Sembung adalah Blumea Balsamifera.

Ciri-ciri Umum Tanaman Sembung Legi

Tanaman ini biasa tumbuh liar di padang rumput dan menjadi gulma di ladang pada daerah pegunungan. Tanaman dengan nama ilmiah Blumea Balsamifera ini merupakan jenis tanaman perdu yang tumbuh tegak dan dapatmencapai tinggi 4m. Bagian yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daun dan akarnya, baik dalam kondisi segar maupun yang sudah dikeringkan.

Kandungan Kimia Pada Sembung Legi

1. Minyak Atsiri

Minyak atsiri pada sembung legi berupa cairan kuning berminyak dengan aroma yang khas. Kandungan minyak atsiri pada tanaman ini paling banyak didapat dari daun dan batang. Seperti kita ketahui bahwa minyak atsiri memiliki efek anti tumor dan anti oksidan pada tubuh.

2. Flavanoid

Kandungan flavanoid pada tanaman sembung terbanyak ditemukan pada daunnya. Flavanoid sendiri diketahui sebagai zat anti oksidan dan anti kanker serta dapat membantu penyerapan vitamin dalam tubuh.

3. Borneol

Senyawa borneol berpotensi untuk menghambat aktivitas mikroba, bakteri dan mengandung anti-oksidan tinggi. Borneol juga mempu memperbaiki system syaraf dan memiliki efek menenangkan karena mengandung zat anti-nyeri, juga mampu membantu melancarkan perdaran darah.

4. Cineole

Cineole adalah salah satu komponen dari minyak atsiri yang berfunngsi sebagai anti-mikroba, anti-oksidan, kekebalan tubuh, analgesic, dan spalmolitik (Angela & Davis 2010).

5. Limonene

Limonene adalah hidrokarbon cair tak berwarna yang mempunyai bau yang khas dan larut dalam pelarut organik. Senyawa limonene bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meredakan radang tenggorokan, batuk dan menghambat sel kanker.

6. Glukosida

Glukosida merupakan senyawa kompleks yang mengandung gula yang terdapat pada tanaman sembung legi. Glukosida berfungsi dalam melancarkan peredarandarah dan mengatasi masalah pencernaan.

7. Asam palmitin

Asam palmitin adalah salah satu asam lemak yang juga terkandung dalam Air Susu Ibu (ASI). Asam palmitin merupakan sumber kalori penting namun memiliki daya antioksidasi yang rendah. Asam Palmitin juga terkandung pada minyak dari buah sawit.

8. Alkohol Sesquiterpen

Sesquiterpen adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam minyak atsiri, senyawa ini adalah senyawa yang berperan penting dalam member aroma pada bunga dan buah.

9. Zat bergetah

Zat bergetah adalah zat yang biasa digunakan dalam pembuatan kapur barus.

20 Khasiat dan Manfaat Sembung Legi

1.Mengobati batuk dan pilek
2.Mengatasi diare
3.Meningkatkan nafsu makan
4.Obat perut kembung dan masuk angin
5.Menjaga kesehatan ginjal
6.Pengobatan rematik
7.Obat Gatal
8.Anti bakteri dan anti jamur
9.Antioksidan
10.Mengatasi Ambeien
11.Mengobati sakit maag
12.Sebagai Diuretik
13.Menjaga kesehatan jantung
14.Melancarkan haid
15.Mengatasi sakit tulang
16.Obat cacingan
17.Melancarkan peredaran darah
18.Mengobati bengkak dan memar
19.Mengatasi penyempitan pembuluh darah
20.Obat korengan (Rend/mitalom.com)

Demikian tentang “Kandungan Kimia dan Khasiat Manfaat Tanaman Sembung Legi“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!