Mengenal Jenis-jenis TANAMAN HIAS DAUN Terpopuler dan Ciri-cirinya (Part 1)

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun (Part 1)

Tanaman Hias – Tanaman Hias adalah semua tanaman yang sengaja ditanam sebagai komponen penghias taman, kebun rumah, ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Tanaman hias dikelompokkan menjadi beberapa menurut bagian yang dimanfaatkannya. Salah satunya adalah tanaman hias daun, tanaman hias ini dimanfaatkan daunnya karena keindahan bentuk dan juga warna daun itu sendiri. Berikut jenis-jenis tanaman hias daun.

1. Apu-apu (Pistia Stratiotes)

Apu-apu

Apu-apu (Pistia Stratiotes) merupakan tumbuhan air yang biasa kita jumpai mengapung pada air tenang atau kolam. Satu-satunya tumbuhan yang masuk kedalam marga Pistia ini juga sebagai sebagai tumbuhan pelindung aquarium, karena tumbuhan ini dapat menyerap kandungan logam dalam air.

2. Aglaonema

Aglaonema (amazon.com,longacres.co.uk)

Aglaonema atau biasa disebut Sri Rejeki, merupakan jenis tanaman hias daun yang memiliki daun lebar berbentuk oval dan memiliki warna dan corak yang beragam. Tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya, dapat tumbuh di ruangan yang mendapatkan sinar matahari namun tidak secara langsung dan cukup lembab. Tanaman ini mudah kering saat kemarau atau saat berada ditempat yang panas.

3. Anthurium

Anthurium red winner (plantern-kopen.com)

Anthurium merupakan tanaman dari keluarga Araceae, ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium pada keluarga Araceae. Daya tarik tanaman ini ada padadaunnya yang memiliki bentuk yang unik, bervariasi dan indah. Dengan daun yang berwarna hijau tua dengan urat dan tulangdaun yang besar dan menonjol. Tanaman ini juga pernah berharga sampai ratusan juta rupiah pada masa puncak kejayaannya.

4. Beringin

Beringin (vizpark.com)

Beringin (Ficus benjamina) adalah tanaman yang termasuk dalam suku ara-araan atau Moraceae, yang disebut juga waringin atau ki ara (ki berarti “pohon”). Beringin biasa digunakan untuk tanaman hias di dalam maupun di luar ruangan, juga sering digunakan sebagai objek bonsai. Beringin merupakan tumbuhan yang sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Beringin sering pula disamakan dengan pohon bodhi, meskipun keduanya adalah tanaman yang berbeda.

5. Cocor Bebek

Cocor bebek (picclick.com)

Cocor bebek atau suru bebek (Kalanchoe pinnata) adalah tumbuhan sukulen (mengandung air) yang berasal dari madagaskar. Cocor beber terkenal karena cara reproduksinya yang unik, yaitu melalui tunas daun.

6. Pakis Haji

Pakis haji (bloquer.com)

Pakis haji adalah salah satu tanaman pakis (Cyras) yang sering dijumpai di wilayah Nusantara. Tanaman pakis adalah tanaman asli dari Indonesia yang biasa disebut pakis haji adalah jenis Cyras rumphii. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman penghias taman maupun pekarangan rumah dan batangnya mengandung pati yang dapat dimakan.

7. Hanjuang

Hanjuang merah (wikipedia.org)

Hanjuang (Cordyline) atau dalam bahasa Jawa sering disebut andong, merupakan perdu dan berbatang yang sering digunakan sebagai tanaman penghias taman. Tanaman hanjuang sendiri merupakan tanaman yang tahan di segala iklim dan termasuk mudah dalam perawatannya.

8. Calathea

Calathea (wikipedia.org)

Mungkin banyak yang masih asing bila mendengar namanya, namun bila kita melihat langsung tanaman ini pasti kita sering melihatnya di tanam di pekarangan rumah maupun di lapak penjual tanaman hias. Karena tanaman ini memiliki corak daun yang sangat dekoratif, calathea sering digunakan untuk tanaman hias dalam pot.

9. Keladi

Keladi hias/caladium (costafarm.com)

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium. Ciri khas dari tumbuhan yang berasal dari hutan Brazil ini adalah bentuk daunnya yang seperti symbol hati/jantung dan mengandung lapisan lilin. Tanaman yang pada musim kering menghilangkan daunnya (dorman) dan tumbuh kembali saat ketersediaan air tercukupi ini biasanya memiliki lebar daun tidak lebih dari 1 meter. Ada sekitar 7 jenis Caladium yang semuanya berasal dari hutan Brazil hingga Amerika Tengah, dan yang peling popular adalah jenis Caladium Bicolor karena memiliki bentuk dan warna daun yang dekoratif.

10. Ketapang Kencana

Ketapang kencana (wikipedia.org)

Ketapang Kencana ( Terminalia mantaly) adalah tumbuhan perdu yang berwujud pohon. Tanaman yang masih terbilang langka untuk jenis tanaman hias ini selain bentuknya indah serta daunnya yang rimbun, tanaman ini juga dapat menyerap polusi sehingga sangat cocok ditanam di halaman rumah diperkotaan.

11. Kol Banda

Kol banda (plant-swecture.com)

Kol banda (Pisonia alba Spanoghe) adalah tanaman hias berbentuk pohon yang memiliki daun yang tipis dan lebar, berwarna hijau pucat kekuningan sampai putih, batangnya halus dan berwarna cerah. Tanaman yang diduga berasal dari kepulauan Maluku ini dapat tumbuh hingga tinggi 10m. Selain sebagai tanaman hias, daun pada tanaman yang memiliki bunga majemuk berbentuk tabung ini ternyata memiliki efek anti radang dan anti kuman.

12. Paku/Pakis

Menurut Wikipedia, tumbuhan paku adalah sekelompok tumbuhan dengan system pembuluh sejati (Tracheopyta) yang tidk menghasilkan biji tetapi melepaskan spora untuk perkembangbiakannya. Ada sekitar 12.000 total spesiel tumbuhan paku, beberapa diantaranya digunakan untuk tanaman hias karena bentuknya yang unik serta indah, diataranya adalah : pakis pedang, pakis sarang burung, pakis tanduk rusa dan lain sebagainya.

13. Palem

Palem merah (wikipedia.org)

Palem merupakan tanaman hias yang bersifat cosmopolitan yang biasa tumbuh di daerah tropis dan subtropics. Dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi, dipegunungan maupun dipantai, ditanah yang subur maupun tanah yang gersang. Berikut adalah beberapa jenis tanaman palem yang biasa dijadikan tanaman hias.

Page 2 >>