Mengenal Jenis-jenis PALEM KIPAS Terpopuler dan Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Jenis-jenis Tanaman Hias PALEM KIPAS

Tanaman Hias – Tanaman palem merupakan tanaman dari suku pinang-pinangan atau Aracaceae yang mana tanaman ini merukan tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman kelapa, enau dan pinang.

Palem merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam golongan tanaman hias. Tanaman ini sangat popular dikalangan masyarakat terutama pada kalangan masyarakat di perkotaan.

Ini dikarenakan tanaman hias ini cukup mudah dalam perawatannya dan dapat tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis, di dataran rendah maupun dataran tinggi, dapat pula tumbuh di tanah yang subur maupun yang gersang sekalipun.

Salah satu dari jenis tanaman palem ini adalah jenis PALEM KIPAS. Palem kipas, atau dalam bahasa latin disebut juga Livistona chinesis memiliki ciri yang unik yang membedakannya dari jenis palem yang lain, yaitu bentuk daunnya yang membentuk setengah lingkaran dan menyerupai kipas. Diameter daunnya bisa mencapai 30-50 cm dan tingginya dapat mencapai 10 meter pada habitat aslinya.

Klasifikasi Palem Kipas

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Arecidae
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae (suku pinang-pinangan)
Genus : Livistona
Spesies : Livistona spp

Mengenal 7 Jenis Palem Kipas

1. Palem Sadeng Sinensis

Palem Kipas Sadeng Sinensis (Foto : tukangtanaman.blogspot.com)

Palem sadeng (Saribus Rotundifolius) adapula yang menyebutnya Palem Serdang memiliki ciri khas daun yang berbentuk bulat seperti kipas dan berwarna hijau cerah ketika masih muda. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 12 m dengan diameter batang bisa mencapai 25cm. Batang cenderung melengkung seperti batang pohon kelapa, pada ujung daunnya terdapat rumbai-rumbai dan batang daunnya tidak berduri.

2. Palem Sadeng Minyak

Tidak jauh berbeda dengan palem sadeng sinensis, tanaman ini juga memiliki daun yang menyerupai kipas. Perbedaannya adalah tanaman ini memiliki daun yang mengkilap walau sudah dewasa dan memiliki batang yang tegak lurus. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 20 meter dengan diameter batang mencapai 25cm.

3. Palem Dop

Palem Dop (Foto : flickr.com)

Palem kipas atau tanaman yang daunnya menyerupai kipas yang satu ini mempunyai ciri khas posisi daun yang membentuk sudut 45 derajat dengan batangnya pada daun tua. Paem dob memiliki warna daun yang pudar dan dapat mencapai tinggi 10m. Tanaman ini agak sedikit rewel, itu dikarenakan palem dop menyukai banyak air yang membuat tanaman ini mudah stress.

4. Bismarckia

Palem Bismarckia (Foto : shadiqsabri.wordpress.com)

Diberi nama sesuai dengan nama kanselir pertama dari Kerajaan Jerman, Pangeran Otto von Bismarck dan mengikuti nama dari saudaranya Bismarckia Nobilis yang berasal dari bahasa latin yang artiya tumbuh dari batang soliter. Tanaman ini memiliki ciri, daun berbentuk bulat dengan lebar dapat mencapai 3 m, berwarna abu-abu dengan batang berwarna coklat, Bismarckia dapat tumbuh hingga 25m di habitat alaminya sedangkan dalam budidaya tanaman ini hanya dapat mencapai tinggi 12 m saja.

Biasanya yang paling banyak dibudidayakan adalah yang berdaun abu kebiruan, meskipun ada juga yang berwarna hijau (jenis yang kurang tahan terhadap cuaca dingin).

5. Palem Sadeng Kebo

Jenis palem kipas yang satu ini sangat mirip dengan palem sadeng minyak. Perbedaannya adalah daunnya yang tidak mengkilap seperti sadeng minyak. Sadeng kebo memiliki diameter batang yang bisa mencapai 50cm, tanaman ini mudah stress dan termasuk sulit dalam perawatannya, sehingga jarang diminati.

6. Palem Waregu

Palem Waregu (Foto : pinterest.co.uk)

Palem Waregu (Rhapis Excelsa) dalah salah satu jenis palem yang tumbuh berumpun, daunnya berwarna hijau tua dan berbentuk kipas dengan 5 – 10 torehan dalam 1 daun dan memiliki lebar 15-50 cm. Tanaman yang berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara ini memiliki batang beruas sebagai tempat tumbuh daun menyerupai bambu dan terdapat bulu halus yang menyelimuti batang.

7. Palem Kol

Palem Kol (Foto : indonetwork)

Merupakan jenis palem yang daunnya menyerupai kipas berbentuk bundar utuh dengan diameter daun 60 – 100 cm, kedua sisinya. Helai daun berlipat kecil-kecil dengan warna hijau mengkilap dengan tepi bergerigi dan memiliki bunga berwarna yang berwarna mencolok (Rend.)

Demikian tentang “Jenis-jenis Tanaman Hias PALEM KIPAS yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!