Kumpulan Obat Tradisional PEGAL LINU, Sakit Pinggang, Badan Pegal-pegal Semua, Capai, Lelah dan Letih

Resep Tradisional Obat Pegal Linu, Sakit Pinggang, Badan Pegal-pegal dan Badan Lemah Lesu

Tanaman Obat – Pegal linu adalah suatu kondisi dimana otot-otot tubuh dalam keadaan tegang dan menyebabkan tubuh terasa capek. lelah, sakit atau pegal-pegal. Pegal linu biasanya menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki, dan pundak jika terlalu lelah dan banyak bergerak dan beraktivitas.Pegal linu merupakan penyakit ringan yang bisa menyerang siapa saja, baik orang tua maupun orang muda. Pegal linu timbul karena aktifitas sehari-hari seperti bekerja dan rutinitas lainnya, sehingga menyebabkan rasa capek, kelelahan dan badan terasa pegal. Meskipun termasuk penyakit ringan, pegal linu cukup membuat badan terasa tidak nyaman.

Sedangkan sakit pinggang adalah atau lumbago adalah nyeri yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Kondisi ini dialami 80 persen penderita dewasa berusia 30-50 tahun dengan intensitas nyeri ringan hingga berat (alodokter.com). Rasa sakit dipinggang biasanya disebabkan karena duduk terlalu lama, bekerja berat, mengangkat beban berat atau sebab lain yang menimbulkan cedera pada pinggang dan sekitarnya.

Pegal linu, capai, lelah, letih dan sakit pinggang dapat diatasi dengan berbagai cara, baik dengan mengkonsumsi obat kimia maupun cara tradisional seperti terapi pijat, munum ramuan herbal, akupunktur dan lain sebagainya. Bagi anda yang kebetulan sedang mencari artikel tentang resep ramuan obat herbal untuk mengatasi pegal linu, sakit pinggang, badan capai, letih atau loyo, anda bisa mencoba satu atau dua resep herbal di bawah ini.

14 Resep Tradisional Obat Pegel Linu, Capai dan Badan Pegal-pegal Semua

1. Ramuan untuk obat pegal linu. Sediakan 1 genggam daun belimbing wuluh muda (daun yang masih muda), cengkeh 10 biji, lada 15 biji. Semua bahan dilumatkan/digiling/diblender sampai halus. Ramuan dilumurkan pada bagian badan yang sakit.

2. Ramuan untuk badan capai dan pegal-pegal setelah bekerja. Bahan yang diperlukan jahe segar sebanyak 2 rimpang (sebesar ibu jari) dan susu perah secukupnya. Jahe dibakar dan dibersihkan, kemudian direbus bersama susu perah hingga mendidih, ramuan diminum selagi hangat.

3. Ramuan untuk badan capai dan pegal-pegal setelah bekerja.Bahan 2 rimpang jahe segar sebesar ibu jari, 1 rimpang kencur seukuran ibu jari, 1 genggam daun kemangi, 1 genggam beras (direndam kurang lebih 3 jam), garam dapur secukupnya. Semua bahan diblender/ditumbuk halus dan dioleskan seperti param.

4. Ramuan untuk badan capai dan pegal-pegal setelah bekerja. Bahan yang diperlukan 3 rimpang jahe segar sebesar ibu jari, tepung terigu secukupnya, 1 potong asam jawa yang sudah matang. Jahe diparut, campurkan dengan tepung terigu dan asam jawa ditambah sedikit air hangat agar membentuk adonan. Oleskan sebagai param pada bagian badan yang sakit.

5. Ramuan untuk badan lelah/capai dan pegal-pegal setelah bekerja atau letih/lemas setelah sakit. 2 genggam daun jeruk purut segar kemudian dicuci bersih. Rebus daun jeruk purut menggunakan 3 liter air hingga mendidih selama 10 menit. Campurkan ramuan tersebut dengan satu ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

6. Ramuan untuk penyegar jika badan terasa lelah, letih atau lesu. Rebuslah jung rabab secukupnya hingga mendidih, minum ramuan selagi hangat.

7. Ramuan untuk badan capai, letih, lemah dan insomnia (susah tidur). Sediakan kulit pohon kayu putih yang sudah kering sebanyak 10 gram. Kemudian dipotong-potong kecil, rebus dengan air 600 ml air sampai tersisa 200 ml. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat.

8. Ramuan untuk badan capai dan pegal-pegal setelah bekerja. Sediakan 4 lembar daun kecubung segar dan kapur sirih secukupnya. Daun kecubung ditumbuk/digiling hingga halus, tambahkan kapur sirih hingga membentuk adonan. Gunakan ramuan untuk mengolesi badan yang sakit.

9. Ramuan untuk badan terasa nyeri dan pegal linu. Sediakan 3 tangkai daun kelor (gunakan tangkai daunnya saja), 1/2 sendok makan kapur sirih. Kedua bahan dihaluskan dan dibuat seperti param, gunakan ramuan untuk dioleskan pada badan yang sakit.

10. Ramuan untuk menghilangkan rasa capai atau lelah. Sediakan 1 rimpang kencur ukuran besar, 2 sendok beras yang sangrai (digoreng tanpa minyak) dan 1 buah cabai merah. Semua bahan direbus dengan 400 ml air sampai tersisa setengahnya. Ramuan disaring dan diminum selagi hangat. Untuk pria boleh ditambahkan 1 potong lengkuas dan bubuk lada secukupnya.

11. Ramuan untuk mengobati pegal linu dan rheumatik 1. Sediakan daun pandan segar 3 lembar, dicuci dan diris tipis-tipis. Kemudian diseduh dengan 1/2 gelas minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk. Setelah dingin digunakan untuk menggosok badan yang sakit.

12. Ramuan untuk mengobati pegal linu dan rheumatik 2. Sediakan 5 lembar daun pandan segar dan daun serai 10 lembar. Dicuci kemudian dilumatkan/ditumbuk halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan 1 sendok makan minyak gandapura. Campur dan aduk semua bahan sampai merata, gunakan ramuan untuk menggosok badan yang sakit.

13. Ramuan untuk menyegarkan badan terasa letih, lemah atau lesu. Daun pegagan secukupnya, dijemur hingga kering. Kemudian diseduh menggunakan air panas/air mendidih seperti menyeduh teh. Minum teh daun pegagan jika badan terasa letih, lesu atau loyo. Selain itu, teh daun pegagan juga berkhasiat sebagai pembangkit nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut dan mimisan.

14. Ramuan untuk mengobati pegal linu. Sediakan akar pohon turi bunga merah secukupnya, kemudian digiling halus dan tambahkan sedikit air sambil diaduk hingga seperti adonan/bubur. Gosokkan ramuan pada badan yang terasa pegal atau linu.

11 Resep Obat Tradisional untuk Sakit Pinggang

1. Sediakan akar pohon pulai pandak sebanyak 50 gram dan direndam dengan 1 gelas arak selama satu malam, kemudian diminum sekaligus setelah makan.

2. Sediakan biji blustru yang sudah tua secukupnya, kemudian disangrai (goreng tanpa minyak) hingga hangus. Kemudian digiling halus hingga menjadi seperti bubuk kopi. Cara menggunakan, seduh 10 gram bubuk biji blustru dengan 1/2 sloki arak, lalu diendapkan. Airnya diminum sekaligus dan ampasnya yang mengendap dioleskan pada pinggang yang sakit.

3. Sediakan akar tanaman blustru secukupnya, kemudian dipanggang diatas api yang dialasi genteng atau wajan tanah sampai kering. Kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Cara menggunakan, masukkan 10 gram bubuk akar blustru kedalam 1/2 sloki arak, diaduk dan diminum sekaligus.

4. Ramuan untuk obat sakit pinggang dan keseleo. 8 rimpang jahe segar seukuran ibu jari dan asam jawa secukupnya. Jahe diparut dan dicampur rata dengan asam jawa. Oleskan/gosokkan ramuan pada pinggang atau bagian badan yang sakit.

5. Sediakan 4 lembar daun kecubung segar dan kapur sirih secukupnya. Daun kecubung ditumbuk hingga lumat, campur dengan kapur sirih hingga seperti adonan. Gunakan ramuan untuk menggosok pinggang yang sakit.

6. Sediakan 1 genggam daun landep segar dan air kapur sirih secukupnya. Daun landep dilumatkan/ditumbuk halus, tambahkan air kapur sirih sambil diaduk sampai tercampur rata. Balurkan/gosokkan ramuan pada pinggang yang sakit.

7. Sediakan daun pinang dan minyak kelapa secukupnya. Daun pinang ditumbuk halus, campurkan dengan minyak kelapa kemudian dipanaskan sebentar diatas api. Selagi hangat ramuan digunakan untuk mengompres pinggang yang sakit.

8. Sediakan 30 gram tanaman sangketan (seluruh bagian tanaman) dicuci sampai bersih. Kemudian dipotong kecil-kecil dan direbus dengan 600 ml air sampai tersisa 200 ml. Lalu disaring dan diminum selagi hangat, ampasnya digunakan untuk mengompres pinggang yang sakit.

9. Sediakan 20 lembar daun sirsak dan 1 liter air bersih. Daun sirsak dicuci dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 600 ml. Air rebusan diminum selagi hangat, 1 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

10. Ramuan untuk mengatasi nyeri pinggul (pegal pinggang bagian bawah). Sediakan 1 genggam daun srigading, direbus dengan api kecil menggunakan air 600 ml sampai tersisa 200 ml. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat. Wanita hamil dilarang minum ramuan herba ini.

11. Sediakan 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit seukuran ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing. Semua bahan direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Kemudian disaring dan diminum 1 kali sehari 1 gelas.

Demikian tentang “ 25 Resep Obat Pegal Linu Tradisional, Obat Sakit Pinggang, Badan pegal-pegal, Capai dan Loyo“. Semoga bermanfaat…

Referensi :
alodokter.com
herbalisnusantara.com

Salam mitalom !!!