Wajib Baca !! Ini Perbedaan MANCOZEB Biru dan Kuning : Mana Lebih Bagus?

Apakah Mancozeb Biru dan Kuning itu Berbeda?

Pestisida – Apa perbedaan mankozeb biru dan kuning? Mana yang lebih bagus mancozeb biru atau kuning? Apa saja manfaat mankozeb biru? Apa keunggulan dari mankozeb biru?

Tidaklah mengherankan kalau sampai detik ini masih banyak yang bertanya-tanya tentang mancozeb biru (fungisida bahan aktif mankozeb berwarna biru).

Sebab fungisida dengan bahan aktif mankozeb biru masih tergolong jenis baru, meskipun tidak baru-baru amat.

Mungkin belum familiar saja, beda dengan fungisida mankozeb kuning yang sudah lama dikenal oleh teman-teman petani.

Dan sampai saat ini sepertinya distribusi fungisida mankozeb berwarna biru memang belum menyentuh keseluruh pelosok negeri ini.

Mari kita luangkan waktu sejenak untuk mengingat kembali tentang bahan aktif fungisida mancozeb. Mankozeb termasuk fungisida kontak golongan Ditio-Karbamat, umumnya dianggap sebagai kelompok fungisida dengan resiko rendah tanpa ada tanda-tanda resistensi (Tidak ada resistensi silang antara anggota kelompok M1 sampai M9).

Cara kerja mankozeb adalah dengan menghambat kegiatan enzim yang ada pada jamur dengan menghasilkan lapisan enzim yang mengandung unsur logam yang berperan dalam pembentukan ATP.

Fungisida bahan aktif mankozeb bekerja secara kontak pada banyak target sehingga dapat digunakan untuk memberantas berbagai jenis penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur pada banyak tanaman. Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat fungisida mankozeb ;

1). Mengendalikan penyakit antraknosa/patek/busuk kering pada buah cabai (Colletotrichum capsici),
2). Mengendalikan penyakit busuk daun teh (Cylindrocladium scoparium. Hawley),
3). Mengendalikan penyakit antraknosa pada bawang merah,
4). Mengendalikan penyakit busuk daun tomat (Phytophtora infestans),
5). Mengendalikan penyakit busuk pada kubis (Erwinia corotovora)

Perbedaan Mancozeb Biru dan Kuning

Apa yang membedakan antara mancozeb biru dan kuning? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman tentang perbedaan mancozeb biru dan kuning maka saya mencoba menjelaskan diartikel ini sejauh yang saya tahu. Mohon maaf sebelumnya jika ada kekurangannya atau ada hal-hal yang belum bisa saya jelaskan. Nah berikut ini sedikit penjelasan tentang perbedaan mancozeb biru dan kuning ;

1. Mancozeb Kuning

Bahan aktif fungisida Mancozeb pertamakali dikenalkan oleh Rohm, Hass dan Du Pont pada tahun 1961, dengan nama dagang Mencozeb dan Manzate. Fungisida ini diaplikasikan untuk melindungi tanaman dari infeksi jamur patogen. Mancozeb adalah gabungan antara Maneb dan Zink, keduanya memiliki keunggulan masing-masing sehingga mampu membasmi berbagai jamur patogen pada tanaman. Bahan aktif Mankozeb terdiri dari Mangan 16%, Zink 2%, dan 62% ethylenebisdithio carbamat/mangan ethylenebisdithio carbamat plus non zink.

Semua merk fungisida bahan aktif mancozeb ini berwarna kuning sebagaimana yang sudah kita kenal dan kita gunakan sejak lama. Contoh fungisida bahan aktif mancozeb kuning adalah Bion-M 80WP, Gita 80WP, Dithane-M45, Indothane 80 WP dan lain sebagainya.

2. Mancozeb Biru (Blue Mancozeb)

Fungisida mancozeb jenis ini belum begitu dikenal dan masih tergolong produk baru. Ini merupakan salah satu upaya para produsen pestisida untuk meningkatkan kualitas produknya.

Produk fungisida bahan aktif mancozeb biru dan kuning sebenarnya sama, fungsi dan manfaatnya sama juga sama-sama berbahan aktif mancozeb. Namun kualitas atau daya kerja fungisida tersebut yang sedikit berbeda.

Bahan aktif Mankozeb terdiri dari Mangan 16%, Zink 2%, dan 62% ethylenebisdithio carbamat/mangan ethylenebisdithio carbamat plus non zink.

Namun pada produk fungisida mancozeb yang berwarna biru, komposisi MN (Mangan) dan Zink lebih tinggi (atau jauh lebih tinggi) saya tidak tahu pasti berapa persen Mn dan Zink pada fungisida mancozeb yang berwarna biru.

Pada kemasan produk fungisida mancozeb biru jelas terlihat terdapat tulisan MN++ (Mangan plus plus) dan Zink++ (Zink plus plus).

Secara logika tulisan tersebut menjelaskan bahwa fungisida mancozeb biru tersebut memiliki kandungan MN dan Zink lebih tinggi daripada fungisida mancozeb kuning.

Kelebihan dan Keunggulan Mancozeb Biru

Di atas telah dijelaskan bahwa kandungan MN dan Zink pada mankozeb biru lebih tinggi daripada mankozeb kuning.

Dengan kandungan MN++ dan Zink++ maka bisa disimpulkan bahwa fungisida mancozeb biru memiliki kemampuan mengendalikan penyakit yang lebih baik.

Dengan kata lain, efektifitas mancozeb biru dalam mengendalikan penyakit jamur lebih tinggi daripada mancozeb kuning.

Perbedaan mancozeb biru dan kuning/mitalom.com

Merk Dagang Mancozeb Biru

Berikut ini beberapa contoh merk dagang fungisida berbahan aktif mankozeb biru ; Penncozeb BLUE 80WP (Nufarm), Rotazeb 80WP (Rotam), YooZeb 82WP, Manteb 80WP, Uthane-Blue 80WP, Narkozeb 85WP, Raincozeb 80WP dan masih banyak lagi merk lainnya.

Harga Fungisida Mancozeb Biru

Harga fungisida mancozeb biru tidak mahal dan terjangkau, jika dibandingkan dengan harga mancozeb kuning bisa dibilang sama bahkan ada yang lebih murah.

Sebagai contoh, salah satu merk fungisida mancozeb biru kemasan 800 gr harganya berkisar Rp. 89.000 – Rp. 93.000.

Demikian tentang “Perbedaan Mancozeb Biru dan Kuning” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!