Amistartop VS Tandem, Mana yang Lebih Unggul?

Fungisida Amistartop 325 SC VS Fungisida Tandem 325 SC

PestisidaMohon maaf sebelumnya, tulisan ini bukan bermaksud menjelekkan atau mendiskreditkan produk tertentu ( Kami tidak berafiliasi dengan produk/merk pestisida apapun).

Tulisan ini saya buat semata-mata untuk keperluan edukasi, dengan harapan teman-teman petani lebih teliti untuk membeli dan menggunakan pestisida agar biaya produksi bisa ditekan.

Keputusan untuk menentukan merk mana yang akan dibeli dan digunakan tergantung pada diri kita masing-masing.

 

 

Fungisida adalah pestisida (bahan kimia) yang digunakan untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh jamur.

Sekarang ini banyak sekali merk-merk fungisida yang beredar dipasaran dengan berbagai macam bahan aktif dan kegunaannya.

Sehingga banyak diantara kita bingung memilih fungisida yang kita butuhkan. Terlebih lagi ketika menemukan berbagai macam merk fungisida dengan bahan aktif sama.

Nah, sedikit tips ketika akan membeli fungisida “Perhatikan semua informasi yang ada di kemasannya” ini akan membuat kita tahu apa bahan aktifnya dan apa manfaatnya.

Pun demikian, kadangkala kita masih bingung mana merk fungisida yang paling baik, sebab bahan aktifnya sama, manfaat sama tapi merk berbeda…?

Untuk memastikannya, maka kita perlu mencoba…. Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh bagaimana cara memilih diantara dua merk fungisida yang bahan aktif dan persentase kandungannya sama, yakni Amistartop 325 SC dan Tandem 325 SC.

Persamaan Fungisida Amistartop dan Fungisida Tandem

Fungisida Amistartop 325 Sc adalah produk dari PT. Syngenta Indonesia, sedangkan Fungisida Tandem 325 SC adalah produk dari PT. Biotis Agrindo.

Bahan aktif kedua merk fungisida tersebut adalah sama, yakni difenokonazol dan azoksistrobin. Persentase kandungannya juga sama, yaitu difenokonazol 125 g/l dan azoksistrobin 200 g/l.

Fungsi, kegunaan atau manfaatnya juga sama, yaitu untuk mengendalikan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel berikut ini ;

Amistartop VS Tandem
Amistartop Spesifikasi Tandem
PT. Syngenta Indonesia Produsen PT. Biotis Agrindo
Difenokonazol Bahan aktif Difenokonazol
Azoksisitrobin Azoksisitrobin
SC Formulasi SC
325 g/l Konsentrasi Kandungan 325 g/l
Mengendalikan jamur Kegunaan Mengendalikan jamur
0.5 – 1 ml/liter Dosis 1 – 2 ml/liter
Rp. 230.000 Harga (Kemasan 250 ml) Rp. 180.000

Jenis tanaman dan penyakit sasaran silahkan baca pada artikel : Fungisida Amistartop 325SC dan Fungisida Tandem 325SC

Apa Perbedaan Amistartop dan Tandem?

Lalu, adakah hal yang membedakan antara fungisida amistartop dan fungisida tandem? Lihat tabel diatas, perbedaan antara keduanya jelas terlihat pada harga dan dosis pemakaian.

Perbedaan Amistartop VS Tandem
Amistartop Spesifikasi Tandem
Rp. 230.000 Harga (Kemasan 250 ml) Rp. 180.000
0.5-1 ml/liter Dosis 1-2 ml/liter

Dari tabel diatas terlihat jelas selisih harga antara amistartop dan tandem, yaitu amistartop Rp. 50.000 lebih mahal daripada tandem.

Sedangkan dosis pemakaian amistartop lebih kecil separuhnya daripada tandem.

Pilih Amistartop atau Tandem? Mana yang Lebih Unggul?

Apakah teman-teman pernah menghitung berapa rupiah biaya nyemprot per tangkinya? Jika belum, mari kita coba menghitung bersama-sama berapa sebenarnya biaya yang harus kita keluarkan dalam setiap tangki semprot.

1. Harga fungisida tandem lebih murah daripada amistartop, selisih sebesar Rp. 50.000. Apakah fungisida tandem benar-benar lebih murah?

2. Dosis pemakaian amistartop lebih kecil daripada tandem, dosis tandem dua kali lipat amistartop. Mana yang lebih irit?

Kita bandingkan dengan mengambil dosis tertinggi.

1. Dosis amistartop tertinggi 1 ml/liter. Artinya 1 botol amistartop 250 ml bisa untuk 250 liter air, atau sekitar 16 tangki semprot (Tangki 15 liter).

Harga amistartop kemasan 250 ml = Rp. 230.000 dibagi 16 tangki = Rp. 14.375 per tangki.

2. Dosis tandem tertinggi 2 ml/liter. Artinya 1 botol tandem 250 ml bisa untuk 125 liter air, atau sekitar 8 tangki semprot (tangki 15 liter).

Harga tandem kemasan 250 ml = Rp. 180.000 dibagi 8 tangki = Rp. 22.500 per tangki

3. Terakhir soal kualitas, disini saya bisa katakan kualitas amistartop dan tandem sama alias sama-sama bagus jika digunakan sesuai dosis anjuran.

Nah, kesimpulan terakhir apakah akan menggunakan tandem atau amistartop terserah pada pilihan dan keyakinan kita masing-masing.

Demikian tentang “Fungisida Amsitartop 325 SC VS Fungisida Tandem 325 SC – Mana yang Lebih Unggul?” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!