Prevathon vs Regent : Baca Ini Sebelum Mencampur Prevathon 50SC dan Regent 50SC !!

Lebih Ampuh Prevathon 50 SC atau Regent 50 SC?

Pestisida – Insektisida Prevathon 50 SC dan Regent 50 SC adalah merk insektisida yang telah dikenal dan digunakan secara luas oleh petani.

Kedua jenis insektisida ini dapat digunakan untuk mengendalikan hama pada berbagai jenis tanaman budidaya, seperti padi, jagung, kedelai, kacang panjang, cabai, kubis/kol dan lain sebaganya.

Insektisida Prevathon FMC

Prevathon 50 SC adalah insektisida sistemik racun kontak lambung dan racun syaraf berbentuk pekatan suspensi berwarna putih kekuningan.

merk dagang insektisida yang diproduksi oleh FMC Indonesia (Dulu merk dagang Prevathon dimiliki oleh Dupont).

Bahan aktif prevathon 50 SC adalah Klorantraniliprol (Cholantraniliprole), yaitu bahan aktif insektisida golongan Diamida, kode cara kerja 28.

Cara kerja klorantraliniprol : menyebabkan aktifnya otot reseptor rianodin yang mengakibatkan kontraksi dan kelumpuhan. Reseptor rianodin berperan melepaskankalsium ke dalam sitoplasma dari sel intraseluler.

Hama sasaran insektisida Prevathon 50 SC :

Ulat grayak (Spodoptera litura), Penggerek polong (Maruca testutalis), Penggorok daun (Lyriomyza huidobrensis), Penggerek buah (Conopomorpha cramerella), Rayap tanah (Coptotermes curvignathus), Ulat api (Setora nitens), Ulat kantong (Metisa plana), Ulat penggerek buah (Tirathaba rufivene), Ulat krop (Crocidolomia pavonana), Hama putih palsu (Cnaphalocrosis medinalis), Penggerek pucuk (Scirpophaga excerptalis), Penggerek buah (Heliothis armigera).

Insektisida Regent 50 SC

Regent 50 SC adalah insektisida sistemik racun kontak dan lambung. Insektisida ini juga memiliki efek ZPT (zat pengatur tumbuh) yang dapat merangsang pertumbuhan akar dan membuat daun lebih hijau.

Regent 50 SC diproduksi oleh BASF dengan bahan aktif Fipronil. Fipronil merupakan bahan aktif insektisida dari golongan Fenifirazol dengan kode cara kerja 2B.

Cara kerja insektisida golongan Fenifirazol yaitu memblokir saluran klorida aktivasi GABA, menyebabkan hyperexcitation dan kejang-kejang. GABA adalah neurotransmiter inhibisi utama pada serangga.

Hama sasaran insektisida Regent 50 SC :

Ulat gantung (Plutella xylostella), Thrips (Thrips parvisvinus), Kutu daun (Myzus persicae), Wereng coklat (Nilaparvata lugens), Walang sangit (Leptocorisa oratorius), Penggulung daun (Lamprosema indicata), Kepik hijau (Nezara viridula), Belalang.

Prevathon 50 SC VS Regent 50 SC/mitalom.com

Perbedaan Prevathon FMC vs Regent

Prevathon 50 SC dan Regent 50 SC merupakan dua merk insektisida yang berbeda. Dua jenis insektisida ini diproduksi oleh dua produsen yang berbeda dengan bahan aktif yang juga berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan Prevathon 50 SC vs Regent 50 SC ;

1. Beda bahan aktif Prevathon 50 SC vs Regent 50 SC

Bahan aktif Prevathon 50SC adalah Klorantraniliprol, bahan aktif Regent 50 SC adalah Fipronil.

2. Beda golongan bahan aktif Prevathon 50 SC vs Regent 50 SC

Klorantraniliprol (bahan aktif Prevathon) adalah insektsida golongan Diamida, Fipronil (bahan aktif Regent) adalah insektisida dari golongan Fenifirazol.

3. Beda cara kerja Prevathon vs Regent

Prevathon (KLorantraniliprol) bekerja dengan mengaktifkan reseptor rianodin yang menyebabkan kontraksi dan kelumpuhan. Regent (Fipronil) bekerja dengan memblokir saluran klorida aktivasi GABA, menyebabkan hyperexcitation dan kejang-kejang.

4. Cara kerja Prevathon vs Regent

Prevathon : insektisida sistemik racun kontak lambung dan racun syaraf
Regent : insektisida sistemik racun kontak, lambung dan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)

Berikut ini tabel perbedaan Prevathon vs Regent :

Prevathon vs Regent
Prevathon 50SC Spesifikasi Regent 50 SC
FMC Produsen Basf
SC (Suspension Concentrate) Formulasi SC (Suspension Concentrate)
Klorantraniliprol Bahan aktif Fipronil
Diamida (28) Golongan Fenifirazol (2B)
sistemik racun kontak lambung dan racun syaraf Cara kerja sistemik racun kontak lambung dan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)
0.5 – 3.0 ml/liter Dosis pemakaian 0.25-2 ml/liter

Apakah Prevathon dan Regent Boleh Dicampur?

Insektisida Prevathon 50 SC dan Regent 50 SC sebaiknya tidak dicampur, karena meskipun bahan aktif prevathon dan regent berbeda dan dari golongan yang bebeda akan tetapi memiliki cara kerja yang sama.

Demikian tentang “Prevathon vs Regent : Mana Lebih Unggul? Bolehkah Dicampur?” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!