Pupuk Tomat Pertama Sistem Kocor : Pupuk Terbaik untuk TOMAT Umur 10 HST

Pemupukan TOMAT Sistem Kocor Umur 10 HST (Pupuk Susulan Pertama)

Pupuk pertama untuk tomat sistem kocor

Pupuk & Pemupukan – Selain pupuk dasar, tanaman tomat juga perlu diberikan pupuk susulan. Pupuk susulan adalah pupuk yang diberikan beberapa hari setelah bibit tomat ditanam.

Pupuk susulan pertama tanaman tomat diberikan dengan tujuan sebagai asupan nutrisi bagi tanaman tomat untuk menunjang masa pertumbuhan vegetatif di awal pertumbuhannya.

Pertumbuhan dan produktuvitas tanaman tomat ditentukan oleh ketepatan pemupukan pada masa-masa awal pertumbuhannya ini.

Pupuk susulan pertama tanaman tomat bisa diberikan dengan teknik tabur atau dapat juga diberikan dengan cara kocor.

Umur Berapa Hari Tanaman Tomat Diberi Pupuk Susulan Pertamakali?

Relatif, tergantung kebiasaan masing-masing petani. Ada petani yang memberi pupuk susulan pertama tanaman tomat pada umur 5 hari setelah tanam.

Ada juga yang memberi pupuk pertama untuk tomat pada usia 7 hari setelah tanam. Dan saya sendiri memberi pupuk pertama untuk tomat pada usia 10 hari setelah tanam.

Tidak ada SOP khusus tentang pemberian pupuk pertama untuk tomat, yang penting kebutuhan nutrisi tercukupi.

Apa Jenis Pupuk Pertama untuk Tomat?

Ini juga relatif, tergantung kebiasaan dan ketersediaan pupuk. Yang pasti, tanaman tomat sangat membutuhkan sedikitnya 5 jenis unsur hara makro untuk menunjang pertumbuhannya.

Unsur hara makro tersebut antara lain nitrogen (N), phospor (P), kalium (K), magnesium (MgO) dan calsium (Ca).

Jenis pupuk pertama untuk tomat antara lain NPK 16-16-16, NPK Phonska, NPK 15-15-15 atau kombinasi pupuk urea/ZA, SP36/TSP dan KCL.

Saya pribadi lebih sering menggunakan jenis pupuk yang keempat, yaitu kombinasi pupuk urea/ZA, TSP/SP36 dan KCL dengan formula khusus agar sesuai dengan kebutuhan tanaman tomat di masa awal pertumbuhannya.

Mengapa saya lebih suka menggunakan kombinasi 3 jenis pupuk tersebut? Pertama, lebih murah dibandingkan pupuk NPK 16-16-16 (umumnya berwarna biru).

Alasan yang kedua, formula atau perbandingan unsur N, P dan K bisa diatur sesuai dengan kebutuhan tanaman tomat.

Berapa Dosis yang Tepat Pupuk Pertama untuk Tomat?

Dosis pupuk tomat pertama yang saya berikan pada usia 10 hari setelah tanam adalah 4,76 kg yang terdiri dari pupuk urea 0,7 kg, sp36 3,4 kg dan kcl 0,66 kg.

Kombinasi 3 jenis pupuk ini setara dengan 2 kg pupuk NPK 16 – 60 – 20. Darimana rumusnya? Silahkan cek disini : Rumus Cara Membuat Pupuk NPK Sendiri Bahan Urea, SP36 dan KCL

Mengapa pupuk SP36 lebih banyak dari pupuk urea dan kcl? Mengapa pupuk Urea sangat sedikit, bukankah unsur N banyak dibutuhkan pada masa pertumbuhan vegetativ (pertumbuhan awal?

Dimasa-masa awal pertumbuhan, tanaman tomat membutuhkan lebih banyak unsur P agar pertumbuhannya normal.

Sedangkan nitrogen cukup 16% saja, jika ternyata nantinya tanaman tomat menunjukkan gejala kekurangan unsur ini maka bisa ditambah.

Dosis ini untuk 1000 tanaman tomat. Pemupukan pertama untuk tomat saya berikan dengan sistem kocor.

Tiga jenis pupuk tersebut dilarutkan dengan 200 liter air dan dikocorkan 200 ml untuk setiap tanaman tomat. Satu drum larutan pupuk 200 liter cukup untuk 1000 tanaman tomat.

Demikian tentang “Pupuk Pertama untuk Tomat : Pupuk Terbaik untuk Tomat Umur 10 Hari Setelah Tanam” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!