Pupuk ULTRADAP untuk Padi : Lengkap dengan Manfaat dan Dosis Aplikasinya

Manfaat dan Kegunaan ULTRADAP untuk Padi

Pupuk & Pemupukan – ULTRADAP adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung unsur nitrogen dan phospat.

Pupuk ultradap memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan dan produktivitas tanaman budidaya.

Pupuk ultradap dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis tanaman seperti tomat, cabai, terung, kacang panjang bahkan tanaman pangan misalnya padi.

Dengan kandungan phospat yang tinggi dan nitrogen membuat pupuk kristal yang 100% larut air ini sangat berguna bagi tanaman padi di masa awal pertumbuhan.

Kandungan ultradap antara lain nitrogen (N) 12 persen dan phospat/fosfor (P) 60 persen. Nitrogen dan phospat memiliki peran vital bagi tanaman muda atau tanaman baru.

Manfaat dan Kegunaan Pupuk ULTRADAP untuk Padi

Pupuk ultradap dapat diaplikasikan untuk tanaman padi yang baru dipindah tanam hingga menjelang berbunga.

Pupuk ultradap merupakan pupuk soluble fertilizer (pupuk larut air) berbentuk kristal yang cocok diaplikasikan dengan penyemprotan.

Untuk tanaman padi, ultradap bermanfaat dalam meningkatkan hasil panen baik kuantitas maupun kualitas.

Berikut ini manfaat ultradap untuk padi ;

1). Merangsang pertumbuhan akar baru

Ultradap bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman padi yang baru ditanam sehingga tanaman padi cepat menghijau dan subur.

2). Memperkuat batang tanaman padi

Manfaat lain pupuk ultradap untuk tanaman padi yaitu membentuk batang, memperkuat batang tanaman padi sehingga tidak mudah roboh.

3). Meningkatkan pruduksi padi

Unsur P pada ultradap bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan anakan serta merangsnag pembentukan bunga sehingga buah padi menjadi lebat dan berisi.

4). Mempercepat pertumbuhan tanaman padi

Kandungan N dan P pada pupuk ultradap yang sesuai dengan kebutuhan tanaman padi di awal pertumbuhan hingga menjelang berbunga dapat memacu pertumbuhan tanaman padi, meliputi tinggi tanaman, warna daun lebih hijau hingga jumlah anakan lebih banyak.

5). Meningkatkan persentase bunga menjadi gabah

Phospat diketahui bermanfaat mencegah bunga rontok/gugur, meningkatkan persentase bunga menjadi gabah dan lebih berisi.

6). Tanaman padi lebih tahan terhadap serangan penyakit

Kebutuhan phospat yang terpenuhi membuat tanaman padi tumbuh subur, meningkatkan imunitas tanaman dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Manfaat pupuk ultradap untuk padi/mitalom.com

Dosis dan Cara Menggunakan ULTRADAP pada Tanaman Padi

Pupuk ultradap dapat digunakan dengan berbagai macam metode aplikasi, yaitu ditabur, dikocor dan disemprotkan. Namun untuk tanaman padi, cara menggunakan pupuk ultradap paling cocok dengan cara penyemprotan.

Aplikasi pupuk ultradap untuk tanaman padi dimulai ketika tanaman padi berusia 7 hari setelah tanam hingga menjelang berbunga.

Dosis pupuk ultradap untuk padi yaitu 2-4 sendok makan per tangki semprot 16 liter atau 2-4 gram per liter air.

Penyemprotan dilakukan setiap 7 hari sekali, penyemprotan ultradap pertama ketika tanaman padi berumur 1 minggu hingga menjelang keluar bunga.

Demikian tentang “Manfaat Pupuk ULTRADAP untuk Tanaman Padi Lengkap dengan Dosis dan Cara Menggunakannya” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!