Campuran Antracol + Amistartop : Mana Lebih Bagus? Bolehkah Dicampur?

Antracol dan Amistartop Mana Lebih Unggul?

Pestisida – Manakah yang lebih bagus, Antracol atau Amistartop? Apakah Antracol dan Amistartop boleh dicampur? Antracol untuk Campuran Amistartop atau Campuran Antracol menggunakan Amistartop Bolehkah?

Yah, beberapa kalimat diatas adalah pertanyaan yang paling sering di lontarkan oleh para pelaku usaha dibidang pertanian terutama petani hortikultura.

Wajar saja, antracol dan amistartop adalah dua jenis merk pestisida yang berfungsi untuk mengendalikan penyakit jamur.

Benar memang, antracol dan amistartop adalah sama, keduanya sama-sama fungisida. Akan tetapi, jenis jamur sasaran mereka berbeda. Bahan aktif, golongan dan cara kerja antracol dan amistartop juga berbeda.

Lalu, apakah antracol dan amistartop bisa dibandingkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita diskusikan ulasan berikut ini.

Mengenal Fungisida Antracol 70 WP dan Amistartop 325SC

1. Fungisida Antracol 70WP

Antracol 70WP adalah fungisida kontak berbahan aktif propineb 70% dengan formulasi WP (Wattable Powder). Berbentuk tepung, berwarna krem/putih kekuningan. Propineb adalah bahan aktif fungisida dari golongan Ditio-Karbamat dengan kode cara kerja M3. Antracol efektif untuk mengendalikan penyakit busuk buah/antraknosa.

2. Fungisida Amistartop 325SC

Amistartop 325SC adalah fungisida sistemik dengan dua bahan aktif, yaitu azoksistrobin dan difenokonazol yang diformulasikan dalam bentuk SC (Suspension Concentrate). Berbentuk cairan pekat berwarna kuning muda, efektif untuk mengendalikan penyakit busuk phytophthora.

Untuk lebih jelasnya, lihat tabel perbedaan dan kesamaan antracol dan amistartop berikut ini ;

Antracol Vs Amistartop
Spesifikasi Antracol 70WP Amistartop 325SC
Bahan aktif Propineb Azoksistrobin + Difenokonazol
Golongan bahan aktif Ditio-Karbamat Metoksi-Akrilat + Triazol
Cara kerja Kontak Sistemik
Kode cara kerja M3 11 + 3
Formulasi WP SC
Bentuk Tepung Cairan pekat
Jenis Fungisida Fungisida
Produsen Bayer Syngenta

Dari tabel diatas bisa dilihat perbedaan dan persamaan antara Antracol 70WP dan Amistartop 325 SC.

Antracol 70WP Vs Amistartop 325 SC, Mana yang Lebih Baik?

Antara Antracol 70WP dan Amistartop 325 SC tidak bisa dibandingkan apple to apple, kenapa? Karena keduanya memang berbeda, baik dari golongan bahan aktif, jenis bahan aktif, cara kerja maupun kode cara kerja.

Memang mereka sama-sama fungisida akan tetapi jenis jamur sasarannya berbeda. Kesimpulannya, antara Antracol 70WP dan Amistartop 325 SC sama-sama bagus sesuai dengan manfaat dan fungsinya masing-masing.

Apakah Antracol 70WP dan Amistartop 325 SC Boleh Dicampur?

Dalam mencampur atau mixing fungisida mengacu pada 4 point utama, yaitu bahan aktif, golongan, cara kerja dan kode cara kerja.

Jika keempet point utama tersebut berbeda, maka dua jenis atau lebih fungisida boleh dicampur, boleh dimixing untuk efektifitas waktu dan tenaga.

Dalam hal ini, 4 point utama dari fungisida Antracol 70WP dan Amistartop 325 SC jelas berbeda (lihat tabel diatas) sehingga kedua jenis fungisida tersebut boleh dicampur.

Dengan kata lain, campuran antracol boleh menggunakan amistartop atau amistartop boleh dicampur dengan antracol.

Jika ada yang kurang tepat dengan tulisan saya ini atau ada kritik dan saran mari kita diskusikan di kolom komentar.

Demikian tentang “Antracol dan Amistartop, Mana Lebih Baik? Apakah Boleh Dicampur?” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!