Ini Perbedaan NATIVO Vs AmistarTop, Apakah Boleh Dicampur?

Perbedaan dan Manfaat Nativo dan Amistartop

Pestisida – Nativo 75WG dan Amistartop 325 SC adalah dua merk fungisida yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang berprofesi sebagai petani.

Kedua jenis merk pestisida ini memiliki kesamaan, yaitu sebagai pengendali jamur penyebab penyakit pada tanaman.

Selain itu, keduanya sama-sama mengandung ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) sehingga memiliki fungsi ganda, sebagai pembasmi jamur sekaligus penyubur tanaman.

Fungisida Nativo 75 WG diproduksi oleh PT. Bayer Indonesia, sedangkan Amistar Top 325 SC diproduksi oleh PT. Syngenta Indonesia.

Nativo memiliki dua bahan aktif yaitu tebukonazol dan trifloksistrobin, Amistar Top juga mengandung dua bahan aktif yaitu difenokonazol dan azoksistrobin.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang kedua jenis fungisida ini, apa perbedaan dan kesamaannya, apa manfaatnya, apa bahan aktifnya, bagaimana cara kerjanya dan tentunya pertanyaan yang paling sering kita dengar ; Apakah NATIVO dan Amistar Top boleh dicampur?

Bahan Aktif dan Cara Kerja NATIVO Vs Amistar Top, Apakah Sama?

Bahan aktif nativo adalah tebukonazol dan trifloksistrobin, sedangkan bahan aktif Amistar Top adalah difenokonazol dan azoksistrobin.

Tebukonazol dan difenokonazol adalah bahan aktif fungisida dari golongan Triazol. Trifloksistrobin dari golongan Oksimino-asetat dan Azoksistrobin dari golongan Metoksi akrilat.

Trifloksistrobin dan azoksistrobin adalah dua jenis bahan aktif fungisida dari golongan yang berbeda, akan tetapi memiliki cara kerja yang sama.

NATIVO 75 WG dan Amistar Top 325 SC merupakan fungisida sistemik yang bersifat protektif, kuratif dan eradikatif.

NATIVO dan Amistar Top, Bolehkah Dicampur?

Mencampur dua jenis fungisida atau lebih bertujuan untuk efektifitas aplikasi dan meningkatkan daya kerja fungisida tersebut.

Oleh sebab itu dalam mencampur fungisida ada aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan, agar pencampuran fungisida yang kita lakukan tidak sia-sia.

Salah satu aturan mencampur fungisida adalah dengan memperhatikan bahan aktif, golongan dan cara kerjanya.

Nativo dan amistar top/mitalom.com

Dua atau lebih fungisida boleh dicampur dalam satu aplikasi apabila bahan aktifnya berbeda, dari golongan dan cara kerja yang berbeda pula.

Nah, dalam hal ini antara Nativo dan Amistartop memiliki bahan aktif yang berbeda tapi dari golongan yang sama (Tebukonazol dan Difenokonazol). Bahan aktif lainnya, yaitu Azoksistrobin dan Trifloksistrobin dari golongan yang berbeda tetapi cara kerjanya sama.

Lalu, apakah Nativo dan Amistartop boleh dicampur? Tentu saja tidak !!! Nativo Vs Amistar Top tidak boleh dicampur !!

Mana Lebih Bagus, Nativo atau Amistar Top?

Nativo dan Amistar Top merupakan dua merk dagang fungisida yang memiliki fungsi dan manfaat yang sama, juga sama-sama mengandung zat pengatur tumbuh (ZPT).

Keduanya memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai pembunuh jamur sekaligus sebagai pentubur tanaman.

Kalau ditanya, Nativo Vs Amistar Top mana yang lebih bagus atau mana yang paling bagus? Jawabannya tergantung pengalaman masing-masing. Keduanya sama-sama bagus sesuai dengan fungsinya.

Demikian tentang “Perbedaan NATIVO Vs Amistar Top, Apakah Boleh Dicampur?” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!