Fungisida NEFOS 45WP : Manfaat, Dosis dan Cara Menggunakan Fungisida 3 Bahan Aktif Tembaga Oksiklorida

Manfaat, Bahan Aktif, Dosis dan Kegunaan Fungisida NEFOS 45 WP

Pestisida – Fungisida Nefos 45 WP merupakan salah satu produk unggulan dari PT. Biotis Agrindo, yaitu perusahaan formulator yang bergerak di sektor agrokimia yang sejak tahun 1984 telah menekuni bisnis distribusi pestisida.

Fungisida Nefos 45 WP adalah fungisida yang mampu bekerja sebagai racun protektif sekaligus sebagai racun kuratif.

Racun protektif artinya mampu melindungi tanaman dari serangan penyakit, dan kuratif yaitu mengobati/menyembuhkan tanaman yang terlanjur terserang penyakit.

Fungisida Nefos 45 WP berbentuk tepung yang mudah larut dalam air, berwarna kuning kehijauan/keabu-abuan dengan formulasi WP (Wattable Powder).

Fungisida Nefos 45 WP dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis tanaman, seperti cabai, jagung, kentang, tomat, semangka, melon, mentimun, bawang merah, kubis/kol, bunga kol, brokoli dan lain sebagainya.

Bahan Aktif Fungisida Nefos 45 WP dan Cara Kerjanya

Fungisida Nefos 45 WP adalah fungisida dengan 3 jenis bahan aktif dalam satu formulasi, sehingga lebih praktis digunakan karena tidak perlu mencampur dengan fungisida merk lain.

Fungisida Nefos 45WP (Dok. mitalom.com)

Bahan aktif Fungisida Nefos 45 WP yaitu ;

> Tembaga oksiklorida 29%
> Zineb 12%
> Simoksanil 4%

Dengan 3 bahan aktif yang ada di dalamnya, Fungisida Nefos 45 WP memiliki cara kerja yang bersifat ganda, yaitu sebagai fungisida kontak sekaligus fungisida sistemik.

Dengan adanya kandungan tembaga oksiklorida, Nefos 45 WP bukan hanya sebagai fungisida namun sekaligus sebagai bakterisida. Dengan demikian Fungisida Nefos 45 WP memiliki kemampuan untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Fungisida Nefos 45 WP mampu bekerja sebagai racun protektif (melindungi tanaman dari penyakit) dan sekaligus sebagai racun kuratif (mengobati tanaman yang terserang penyakit).

Jenis Tanaman dan Penyakit Sasaran

Fungisida Nefos 45 WP dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman, baik untuk tanaman pangan maupun sayuran (hortikultura).

Berikut ini jenis tanaman dan penyakit sasaran yang dapat dikendalinkan mengunakan Fungisida Nefos 45 WP :

1. Cabai : antraknosa (Colletotrichum capsici), bercak daun (Cercospora capsici), busuk batang, busuk bakteri/lodoh (Erwinia carotovora).
2. Tomat : hawar daun (Phytophthora infestans), bercak coklat (Alternaria solani), busuk bakteri/lodoh (Erwinia carotovora)
3. Semangka : bercak daun, busuk batang
4. Melon : bercak daun, busuk batang
5. Paprika : antraknosa (Colletotrichum capsici), bercak daun (Cercospora capsici), busuk batang, busuk bakteri/lodoh (Erwinia carotovora)
6. Mentimun : bercak daun, busuk batang
7. Kentang : hawar daun/busuk daun (Phytophthora infestans), bercak kering (Alternaria solani), bercak ungu (Alternaria porri)
8. Padi : hawar daun/kresek
9. Kubis : Busuk batang, busuk daun
10. Kembang kol : Penyakit Busuk Hitam (Xanthomonas campestris Dows)
11. Bawang merah : embun tepung, Perenospora destructor
12. Tembakau : penyakit lanas (Phytophthora nicotianae), rebah semai (Pythium aphanidermatum)
13. Cengkeh : penyakit cacar daun (Phyllosticta sp.)
14. Buah naga : busuk lunak sulur/busuk bakteri

Dosis dan Cara Menggunakan Fungisida Nefos 45 WP

Fungisida Nefos 45 WP berbentuk tepung dengan formulasi WP (Wattable Powder) dengan butiran yang sangat kecil sehingga mudah larut dalam air dan tidak menimbulkan sumbatan pada nozle.

Fungisida Nefos 45 WP diaplikasikan dengan cara penyemprotan atau dikocorkan pada tanaman. Untuk pencegahan dilakukan aplikasi sejak awal tanam dengan dosis terendah setiap seminggu sekali atau sesuai anjuran petugas setempat.

Untuk pengendalian/pengobatan tanaman terserang penyakit dilakukan penyemprotan 3 atau 7 hari sekali atau sesuai anjuran petugas setempat. Dosis penggunaan fungisida Nefos 45 WP yaitu 2-4 gram/liter air atau 30 – 60 gram/tangki 15 liter.

Keunggulan Fungisida Nefos 45 WP

1. Praktis dan ekonomis, tidak perlu repot mencampur sendiri dan hemat biaya
2. Lebih banyak penyakit penting yang dapat dikendalikan dengan hasil baik
3. Bekerja secara ganda, yaitu sebagai racun kontak dan sistemik
4. Mampu bekerja sebagai racun protektif dan kuratif
5. Dapat dicampur dengan PPC (pupuk pelengkap cair) atau insektisida (tidak menimbulkan keracunan pada tanaman)
6. Dapat digunakan dalam segala cuaca, baik musim hujan maupun kemarau
7. Tanaman hijau dan sehat
8. Efek residualnya lebih baik

Demikian tentang “Manfaat dan Kegunaan Fungisida Nefos 45WP” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!